Mengapa Kafein Bisa Meningkatkan Kemampuan Berpikir?

Mengapa kafein bisa meningkatkan kemampuan berpikir kita?

Arenga Indonesia – Mengapa Kafein Bisa Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kita ? Sebuah pertanyaan menarik yang muncul pada suatu pagi ketika saya menghirup secangkir kopi hitam yang baru di seduh. Aroma enaknya yang menguar di udara memang sangat mudah memancing imajinasi.

Begitu lah situasi keseharian seorang penggemar kopi, kalau tak mau dibilang sebagai pencandu kopi. Hari tak lengkap dan bahkan tidak berjalan begitu baik tanpa ditemani secangkir minuman populer sedunia ini. Selama ini saya sudah membuktikan bahwa kopi adalah minuman energi, dengan kafein alaminya membuat hidup lebih menyenangkan.

Iya, kafein ini lah sebenarnya penyebab mengapa saya dan jutaan orang penggemar kopi lainnya bisa begitu tergila-gila. Karena kafein adalah senyawa psikoaktif yang dapat memberikan efek stimulan pada sistem saraf pusat kita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kandungan kafein dalam kopi dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kita.

Persentasi Kandungan Kafein Dalam Secangkir Kopi

Teman-teman sudah tahu kan bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa mencapai 2 persen dari total berat biji kopi? Artinya, jika kita mengonsumsi secangkir kopi, rata-rata kita akan mendapatkan sekitar 160 miligram kafein.

Memang sih terkadang jumlahnya bisa bervariasi, tergantung pada jenis kopi, metode penyeduhan, dan ukuran cangkir yang digunakan. Namun, secara umum, 160 miligram kafein adalah jumlah yang dapat kita temui dalam secangkir kopi.

Banyak juga ya?

Merasa Lebih Pintar Setelah Minum Kopi? Ini Penyebabnya!

Pernah tidak merasa bahwa teman-teman merasa sedikit lebih pintar setelah menghabiskan secangkir kopi? Atau merasa harinya lebih cerah? Atau level bahagianya meningkat?

Setidaknya saya merasa seperti itu habis menghirup secangkir kopi yang baru diseduh. Jadi kalau mau menulis, sebelumnya saya menyeduh secangkir kopi dulu, agar lebih “nyambung” antara ide yang ingin saya keluarkan dengan kosa kata yang tersedia dalam memori.

Ternyata ada penjelasan ilmiahnya terhadap fenomena ini. Itu karena kafein memang berefek merangsang tubuh kita, terutama di bagian otak.

Ketika kita mengonsumsi kafein, senyawa tersebut memperbesar pembuluh darah di otak dan merangsang korteks serebral. Korteks serebral adalah bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif tingkat tinggi, seperti pemikiran, asosiasi ide, dan pembelajaran.

Secara umum, setelah mengonsumsi dua atau lebih cangkir kopi, seseorang mungkin akan merasakan peningkatan dalam proses berpikir. Mereka dapat merasakan peningkatan dalam asosiasi ide, merasa euforia, atau meningkatkan kemampuan untuk belajar dan mengingat angka, konsep, dan urutan pikiran.

Jadi itu lah salah satu sebab mengapa kopi juga membuat candu.

Teman-teman ada gak yang seperti saya?

Didukung Studi Ilmiah

Bahwa kita merasa lebih pintar setelah minum kopi atau terjadi peningkatan kemampuan berpikir, didukung oleh studi ilmiah lho! Studi-studi ini menunjukkan bahwa kafein memang dapat mempengaruhi berbagai aspek fungsi kognitif.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan konsentrasi (perhatian), memori jangka pendek, dan kecepatan pemrosesan informasi. Namun, efek ini biasanya bersifat sementara dan dapat bervariasi antara individu.

Hanya saja yang perlu diingat adalah bahwa reaksi terhadap kafein dapat bervariasi antara individu. Beberapa orang mungkin merasa lebih terjaga dan fokus setelah mengonsumsi kopi, sementara yang lain mungkin merasa gelisah atau sulit tidur. Selain itu, konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat memiliki efek samping yang negatif, seperti kecemasan, gangguan tidur, atau peningkatan detak jantung.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah minum kopi secara rutin dan sesuai kebutuhan itu baik. Bagi sebagian orang, secangkir kopi di pagi hari dapat menjadi rutinitas yang menyenangkan dan membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus sepanjang hari. Tapi tidak bagi sebagian orang lainnya.

Namun tentu saja, siapapun pencandu kopi di sini, tetap harus mengonsumsi kafein cair ini dengan bijak. Jangan lupa selalu memperhatikan reaksi tubuh kita terhadapnya. Kalau merasa perut tidak enak, pusing dan mual, kopi memang tidak cocok untuk kalian. Jangan memaksakan diri.

Selalu ingat bahwa kopi mengandung kafein dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kafein dalam kopi dapat memiliki efek merangsang otak kita, meningkatkan kemampuan berpikir, memori, dan asosiasi ide. Namun, efek ini bersifat sementara dan dapat bervariasi antara individu. Itu lah mengapa ada orang-orang tertentu yang butuh minimal 4 gelas kopi setiap hari. Kalau saya sih, so..so saja..Satu cangkir sudah cukup hehehe…

Arenga Indonesia. Produsen gula aren cair untuk kopi di Tangerang – Banten.

Share artikel ini

25 Comments

  1. bundadzakiyyah Juni 9, 2023 at 8:16 pm

    Sering denger saudaraku yang seorang perokok pernah bilang bahwasannya dia kalau sedang cari inspirasi itu pasti hisap rokok sama nyruput kopi, berarti bener dong kafein bisa bikin kita lebih gampang berfikir

  2. Ria Juni 9, 2023 at 9:12 pm

    Walau bukan pecinta kopi banget, tapi termasuk yang menikmati kalau diminum dgn susu. Dan aku gak nyangka kl manfaat kafein sebesar itu, bisa memperbesar pembuluh darah di otak dan merangsang korteks serebral. yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif tingkat tinggi, seperti pemikiran, asosiasi ide, dan pembelajaran. Jadi minat mau konsumsi kopi tiap pagi 😉

  3. Mutia Karamoy Juni 10, 2023 at 7:24 am

    Aku ngak suka kopi tapi suamiku pecandu kopi dan sering bilang kalau minum kopi saat pagi hari bikin moodnya jauh lebih baik sehingga bisa berangkat kerja dengan hati senang. Ternyata manfaat kafein dalam secangkir kopi sangat besar ya, sampai membantu orang lebih pintar dan mudah berpikir.

  4. lendyagassi Juni 10, 2023 at 12:00 pm

    Akutu malah selalu percaya kalau konsumsi kafein bisa ngilangin pusing.
    Jadi andalan banget kalo lagi badan pegel, pusing, nyeduh kopi hangat yang kental.
    Rasanya di badan jadi enakeun.. alhamdulillah~

  5. Dennise Sihombing Juni 10, 2023 at 2:45 pm

    Aku suka kopi tapi sayang tidak bisa murni harus campur dengan milk / creamer karena asam lambung bisa naik dan perih

  6. Dian Restu Agustina Juni 10, 2023 at 3:03 pm

    Tos, saya juga satu cangkir saja cukup..dan tos lagi, ngopi dulu baru ‘kerja’, mengalirlah ide-ide di kepala…Ternyata karena kafein dalam kopi dapat memiliki efek merangsang otak kita, meningkatkan kemampuan berpikir, memori, dan asosiasi ide. Pantesan!

  7. indah SAVITRI Juni 10, 2023 at 4:50 pm

    bener bangeet ya .. minum kopi membuat kita lebih alert dan rasanya bisa lebih konsentrasi. Perasaan aku juga begitu setiap minum kopi

  8. Istiana Sutanti Juni 10, 2023 at 6:54 pm

    Yaampun, ternyata memang bener ngaruh dan sampai ada studi ilmiahnya ya kalau kopi ini bisa mempengaruhi tingkat konsentrasi dan kemampuan berpikir. Ternyata sebabnya karena memperlancar aliran darah ke otak ya (bahasa gampangnya)

  9. Momtraveler Juni 10, 2023 at 7:06 pm

    Pamtesan aku kalo.belum ngppi merasa kaya ga fokus gitu mbak twrnyata ni alasannya. Udah kebiasaan sih setiap hari minimal 1 cangkir kopi klo ga ngopi kaya ga gemep rasamya hahahah

  10. ria fasha Juni 10, 2023 at 8:22 pm

    oalah itu toh alasannya
    aku juga merasa kalo susah mikir, abis minum kopi tuh kerasa lebih kinclong aja pandangan dan pemikiran
    tapi tetep ga bisa banyak minum kopi apalagi yg strong, bisa deg2an seharian dan perih di lambung

  11. Suciarti Wahyuningtyas Juni 10, 2023 at 8:33 pm

    Aku tuh berasa kalau belum kena kafein seharian suka pusing malahan kayak mau mikir saja tuh suka males. Jadi walau di rumah pun mau kerja atau sekedar update blog pasti sambil ngopi.

  12. Dian Juni 10, 2023 at 8:36 pm

    Wah mantap
    Sebagai kopiholic aku senang baca artikel ini
    Selama dalam batas wajar, konsumsi kafein diperbolehkan ya mbak

  13. Ovianty Juni 10, 2023 at 8:58 pm

    Benerrr banget, kopi itu sumber energi buat mikir hehe.. Kalo ngk ngopi suka ngeteh tapi kurang nampol.

    Pengen kopi lbh dari 1 gelas tapi lambung kadang ngk bersahabat. Akhirnya cukup 1x sehari

  14. Naqiyyah Syam Juni 10, 2023 at 9:39 pm

    Emang ya kalau yang suka minum kopi pastinya selalu ketagihan untuk tetap minum kopi walaupun membantu untuk menyegarkan badan dan juga konsentrasi tapi tidak boleh berlebihan agar tetap sehat

  15. Milda ini Juni 10, 2023 at 10:15 pm

    Terima kasih onf6 mba sebab aku pencinta kopi juga. Jadi tau soal ini membuat aku semangat buat ngopih hehehe

  16. Okti Li Juni 10, 2023 at 10:22 pm

    Majikan saya dulu, jago banget minum kopi, seolah minum tanpa kopi, mulutnya terasa hambar.
    Saya pikir kuat amat, ternyata emang banyak manfaat dan khasiatnya ya

  17. Hani S. Juni 10, 2023 at 10:43 pm

    Aku bangeeet, butuh kafein tapi gak bisa banyak-banyak, karena justru malah bikin gelisah dan iya lho jadi susah tidur juga, huhu. Jadi secukupnya dan kalau lagi pengen banget aja.

  18. Lisdha www.daily-wife.com Juni 10, 2023 at 11:17 pm

    Saya lahir dan tumbuh di daerah penghasil kopi, jadi saya sudah kenal minuman kopi hitam sejak kecil. Meski sekarang ada buanyak varian kopi, tapi saya tetap tidak bisa melupakan kopi hitam. Bedanya kalau dulu minum kopi nasgitel (hahaha so old yaaa…), sekarang sudah sensitif kalau kopinya terlalu manis.

  19. April Hamsa Juni 10, 2023 at 11:22 pm

    Aku kalau dah ngantuk berat kalau minum kooi biasanya berhasil melek dan merasa badan segeran gtu. Ternyata emang kafein bisa melebarkan pembuluh darah jd aliran darah lbh lancar ya hehe.
    Tapi aku bukan yang kecanduan kopi banget sih, minum pun msh pakai gula minim adamanis2nya 😀

  20. sri widiyastuti Juni 10, 2023 at 11:42 pm

    oh baru tahu aku mbak, kalau ternyata kafein bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Kalau lihat kebiasaan nenekku sih menyesap kopi setiap pagi, kemungkinan ini yang membuatnya selalu bersemangat setiap hari.

  21. Nanik Nara Juni 11, 2023 at 10:50 pm

    Kalau saya pas pengen begadang pasti minum kopi mbak, kantuk pasti tak datang. Ada teman kalau pagi belum ngopi, merasa pusing dan nggak bisa mikir. emang beda-beda ya efek minum kopi bagi setiap orang

  22. Nia Haryanto Juni 14, 2023 at 7:15 am

    Sebagai penyuka kopi, walopun cuma bisa minum sehari 2 gelas aja, aku seneng baca-baca fakta tentang kopi yang bikin kita jadi lebih pintar. Mungkin dulu kalo aku masih sekolah atau masih kuliah, dan udah suka kopi, aku mungkin udah pinter banget ya. Hahahaha. Iya, aku telat suka kopinya. Baru sekarang-sekarang ini saat badan kalo pagi-pagi abis bangun sering ngerasa lemes. Dengan minum kopi, aku jadi lebih berenergi, lebih seger, dan lebih mencrang. Hehehehe. Kalo gak minum kopi, berasa banget deh pagiku lesu. 😀

  23. Alia Juni 14, 2023 at 2:40 pm

    Aku pe ngopi tiap pagi. Dan lagi belajar kopi hitam tanpa gula. Biasanya ada cream dan gula aren. Kalo udh ngopi berasaaaa haappyyy banget

    • Hikmah Khaerunnisa Juni 15, 2023 at 11:04 am

      Wow.. aku tim kafein, merasa senang sekali baca judulnya karena kadang banyak ketakutan juga kalau konsumsi kafein. Selama di batas wajar pasti aman yaa dan nyaman pastinya..

  24. Eri Udiyawati Juni 14, 2023 at 7:20 pm

    Kalau meminum kopi rasanya nikmat banget. Selain itu, bisa bikin melek. Tapi sayang, perutku gak baik kalau aku minum kopi meskipun gak nyampai satu cangkir.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

    Ini Lah Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

  • Es jelly cincau gula aren cair

    Es Jelly Cincau Gula Aren, Minuman Segar untuk Segala Cuaca

  • tomat ceri simanis cantik yang kaya manfaat

    Tomat Ceri Si Mungil Manis dengan Segudang Manfaat

  • nasi timbel masakan khas Sunda

    Nasi Timbel Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih

  • Mengenal pretzel roti jerman

    Berkenalan Dengan Pretzel: Camilan Renyah dan Lembut Khas Jerman

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter