Menikmati Kelezatan 3 Kuliner Terkenal Dari Jogja

Categories: TRAVELING|Komentar Dinonaktifkan pada Menikmati Kelezatan 3 Kuliner Terkenal Dari Jogja|
Menikmati kelezatan 3 kuliner terkenal dari Jogja

ARENGAINDONESIA.com – Menikmati Kelezatan 3 Kuliner yang Terkenal Jogja

Jogjakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar tapi juga kota dengan banyak destinasi menarik. Saya tuh kalau datang ke kota gudeg ini sering bingung, destinasi mana yang mau dieksplorasi duluan. Alamnya banyak yang cantik, mulai dari pantai, pegunungan dan bahkan hutan-hutan pinusnya.

Begitu pun destinasi budaya, tak hanya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, museum-museum yang menyimpan sejarah panjang salah satu pecahan Kerajaan Mataram ini tak terhitung jumlahnya.

Mengenai kulinernya, kita sama-sama tahu bahwa Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata dengan ragam kuliner yang tak terhitung. Mulai dari makanan tradisional sampai ke kekinian, dari resto dan cafe sampai lesehan di Malioboro adalah pengalaman yang harus dicoba ketika kita traveling di Jogja.

Jadi gitu deh, terkadang Yogyakarta membingungkan, gak kalah dengan Bali. Harus datang berkali-kali bila ingin meliput semua destinasinya atau apapun yang ditawarkan untuk wisatawan. Satu sampai 3 kali saja tidak cukup.

Namun ada satu yang tidak boleh ketinggalan tiap kali mengunjungi Jogja, ekplorasi kulinernya. Karena begitu banyak pilihan, kita bisa menentukan akan makan apa saja di satu kunjungan, dan merencanakan akan jajan apa di kunjungan berikutnya.

3 Kuliner Jogja yang Terkenal yang Wajib di Coba

Iya, Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata kuliner sangat menarik. Dengan beragam pilihan kuliner yang menggoda itu, banyak sekali pengalaman kuliner saya yang tak terlupakan di kota ini.

Inilah tiga kuliner yang paling sering saya cari atau dicari oleh wisatawan bila di Jogja:

1. Nikmati Manisnya Oleh-oleh Tradisional

Bakpia pathok, manisnya oleh-oleh tradisional
Bakpia Pathok

Salah satu ikon kuliner yang paling melekat dengan Jogja adalah Bakpia Pathok. Oleh-oleh khas ini telah menjadi favorit di kalangan wisatawan. Dikenal dengan rasa manis yang khas, Bakpia Pathok tersedia dalam berbagai varian rasa seperti kacang hijau, coklat, keju, strawberry, susu, palm sugar dan masih banyak lagi.

Gak usah bingung pula harus beli bakpia di mana? Misalnya, tinggal nongkrong aja di tepi Malioboro, gak lama juga akan datang mas-mas yang menawarkan becak untuk beli makanan oleh-oleh ini. Sepertinya para pengayuh becak sudah kerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh di sana.

Dengan beli Bakpia Pathok, baik untuk dinikmati di sana atau dijadikan oleh-oleh, wisatawan tidak hanya menikmati kenikmatan rasa, tetapi juga membawa pulang potongan khas Jogja dalam bentuk oleh-oleh yang unik.

2. Menyelami Kelezatan Gori (Nangka Muda), Krecek, dan Opor Ayam

Gudeg, salah satu dari 3 kuliner terkenal jogja

Jogja juga dikenal sebagai kota gudeg. Ini adalah sebuah hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Kerajaan Mataram sejak ratusan tahun lalu. Kelezatannya tak lekang oleh zaman.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas, dimaniskan oleh gula aren atau gula merah, menghasilkan rasa legit dan gurih yang khas.

Para wisatawan dapat menikmati gudeg dalam berbagai variasi, seperti gudeg basah, kering, atau bahkan gudeg manggar, yang merupakan jenis gudeg yang terbuat dari manggar kelapa atau bunga kelapa.

Mengenai gudeg manggar, seperti juga menikmati telur ikan, ini termasuk jenis makanan yang tidak berkelanjutan. Karena menghabiskan semua calon buah kelapa yang seharusnya berkembang dan lebih bernilai ekonomis.

Terlepas dari isu gudeg manggar, keunikan rasa dan pengalaman makan yang autentik, khas Jawa, tak heran membuat gudeg menjadi incaran wisatawan yang ingin menjelajahi cita rasa Jogja.

Untuk membandingkan cita rasa gudeg yang beragam, salah satu tempat menarik untuk di datangi adalah di sekitar Jalan Wijilan. Di sepanjang jalan ini banyak sekali rumah makan dengan spesialisasi gudeg yang legit itu.

3. Museum Coklat Monggo: Pecinta Coklat, Wajib Kunjungi!

Museum coklat Monggo
Museum Coklat Monggo. Foto Gudeg.Net

Saya adalah pecinta coklat. Rasa coklat yang lezat itu tidak pernah mengecewakan saya. Apa lagi jika brand coklatnya punya cerita yang asik untuk dibagikan, seperti Pabrik Coklat Monggo di Jogja, seolah kita ikut jadi tokoh dalam karya mereka.

Selain menawarkan kuliner lezat, Jogja juga memiliki atraksi yang menarik bagi pecinta coklat, yakni Museum Coklat Monggo. Museum ini adalah tempat yang sempurna untuk memahami sejarah dan proses pembuatan coklat, dari biji kakao hingga menjadi coklat lezat.

Para wisatawan dapat mengikuti tur interaktif yang mengajarkan tentang budidaya kakao, pembuatan coklat, dan bahkan mencoba tangan mereka dalam pembuatan coklat sendiri. Museum Coklat Monggo memberikan pengalaman edukatif yang berbeda dan mendalam bagi pengunjung yang ingin lebih memahami tentang coklat.

Setelah merasa terkagum-kagum oleh proses produksi, kita akan diarahkan menuju showroom, di mana produk-produk cokelat Monggo berjejer rapi di rak-rak pajang. Dari praline mewah hingga kotak-kotak cantik berisi cokelat, semuanya tersedia untuk dijadikan oleh-oleh yang sempurna atau hadiah istimewa untuk mereka yang istimewa pula di hati kita.

Dan akhirnya, sebelum meninggalkan tempat ajaib ini, pengunjung dapat singgah sejenak di Kedai Cokelat. Di sini, aroma harum cokelat menguar di udara, tempat untuk menikmati minuman cokelat khas Monggo. Sebuah cara manis untuk mengakhiri petualangan di Wilayah Museum Cokelat Monggo sebelum kembali ke dunia luar dengan senyum penuh kepuasan.

Penutup

Dalam perjalanan kuliner di Jogja, wisatawan akan merasakan sentuhan khas daerah ini dalam setiap gigitan. Dari Bakpia Pathok Jogja yang manis hingga gudeg yang lezat, serta pengalaman edukatif di Museum Coklat Monggo, Jogja menyajikan pilihan kuliner yang tak terlupakan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi rasa dan budaya yang unik di kota istimewa ini dengan menikmati 3 kuliner terkenal di Jogja. So, plan your culinary adventure in Jogja today!

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter