Resep Rendang Tumbuk Padang

Resep rendang tumbuk padang istimewa
Resep rendang tumbuk padang

Resep rendang tumbuk padang

Dari sekian banyak jenis rendang dari Minangkabau, rendang tumbuk tampil sebagai salah satu jenis hidangan unik. Berbeda dengan rendang yang terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong, rendang tumbuk mengidentifikasi namanya, berasal dari daging cincang. Dibentuk bulatan seperti baso dan dimasak dengan kelapa sangrai.

Hidangan istimewa ini berasal dari Payakumbuh, ibu kota dari Kabupaten 50 Kota, sebuah negeri yang cantik di Sumatera Barat.

Bahan-bahan Membuat Rendang Tumbuk:

  • 500 gram daging sapi bagian paha tanpa lemak
  • 250 gram kelapa parut
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit
  • Sedikit Arenga gula aren
  • Garam secukupnya

Baca juga:

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

  • 100 g bawang merah
  • 500 g bawang putih
  • 150 gram cabai merah
  • 25 gram jahe
  • 25 gram lengkuas
  • 10 gram kunyit
  • 2 sendok teh garam

Resep Membuat Rendang Padang Tumbuk :

  1.  Giling atau tumbuk  daging sapi  hingga hancur dan halus.
  2. Sangrai kelapa parut hingga kuning kecoklatan, haluskan.
  3. Ambil satu seperempat bagian bumbu halus, campurkan daging cincang, kelapa parut, ARENGA gula aren, dan garam. Aduk rata.
  4. Ambil satu sendok teh bagian daging lalu bentuk seperti kelereng, lakukan sampai adonan habis.
  5. Campuran santan dengan sisa bumbu, tambahkan serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Didih kan dan masak terus hingga kuah mengental.
  6. Masukkan bulatan daging dan masak hingga matang. Jika kuah mulai berminyak, aduk terus hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Angkat

Menu Istimewa Untuk Si Kecil

Keistimewaan lain dari rendang tumbuk ini adalah bisa disajikan untuk anak-anak. Hilangkan saja unsur cabenya. Atau tetap diberikan tapi dengan sangat minimal.

Rasa gurih dari kelapa parut dan dagingnya yang empuk pasti akan merangsang selera makan anak-anak.

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Kontak WA Arenga (Chat only) wa.me/081321201965

Share artikel ini

8 Comments

  1. Mugniar November 6, 2021 at 5:01 pm - Reply

    KAlau dagingnya ditumbuk.dihaluskan, semuanya bisa makan …. anak-anak bakal suka, apalagi dibuat kayak bakso ya Mamin.

  2. Mei Daema November 7, 2021 at 6:14 pm - Reply

    bahan-bahannya cukup mudah didapat dan bumbunya juga mudah ya tapi cara buatnya ini niy kalau ga betul bisa ga berhasil rendang yang saya buat karena masih belajar masak. Tapi wajib banget dicoba niy mba, saya suka rendang tapi kadang pernah buat masih kurang pas bumbunya heheh, bisa ikutin cara buatnya mba Evi niy kalau begitu

  3. tukang jalan jajan November 7, 2021 at 8:51 pm - Reply

    Ini kalau dinikmati dengan nasi panas bakalan lahap banget sih makannnya. aku kok jadi kepengen banget ngabisin ya… etapi kudu dimasak dulu dong ya hehehe.

  4. Fanny_dcatqueen November 7, 2021 at 9:57 pm - Reply

    Waaaaaah, aku baru tahu nih mba, ada rendang tumbuk 😲. Jadi dari daging cincang yaaaa. Bisa kebayang lah rasanya, dan sepertinyaaa ini lebih cocok buat suamiku, yg selalu ngeluh kalo makan rendang dagingnya sering kesangkut di gigi 😅🤣. Mungkin kalo pake daging cincang yg dibentuk bola2, LBH aman buat dia 😀

  5. Aprillia November 8, 2021 at 7:29 pm - Reply

    Aku kalau bikin rendang beli bumbu jadi aja dikang bumbu tinggal tambahin salam sereh ama daun jeruk hehe, kadang praktis aja lebih hemat waktu tapi yang saat itusii bukan bumbu kemasan

  6. lendyagassi November 9, 2021 at 8:05 am - Reply

    Rindu sekali dengan menu rendang ini..
    Aku penggemar daging, kak…jadi dulu pas masih sama Ibu sering dimasakin aneka olahan daging. Kini, setelah berkeluarga sendiri jarang masak daging, karena suami dan anak-anak gak begitu mau. huhuu…. Kalau menu rendang tumbuk begini, mungkin anak-anak jadi semangat makan yaa…

  7. Resky November 9, 2021 at 11:47 am - Reply

    Wah baru tau kalau ada yang namanya rendang tumbuk,
    enak ini yang engga seberapa suka daging makan ini pasti doyan nih

  8. Nyi Penengah Dewanti November 30, 2021 at 11:56 am - Reply

    ngiler banget dengan rendang, selalu nikmat dan lezat
    aku kalo makan rendnang tuh habis nasinya banyak hehehe

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait