Sebaran Pohon Aren di Indonesia, Satu Pohon Sejuta Manfaat

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Sebaran Pohon Aren di Indonesia, Satu Pohon Sejuta Manfaat|
Sebaran-pohon-aren-di-indonesia

Aren ( Arenga pinnataMerr.) merupakan salah satu jenis palem yang memiliki potensi nilai ekologi, ekonomi, dan sosial budaya yang tinggi. Di tambah lagi sebaran pohon aren di Indonesia cukup tinggi. Mulai dari Banten, Lombok, Nusa Tengara Timur-Barat, sampai Papua. Membuat salah satu jenis palem ini berperan penting dalam kehidupan masyarakat.

Begitu lah, pohon aren sudah dikenal masyarakat dengan banyak kegunaan itu. Hampir semua bagian tanaman aren ini berguna, baik untuk pangan, bahan baku industri maupun energi terbarukan. Aren juga memiliki kemampuan fungsi hidrologi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk tanaman konservasi.

Misalnya di pulau Jawa, tanaman aren banyak ditebang untuk dipanen patinya. Daunnya dibuat tali temali, niranya untuk gula semut dan berbagai keperluan lain. Kolang kaling yang dibuat dari bunga betinanya yang masih muda juga menjadi makanan favorit.

Gula merah aren sendiri juga banyak diminati karena rasanya yang khas. ”Tak heran pulau Jawa menjadi penyebab sumber utama menurunnya populasi aren karena ditebang,” kata David Allorerung, Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Deptan.

Aren Sebagai Tanaman Konservasi

Pohon aren juga bisa menjadi tanaman konservasi. Hal ini ditunjukkan bahwa aren banyak dijumpai di lokasi yang berbukit dan rawa bencana alam, tanah longsor dan banjir. Pohon aren juga bisa menghambat erosi. Selain itu dengan sistem agrofprestry, tanaman aren juga banyak dimanfaatkan untuk daerah aliran sungai (DAS).

Di Papua tanaman ini banyak dijumpai di lembah-lembah dan aliran sungai. Di 14 provinsi lainnya, juga dapat ditemui yang sama misalnya di Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu hingga ke Sulawesi dan Maluku. Tak heran di beberapa daerah yang banyak arennya masih ditemui air yang awet (melimpah di musim hujan dan kemarau) dan murni.

Meski sudah lama disuarakan oleh berbagai kalangan, pemerintah Indonesia dinilai lambat merespons. Baru pada 2005 ketika krisis energi digembar-gemborkan dengan dibarengi perubahan iklim, kesadaran untuk mengembangkan energi terbarukan mulai terpicu.

Menurut data Direktorat jenderal Bina Produksi Perkebunan Deptan, data lahan aren di seluruh Indonesia selalu berubah. Catatan 2005 dan 2006 memperlihatkan ada kurang lebih mencapai 59,495 hektar lahan aren yang tersebar di 33 provinsi. Mengingat aren ini dapat tumbuh di mana saja dan komoditasnya yang besar, diharapkan pemerintah memiliki alokasi anggaran khusus untuk petani aren.

Menyoal Hambatan Sebaran Pohon Aren di Petani Indonesia

Hambatan yang juga muncul selain ketidakmerataan lahan aren seperti halnya kelapa sawit, penemuan varietas unggul aren juga tidak pernah disinggung oleh peneliti.

Hingga saat ini masyarakat hanya melestarikan bibit unggul yang dianggapnya baik. Biasanya melalui musang yang memakan biji aren masak lalu membuang kotoran di sembarang tempat. Biji yang keluar dari perut musang lalu bertunas itu lah yang dimanfaatkan petani aren dalam meregenerasi tanaman.

Tentu saja cara ini tidak efektif. Terkadang tanaman aren tumbuh di pegunungan yang terlalu tinggi atau terlalu curam. Jarak antar pohon tidak merata. Sehingga petani akan kesulitan melakukan panen nira.

Kriterianya ada yang produksinya tinggi hingga 15-20 liter nira per hari, memiliki 7-8 bunga jantan, mulai disadap setelah 9-10 tahun dan berbagai pengamatan masyarakat lainnya. ”Masyarkat sudah tahu pastinya, tetapi jika pemerintah dan peneliti campur tangan di sana maka potensinya lebih besar lagi,” katanya.

Follo Instagram Arenga Indonesia

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Es kopi Thailand Gula Aren

    Es Kopi Thailand Gula Aren – Manis, Pedas, Nikmat

  • Minuman-rempah-labu-kuning

    Minuman Rempah Labu Kuning – Enak dan Sehat

  • Semur lidah sapi kentang yang empuk dan tidak bau

    Semur Lidah Sapi Kentang, Empuk dan Tidak Bau

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi