4 Manfaat Sinar Matahari untuk Mengangkat Mood Kita

4 Manfaat sinar matahari untuk mengangkat mood kita

ARENGAINDONESIA.com, Tangerang – 4 Manfaat Sinar Matahari untuk Mengangkat Mood Kita

Panorama bagus dengan sinar matahari yang cerah adalah salah satu sebab mengapa kita menyukai pantai. Panorama alam yang hijau royo-royo, udara sejuk dan sinar matahari cerah adalah satu sebab mengapa kita suka healing di pegunungan.

Memang begitu lah, pantai dan gunung dengan sinar matahari cerah adalah tempat yang akan selalu membuat kita bahagia. Karena mereka menawarkan pemandangan yang jarang ditemukan di keseharian, udara segar, dan aktivitas yang menyenangkan. Tidak heran ya kalau sudah sampai pada urusan healing, yang muncul pertama kali dalam pikiran kita adalah tempat-tempat indah tersebut.

Tapi sebetulnya, untuk menikmati sinar matahari cerah dan mendapat manfaatnya kita tak selalu harus mendatangi tempat wisata. Seperti saya yang lebih suka bekerja di tempat terbuka dengan cahaya matahari alami ketimbang dalam ruangan tanpa akses ke luar ruang. Rasanya lebih bahagia. Sekalipun tugas padat, memandang ke luar jendela, “perasaan jadi enteng.”

Mengapa Kita Menyukai Matahari Cerah?

Tapi untuk beberapa alasan, kita perlu tahu juga mengapa kita menyukai tempat-tempat piknik yang indah dengan sinar matahari berlimpah itu.

Karena memang, ada banyak alasan mengapa kita menyukai pantai dan gunung dengan sinar matahari cerah. Salah satu alasannya adalah karena panorama indah membantu kita rileks dan lebih mudah meluruh stress. Coba bayangkan saja ketika kita menikmati deburan ombak dan gemerisik pepohonan saat dihembus angin, ditambah lagi pemandangan cantik di sekeliling, berbagai pikiran yang mengganggu pun bisa lupa sejenak.

Begitu pun, sinar matahari cerah menciptakan sensasi postif pada mood kita. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu hormon yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan kenyamanan. Itu lah mengapa kita merasa lebih baik dan lebih positif ketika berada di bawah sinar matahari.

Selain itu, pantai, gunung dan sinar matahari yang cerah dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi serotonin, yang merupakan hormon yang membuat kita merasa bahagia.

Ditambahlagi jika ada aktivitas fisik seperti berenang, hiking, atau bersepeda, mood kita juga meningkat berlipat-lipat.

Jadi, jika teman-teman sedang mencari tempat untuk rileksasi, menghilangkan stres, dan meningkatkan mood, maka pantai dan gunung dengan sinar matahari cerah adalah pilihan yang tepat.

4 Alasan Sinar Matahari Bisa Meningkatkan Mood Kita

Sinar matahari yang cerah dan pemandangan indah, obat mood paling manjur
Sinar matahari yang cerah dan pemandangan indah, obat mood paling manjur

Sudah banyak studi yang menunjukan bahwa sinar matahari yang cerah memiliki pengaruh signifikan terhadap mood dan kesejahteraan jiwa raga kita.

Ini 4 alasan alasan mengapa sinar matahari itu bisa mempengaruhi dan mengangkat mood kita ke arah positif :

1. Produksi Seretonin

Paparan sinar matahari akan merangsang produksi serotonin dalam tubuh kita. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan penting dalam mengatur suasana hati dan menjaga keseimbangan emosional. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dalam tubuh kita cenderung membuat kita merasa lebih bahagia, tenang, dan puas.

2. Regulasi Ritme Sirkadian

Sinar matahari memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian kita, yaitu siklus tidur dan bangun yang teratur. Ketika kita terpapar sinar matahari, tubuh kita melepaskan hormon serotonin pada pagi hari untuk membangunkan kita dan melanjutkan produksi melatonin pada malam hari untuk membantu kita tidur.

Gangguan ritme sirkadian dapat menyebabkan gangguan tidur dan suasana hati yang buruk. Jadi kalau susah tidur coba olah raga di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari yang cukup.

3. Vitamin D

Paparan sinar matahari di pagi hari menjelang pukul 10 pagi sangat penting untuk tubuh kita. Ingatkah kah teman-teman ketika pandemi Covid-19 mengguyur dunia, kita sering banget dianjurkan untuk berjemur sebelum matahari naik terlalu tinggi?

Karena sinar matahari pagi bisa merangsang produksi vitamin D dalam tubuh kita. Vitamin D ini berperan dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, serta membantu mengatur suasana hati.

Kurangnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan kekurangan vitamin D, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi dan gangguan suasana hati.

4. Lingkungan Luar Ruangan

Sinar matahari yang cerah seringkali dikaitkan dengan kegiatan di luar ruangan dan alam terbuka. Berada di alam terbuka dan terhubung dengan alam dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan memberikan perasaan relaksasi. Paparan sinar matahari saat melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, berlari, atau bermain olahraga juga dapat melepaskan endorfin, yang memberikan perasaan bahagia dan euforia.

Penutup

Meskipun manfaat sinar matahari dapat memiliki dampak positif dan mengangkat mood kita, tapi jangan terlalu berlebihan. Karena terkena paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan kulit kita.

Seperti ujaran leluhur kita bahwa penting menempatkan segala sesuatu secara seimbang. Dengan kebahagiaan bermain di bawah sinar matahari, kita pun perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren untuk kopi di Tangerang – Banten

Share artikel ini

16 Comments

  1. nurul Agustus 3, 2023 at 5:16 pm

    bahagiaaaa tinggal di Indonesia.
    kita diberkati sinar mentari yg melimpah ya.
    banyak bgt faedahnya

  2. Dawiah Agustus 4, 2023 at 10:16 am

    Sinar matahari memang sangat penting, yah namanya juga sumber energi. Apa pun di bumi ini semua bergantung pada sinar matahari.

  3. Mpo Ratne Agustus 4, 2023 at 11:48 am

    Ingat covid pada sering berjemur matahari. Selesai covid harus sering berjemur karena banyak manfaatnya

  4. Ucig Agustus 4, 2023 at 3:52 pm

    Suka juga kalau jalan pagi, badan jadi segar gitu kak. Apalagi setelah itu minum es kopi pakai Arenga gulanya hihi..
    Di rumah kalau pohon depan udah agak lebat dan matahari menutupi, biasanya ku langsung minta rapihin mamang pohon

  5. Istiana Sutanti Agustus 5, 2023 at 5:35 am

    Ternyata penting banget ya sinar matahari ini, terutama dalam menjaga ritme sirkadian. Soalnya justru ritme sirkadian itu banyak banget pengaruhnya, selain bisa menjaga pola tidur, juga bisa menyeimbangkan mood.

  6. Suciarti Wahyuningtyas Agustus 5, 2023 at 9:27 am

    Untuk aku kalau sinar matahari pagi bagus untuk kulit, karena lumayan aku masih tergolong yang rajin berjemur. Matari siang biasanya menolong pada saat jemur baju, hehehehee…

  7. Nurul Sufitri Agustus 5, 2023 at 10:32 am

    Tentu saja berjemur di bawah sinar matahari hingga pukul 10 itu bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Buat travelers, jalan-jalan ke pantai dan gunung selain untk healing, sekaligus bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makin sehat makin kuat karena terkena sinar matahari. Mood jadi lebih tinggi dan aktivitas harian berjalan lancar dan lebih baik lagi.

  8. indah SAVITRI Agustus 5, 2023 at 2:02 pm

    Sepakaaat mba.. memang benar, kalau badan hangat, hati juga hangaat ya, dan pastinya kita jadi semangat plus in a good mood. I love the sun as always

  9. Milda Ini Agustus 5, 2023 at 2:32 pm

    Benar Mba kau sedang berjuang buat ini nih jalan kaki pagi hari sekitar 30 menit, tapi meski 30enit ternyata susah ngatur jadwalnya sebab yah itulah Mb. Sama2 tau ajalah

  10. Hikmah Khaerunnisa Agustus 5, 2023 at 2:57 pm

    Semenjak hamil anak ke2 aku rutin jemur matahari pagi mba dan memang kerasa sekali jadi lebih bersemangat dan enak aja ke badan

  11. Gusti yeni Agustus 5, 2023 at 5:50 pm

    Yess dinar matahari apalagi matahari pagi bagus buat tulang, aku sukaa matahari cetar di pantai atau gunung bikin hasil.foto baguss.

    Emamg PR bikin gosong kulit dan selalu pake sunblock berulang lali pastinya

  12. Nurul Fitri Fatkhani Agustus 5, 2023 at 5:56 pm

    Oh.. Akhirnya saya tau, kenapa kalau pergi ke tempat yang berlimpah sinar matahari, perasaan bisa lebih enteng dan tenang. Ternyata memang bisa menaikkan mood kita yaa…

  13. lendyagassi Agustus 5, 2023 at 7:58 pm

    Salah satu hal yang harus disyukuri banget ya, kak..
    Adanya matahari di pagi hari.
    Selain nikmat sehat, usia yang masih diberi kesempatan dan matahari ini pertanda happy day!
    Hehhee..bukannya hujan bikin gloomy sii.. tapi kalau emak-emak suka mikir “Jemuran kering gak yaah..”
    Hehhee..se-simple itu.

  14. Dian Restu Agustina Agustus 5, 2023 at 10:06 pm

    Beneran deh, pas musim hujan terus seharian sinar matahari sembunyi, cuaca sendu , mood pun jadi ambyar..mau ngapa-ngapain dah mager duluan. huhuhu. Memang banyak manfaatnya sinar matahari ini bagi kita yaa

  15. Diah Kusumastuti Agustus 7, 2023 at 2:29 am

    Masya Allah.. sinar matahari sebagai salah satu ciptaan Allah sungguh luar biasa manfaatnya bagi manusia, ya. Memang kalau lagi sumpek di rumah tuh bisa jadi enteng kalau keluar rumah, kena sinar matahari, trus mood jadi baik. Alhamdulillah, ya 🙂

  16. Nia Haryanto Agustus 7, 2023 at 8:18 am

    Selain untuk badan, sinar Matahari ternyata bisa bermanfaat buat mood juga. Walopun sebenernya memang mood itu berdasarkan hormon ya. Bukan cuma sugesti.

    Suka deh aku dengan Sinar Matahari. Apalagi pagi, libur. Hehehe jadinya bisa lari. Beneran bikin mood bagus sepanjang hari deh lari di pagi hari yang hangat dengan sinar Matahari.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter