Manfaat Sosial Ngopi di Kedai Kopi

Manfaat-sosial-ngopi-di-kedai-kopi

ArengaIndonesia.com – Kopi telah menjadi bagian penting dari norma masyarakat. Sejak dari warung kopi di pedasaan sampai cafe di perkotaan, kopi hadir di tengah perbincangan. Begitu terbiasanya kita dengan minuman berwarna hitam ini sehingga istilah “coffee break ” selama jam kerja pun jadi umum. Minum kopi di rumah, di tempat kerja dan bahkan di kedai kopi titik fokusnya adalah untuk menghibur sambil mempertahankan energi sepanjang hari.  Itu lah mengapa mengaitkan kopi dengan aktivitas sosial adalah pengalaman menyenangkan!  Tapi apa sih manfaat sosial ngopi di kedai kopi?

Minum kopi sendirian baik. Tapi manfaat kopi dalam pergaulan juga banyak. Ngopi di kedai kopi dapat memberi kita kesempatan untuk mengenal satu sama lain, mengetahui kehidupan satu sama lain, atau sekadar berbincang tentang berbagai hal satu sama lain. 

Singkatnya, kopi adalah salah satu minuman tertua yang dapat menghubungkan kita dengan banyak orang dan berbagi aktivitas sosial dalam kesenangan bersama.

Energy Booster Untuk Extrover dan Introvert

Manfaat ngopi di kedai kopi yang salah satunya kopi bermanfaat sebagai energy booster
Kopi sebagai energy Booster

Yang paling hebat dari kopi adalah kandungan kafeinnya. Kafein lah yang membuatnya terkenal dan jadi alasan utama mengapa kita meminumnya. Kita jadi tergila-gila karena mampu menghentikan kita dari rasa lelah. Memberi hentakan energi dan memompanya ke seluruh tubuh agar kita tetap bersemangat. Baik di tengah pekerjaan berat dan menumpuk atau mood yang sedang tidak baik. 

Dalam hal ini, mengapa ada manfaat sosial ngopi di kedai kopi? Untuk yang ekstrovert, mereka dapat energi hanya dengan berada di sekitar orang lain. Sementara bagi introvert (tertutup) sedikit kafein bisa membantu memulai percakapan, ditambah aroma kopi hangat yang berhamburan di sekitar, bisa membuat pertemuan terasa lebih santai dan rileks. Ide-ide cemerlang pun lebih mudah terpicu.

Baca juga:

Manfaat Kopi Dalam Pergaulan – Networking

Gula aren cair untuk kopi yang sempurna
Gula aren cair untuk kopi yang sempurna

Secara historis, kedai kopi telah berfungsi sebagai tempat untuk bertemu, bersosialisasi, menghibur, dan bertukar pikiran.  Sejak kedai kopi pertama di yang disebut qahveh khaneh dalam bahasa Persia, muncul di Damaskus, sejak itu tumbuh sebagai situs jejaring sosial. Bahkan sampai saat ini.

Memang begitu lah. Dari sudut pandang budaya, kedai kopi sebagian besar berfungsi sebagai pusat interaksi sosial. Karena menyediakan tempat bagi pelanggan untuk berkumpul, berbicara, membaca, menulis, menghibur satu sama lain.

Di kedai kopi kampung saja, orang banyak menghabiskan waktu, baik secara individu maupun dalam kelompok kecil. Dilakukan sebelum atau sudah pulang dari ladang.

Kedai, warung atau Lapau sering jadi pusat komunitas lokal untuk membuat dan mengembangkan jaringan sosial. Tergantung tempat tinggal teman-teman, di Sumatera Barat dan Aceh tradisi minum kopi di warung masih kental.

Kita pergi ke kedai, pesan kopi dan makanan kecil. Duduk sebentar mendengarkan gosip atau berita terkini dari wajah-wajah ramah yang kita kenal. Sekalipun Google sudah mengambil alih semua pusat informasi, bertukar pengetahuan dengan mereka yang bertemu secara tatap muka terkadang lebih menyenangkan.

Baca cerita kami di sini tentang minum kopi : Dari Lapau Kopi di Banto

Manfaat Sosial Ngopi di Kedai – Content Untuk Media Sosial

Rumah Bersama

Kedai kopi adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan mengobrol. Umumnya menawarkan lingkungan yang membuat semua orang merasa cukup nyaman. 

Kedai kopi sengaja didesain secara integral dari keseluruhan operasi bisnis kopi.  Karena selain kopi, ada alasan khusus mengapa kita mengunjungi kedai kopi yaitu suasana dan lingkungannya.

Untuk anak-anak milenials, desain kedai dan interior memainkan peran besar mengapa mereka harus hangout di sana. Pemicunya adalah maraknya sosial media yang butuh foto-foto cantik, cakep dan bercerita.

Jadi, apakah kita akan bertemu dengan teman dari luar kota, rekan bisnis, atau reuni dengan teman-teman sekolah, berbincang sambil minum kopi jadi pilihan menarik.

Ayo Ngopi Sebuah Kode

Seiringnya tumbuhnya jaringan di sosial media, budaya ngopi di cafe atau kedai kopi juga jadi bagian gaya hidup golongan orang muda .  Saat menyapa di Twitter, Facebook, Instagram atau WA, selain menanyakan kabar biasanya juga diikuti “ayo ngopi”.

Ajakan ngopi tak lain kode dari ingin bertemu dan “ayo ngobrol” lebih banyak. Dan biasanya mereka akan memilih tempat di kedai kopi yang juga berfungsi sebagai resto atau rumah makan.

Jadi begitu lah manfaat ngopi di kedai kopi. Penting sebagai alat bersosialisasi. Mumpung kedai-kedai kopi sudah bertebaran di mana-mana perbesar sisi bahagia dengan bertemu lebih banyak orang yang akan membawa manfaat untuk kehidupan kita sendiri maupun orang lain.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren bubuk dan cair untuk kopi di Tangerang.

Share artikel ini

23 Comments

  1. lianny Juni 16, 2022 at 11:53 am

    Nongkrong di cafe atau kedai kopi bersama teman-teman, keluarga atau relasi kadang bisa sampai berjam-jam ya, saking asyiknya ngobrol sembari minum kopi dan makan sedikit camilan. Suamiku juga suka minum kopi, biar mata melek dan ide-ide lancar katanya hahaha.

  2. Andiyani Achmad Juni 16, 2022 at 4:06 pm

    inilah alasan kenapa aku suka banget kerja dan nongkrong di kedai kopi, karena mendatangkan banyak inspirasi dan menambah networking juga

  3. HM Zwan Juni 16, 2022 at 8:13 pm

    Sekarang banyak sekali bermunculan kafe, kedai kopi dimana-mana. Bahkan di desa desa juga bermunculan tempat ngopi yang kekinian lo mbak. Selain bisa menikmati kopi juga bisa bersilaturahmi, kumpul bareng teman atau saudara

  4. Mugniar Juni 16, 2022 at 8:39 pm

    Ngopi di kedai kopi sekarang jadi gaya hidup. Bukan hanya bagi yang muda, juga bagi yang usianya jauh lebih senior karena memang terasa keseruannya (manfaatnya) 🙂

  5. Lia Yuliani Juni 17, 2022 at 10:34 am

    Memang seru banget ya kalau ngopi bareng terus ngobrol ama bestie … berasa waktu engga kerasa.

  6. DailyRella Juni 17, 2022 at 6:54 pm

    Iyaaa setuju, kedai kopi itu bisa jadi arena sosialisasi yang santai, tidak terlalu formal dan kaku. Selain itu juga ada bahan pembicaraan tentang kopi itu sendiri. Aku dan anak-anak suka nongkrong di kedai kopi hehe.. .

  7. Nurul Sufitri Juni 17, 2022 at 9:50 pm

    ‘Ayo ngopi’ di zaman now bisa merupakan kode ngobrol lebih lama dan intim. Bisa pula bekerja sama maupun bisnis dan sebagainya. Kedai kopi zaman dulu dan sekarang sudah mengalami banyak perubahan serta fungsinya. Nama2 kopi pun bermacam2, terkadang malah bingung kalau ditanya, mau kopi apa? Hahahaha…

  8. Okti Juni 17, 2022 at 11:29 pm

    Ibarat lem, kopi ini yang jadi alat perekat dan mempersatukan satu individu dengan individu lain ya. Komunikasi dan interaksi makin maksimal sambil nyeruput kopi. Mantap…

  9. Lintang Juni 18, 2022 at 6:58 am

    Bener deh kafein bisa nambah semangat memulai obrolanm si introvert wkwkwk. Aku juga demen banget ngopi ke kedai kopi bareng temen2 seberes gowes. Mayan bisa dapet bahan ngonten di sosmed hehe.

  10. Tian lustiana Juni 18, 2022 at 11:48 am

    Sekarang banyak sekali kedai kopi ya , di kota dan pedalaman juga sudah banyak. iya banyak manfaatnya ternyata yah. Bukan sekedar nongkrong menyesap secangkir kopi

  11. Jiah Al Jafara Juni 18, 2022 at 6:16 pm

    Jarang ada yang ngajakin ngopi karena kukurang suka ngopi. Eh ternyata manfaatnya banyak juga ya. Sekarang ini memang ngopi buat ngobrol bareng

  12. Dian Juni 18, 2022 at 9:00 pm

    Iya juga ya
    Kalau ngopi bareng di kedai kopi, bisa kasi salah satu cara memperluas networking ya mbak
    Ngobrol ngobrol sambil menikmati secangkir kopi
    Nikmat banget

  13. Dzulkhulaifah Juni 18, 2022 at 9:17 pm

    Selain untuk ngobrol santai, sekarang kedai kopi juga sering kali dijadikan tempat untuk bekerja. Baik bekerja sendirian dengan laptop, online meeting via zoom, bahkan meeting offline juga bisa. Kedai kopi pun berlomba menyediakan tempat yang nyaman dan menarik, ya.

  14. Gusti yeni Juni 18, 2022 at 9:44 pm

    Iyess betul ngopi bersama teman teman atau kolega membuat obrolan yang berat menjadi ringan karena di bawa santai.

    Sayang aku sama suami gak bisa minum kopi, selama ada minuman lain selain kopi aseek aja karena kami berdua tuh suka ngobrol ngalor ngidul bersama teman-teman

  15. Idah Ceris Juni 18, 2022 at 10:07 pm

    Jadi semakin tau tentang kopi, Uni Ternyata minuman tertua, ya.

    Btw, hari ini udah ngopi di kedai kopi belum? Hihihi

  16. echaimutenan Juni 18, 2022 at 10:26 pm

    aku biasanya ke kafe minum coklat soale ga ngopi. banyakan nongkrongnya dibanding mesen hihihi. cuma cari suasana lain jadinya. tapi seru apalagi banyakan ya mba bisa kongkow kekinian

  17. lendyagassi Juni 18, 2022 at 10:38 pm

    Paling mudah saat ini janjian di kedai kopi sih yaa..
    Selain lokasi, tempatnya yang nyaman memungkinkan orang beraktivitas segalanya di kedai kopi. Bekerja atau sekedar kongkow bahkan diskusi pekerjaan dengan klien.
    Seruu~

  18. April Hamsa | Mom Blogger Juni 18, 2022 at 11:13 pm

    Seru banget bisa ngopi2 apalagi kalau sama teman atau sama kenalan menjalin networking yang baik. Sama keluarga pun tak kalah seru, apalagi kalau lokasinya gak sekadar menyediakan kopi tapi jajanan lain hehe.

    Bener banget kadang ngopi tuh senengnya kalau di tempat bagus, apalagi zaman sekarang, istilahnya yang instagramable gitu. Walau sendirian juga lumayan bisa menghibur diri lha minimal 😀

  19. Siti hairul Juni 20, 2022 at 5:22 am

    Mb Evi tadinya aku sungkan kalau ke kafe ngopi sendirian sekarang udah biasa. Apalagi kalau harus ngerjain tugas kuliah enaknya di space working yang nyediain kopi enak.

  20. Rina Susanti Juni 21, 2022 at 4:40 pm

    Feelnya emang beda ngopi di rumah sama kedai ya mba Evi. Kalaundi rumah ga tenang efek kerjaan rumah keliatan hahaha

  21. Uniek Kaswarganti Juni 21, 2022 at 4:43 pm

    Yes… kodenya sangat umum dan dipahami nih mba. Pokoknya kalau udah ngajak ayo kopi, bakalan banyak obrolan seru yang mengalir bersamaan dengan aktivitas minum kopi.

  22. Dian farida ismyama Juni 21, 2022 at 10:15 pm

    Bener banget. Pantesan aku berasa charge energi kalau ngetik di kedai kopi. Ternyata karena aku ekstrovert ya. Padahal ya ke sana murni nulis aja sendirian. Kalau ngobrol sama teman biasanya malah ketemuan di resto sekalian yang lebih lengkap makanannya

  23. Nurul Dwi Larasati Juni 22, 2022 at 10:43 am

    Favorit banget aku sama kopi, tiap pagi pasti ngopi. Kalau belum ngopi kayak ada yang kurang selama seharian itu. Buat IRT kayak aku minum kopi jadi sebuah me time. Sebentar, tapi bisa menyempatkan diri buat santai.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter