Nikmati Piknik yang Berbeda Selama Bulan Ramadan

Categories: TRAVELING|Komentar Dinonaktifkan pada Nikmati Piknik yang Berbeda Selama Bulan Ramadan|
Nikmati piknik yang berbeda selama bulan Ramadan

Selama Ramadan, idealnya waktu seharusnya lebih banyak kita habiskan untuk beribadah, berzikir, dan melakukan berbagai kegiatan amal. Namun, jika memang ada kebutuhan untuk piknik, mengurai pikiran suntuk dan ingin berpikir tanpa diganggung, jalan-jalan selama Ramadan juga adalah pilihan. Sesuaikan saja destinasinya.

Sebaiknya piknik kemana selama Bulan Ramadan? Arenga punya rekomendasi di bawah.

Destinasi piknik selama Ramadan, perlu disesuaikan dengan anggaran. Apa lagi setelah ini Idul Fitri segera tiba, apsti akan banyak membutuhkan dana. Selain memberikan THR, menunaikan zakat, menyantuni saudara yang membutuhkan, juga memberi hadiah kepada teman-teman dan kerabat. Nah kalau diikuti, budgetnya akan besar sekali.

Terlepas dari kebutuhan budget lebaran, Mamin kepikiran bebera tempat yang bisa Sobat Arenga kunjungi untuk piknik Ramadan. Mulai dari dekat rumah sampai ke luar negeri. Cek di bawah ya.

1. Taman Kota

Piknik Ramadan paling pas ke Santera de Laponte Malang
Santera de Laponte – Malang

Boleh dibilang taman kota adalah tempat rekreasi murah-meriah tapi relatif tenang dan damai. Kita bisa duduk santai di bangku-bangku yang diletakan di bawah pohon rindang. Sambil menikmati hembusan angin tipis-tipis, kita bisa me-review kembali masalah-masalah yang sedang menganjel.

Bahkan sambil beripikir kita bisa duduk tenang sambil berzikir dalam hati. Itu memungkinkan karena taman kota umumnya dirancang selain sebagai paru-paru kota, agar pengunjung bisa merasakan suasana yang segar dan asri.

Apa lagi kebanyakan taman kota dirancang sebagai tempat yang ramah bagi para pengunjung untuk menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Indonesia memiliki banyak taman kota yang menawarkan keindahan alam, udara segar, dan berbagai fasilitas yang menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Bila ingin taman yang lebih lua, bertema, Sobat Arenga sudah punya daftar di bawah, layak dikunjungi sebagai tempat wisata:

  • Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman kota yang menampilkan miniatur dari berbagai daerah di Indonesia dan juga miniatur dari berbagai bangunan dunia. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai atraksi, naik kereta gandung dengan panorama miniatur pulau-pula di Indonesia. Di sini banyak banget acara budayanya. jadi bisa menonton aneka pertunjukan tari tradisional. Coba juga menaiki perahu naga, seolah kita dibawa keliling Nusantara.
  • Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta. Taman kota yang berada di tepi laut. Bila cuaca sedang baik, terutama di pagi dan sore menjelang berbuka, keindahan alamnya bisa bikin nangis! Tak hanya bisa menikmati panorama pantai, hutan mangrove, kita juga berbagai berbagai jenis flora dan fauna yang jadi habitat di sana. Taman Wisata Alam Angke Kapuk juga menyediakan wahana bermain cukup lengkap.
  • Taman Wisata Mekarsari, Bogor. Taman kota yang berada di kaki Gunung Salak ini menawarkan berbagai jenis buah-buahan tropis, seperti mangga, durian, dan rambutan. Bila musimnya pengunjung bisa memetik buah yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berjalan-jalan di bawah pepohonan yang rindang, mengamati bunga dan buah saling berpacu berebut matahari, sungguh sebuah panorama yang memincut rasa sukur kita. Menambah ketakwaan selama piknik Ramadan.
  • Taman Lalu Lintas, Bandung. Kalau bawa anak-anak, paling asik memang ke Taman Lalu Lintas Bandung. Taman kota yang dikhususkan untuk anak-anak. Menawarkan simulasi lalu lintas yang interaktif. Pengunjung dapat mengemudikan mobil mini, menyebrang jalan, dan belajar tentang keselamatan berlalu lintas. Piknik Ramadan sambil nunggu waktu tiba alias ngabuburit bisa seru di sini.
  • Taman Sakura, Malang. Taman kota yang terletak di lereng Gunung Arjuno ini menawarkan keindahan bunga sakura. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan bunga sakura, berjalan-jalan di taman, dan menikmati atraksi panorama alam. Tapi terakhir Mamin ke sana gak bunga sakura asli. Yang ada bunga sakura plastik alias palsu 🙂

Itulah beberapa taman kota di Indonesia yang layak dikunjungi sebagai tempat piknik selama Ramadan. Setiap taman kota menawarkan keunikan dan keindahan alamnya sendiri. Pertanyaannya cuma, kita mau ngapain ke sana?

Baca juga:

2. Piknik di Bulan Ramadan Paling Asik Mengunjungi Masjid-Masjid Bersejarah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah

Jika punya dana lebih, berangkat umrah. Selain memperdalam keimanan, melihat dari dekat masjid-masjid indah dan bersejarah akan memperkaya batin kita. Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah adalah pusat semesta umat muslim dunia.

Tapi kalau pun tidak, banyak banget masjid-msjid bersejarah di Indonesia. tu karena Indonesia memiliki sejarah panjang tentang keberadaan Islam di negeri ini.

Di bawah adalah daftar masjid-masjid bersejarah, saksi bisu dari perkembangan Islam di Indonesia yang bisa Sobat Arenga manfaatkan sebagai destinasi piknik Ramadan.

  • Masjid Agung Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada abad ke-15 sebagai pusat keagamaan dan politik Kesultanan Demak. Masjid ini menjadi tempat penting dalam sejarah perkembangan Islam di Jawa, karena di sinilah dipimpin oleh Sunan Kalijaga perang melawan Portugis di Malaka.
  • Masjid Raya Baiturrahman, Aceh Masjid ini dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid ini menjadi simbol perlawanan rakyat Aceh terhadap penjajah Belanda. Selain itu, masjid ini juga menjadi tempat untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.
  • Masjid Cheng Hoo, Surabaya. Masjid Chengho paling pas dikunjungi piknik Ramadan. Dibangun pada tahun 2002 untuk memperingati kunjungan Cheng Ho, seorang panglima laut dari Tiongkok yang melakukan perjalanan ke Indonesia pada abad ke-15. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik karena menggabungkan budaya Tionghoa dan Islam.
  • Masjid Istiqlal, Jakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1978 dan merupakan masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur yang modern dengan desain yang unik. Masjid ini juga menjadi tempat untuk upacara resmi keagamaan dan kebudayaan di Indonesia.
  • Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 sebagai pengganti Masjid Agung lama yang dibangun pada tahun 1773. Masjid ini memiliki arsitektur modern dengan desain yang unik. Masjid ini juga menjadi tempat untuk kegiatan keagamaan dan kebudayaan di Jawa Tengah.

Bulan Ramadan seperti bulan-bulan lainnya adalah hari yang baik untuk menikmati piknik atau atau jalan-jalan. Tapi harus diberi catatan bahwa piknik selama bulan Ramadan ini harus tetap memperhatikan waktu berbuka puasa dan waktu shalat. Begitu pun harus menjaga kesopanan dan etika agar tidak mencemari kesucian bulan ini.

Arenga Indonesia, produsen gula aren organik di Tangerang

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter