Asal Usul Pohon Aren, Cerita Rakyat Sumatera Utara

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Asal Usul Pohon Aren, Cerita Rakyat Sumatera Utara|
Cerita rakyat sumatera utara tentang asal usul pohon aren

Arenga Indonesia – Asal usul pohon aren yang berasal dari Cerita Rakyat Sumatera Utara ini bisa juga dibawa ke asal mula gula aren. Seperti kita tahu, pemanis yang juga dikenal sebagai palm sugar ini terbuat dari nira tanaman aren.

Asal-usul pohon aren ini adalah cerita rakyat dari Sumatera Utara. Seperti kita tahu, cerita rakyat adalah cerita yang beredar di kalangan masyarakat dari generasi ke generasi, secara lisan maupun tertulis.

Cerita rakyat biasanya mengisahkan tentang kejadian atau peristiwa yang diyakini terjadi pada masa lampau dan dianggap sebagai bagian dari warisan budaya suatu daerah atau negara.

 Cerita rakyat seringkali mengandung unsur-unsur moral dan nilai-nilai yang penting bagi masyarakat. Contohnya, cerita rakyat Indonesia seperti Asal Mula Pohon Aren dari Sumatera Utara ini mengajarkan nilai kesetiaan kepada keluarga dan cinta tak terbatas kepada saudara kandung.

Sedangkan cerita rakyat Eropa seperti Cinderella dan Snow White mengajarkan nilai-nilai seperti kebaikan hati dan kejujuran.

Nah asal mula pohon aren ini adalah tentang cinta setengah mati seorang kakak kepada adiknya. Tidak masalah bagaimana pun kesalahan yang telah dilakukang Sang Adik, kakak yang baik hati bersedia menggantikan atau membayar semua dosa itu dengan hidupnya sendiri.

Memang kalau kita kembalikan, kisah asal mula gula aren ini cukup manis seperti gulanya, pengorbanan seorang kakak kepada adiknya.

Begini Kisah Asal Usul Pohon Aren Menurut Cerita Rakyat Sumatera Utara

Sepasang suami-istri hidup bahagia di sebuah desa. Mereka memiliki dua anak, seorang putra dan seorang putri. Yang lelaki bernama Tare Iluh dan yang puteri Beru Sibou. Kebahagiaan tersebut berakhir saat  ayah mereka meninggal dunia.

Sejak itu sang ibu bekerja keras untuk membiayai hidup mereka. Begitu kerasnya dia bekerja sampai membuatnya menderita penyakit yang mengerikan. Tak lama ibu itupun juga meninggal. Kemudian, Tare Iluh dan Beru Sibou tinggal di rumah paman mereka.

Hari berlalu dan anak-anak telah tumbuh menjadi dewasa. Tare Iluh memutuskan untuk mencari pekerjaan di desa lain. Dia kemudian meninggalkan kakak dan pamannya.

Tare Iluh ingin mendapat uang dalam waktu singkat. Dia berpikir perjudian adalah jawabannya. Dia pergunakan uang bekal yang diberikan sang paman sebagai modal judi. Pada awalnya ia memenangkan sejumlah uang. Tare Iluh  begitu bahagia dan menggunakan semua uang tersebut kembali untuk bertaruh. Sayangnya dia kalah. Sampai akhirnya semua uangnya lenyap karena terus kalah. Tare  Iluh jadi marah.

Setelah itu ia meminjam uang dari penduduk desa, dia kalah lagi dan ia meminjam uang lagi. Dia terus meminjam uang sampai hutangnya menumpuk.

Saat itu, Tareh Iluh pasti tidak menyangka bahwa suatu saat dia akan jadi referensi sebagai asal mula gula aren 🙂

Menuai Apa yang Ditanam

Pohon asal mula gula aren
Sebuah pohon asal mula gula aren

Ketika penduduk desa menagih hutang tersebut, Tare Iluh tidak bisa membayarnya karena tidak punya uang. Akhirnya penduduk desa marah dan menjebloskan dia ke penjara!

Sementara itu  Beru Sibou terus menunggu saudaranya. Dia khawatir karena adiknya tidak pernah memberi kabar. Akhirnya ia mendengar bahwa adiknya berada di penjara. Dia bergegas pergi untuk menemuinya.

Beru Sibou tidak tahu jalan ke desa dan tersesat di hutan. Tak lama dia  bertemu seorang tua dan bertanya tentang adiknya itu. Orang tua itu tahu bahwa ada seorang laki-laki di penjara karena berjudi. Dia kemudian menyarankan Beru Sibou memanjat pohon tinggi dan menyanyikan lagu tentang saudaranya agar bisa didengar oleh Tare Iluh.

Beru Sibou kemudian memanjat sebatang pohon tinggi. Dia menyanyikan lagu dan  meneriakan nama adiknya.

“Adikku Tare Iluh dimana kamu? Wahai para penduduk desa, tolong bebaskan adikku. “

Namun tak seorang pun mendengarkan lagu itu yang membuat Beru Sibou jadi frustrasi. Dia kemudian berdoa kepada Tuhan.

“Tuhan, aku bersedia membayar semua utang adikku. Aku akan membayar dengan air mataku, rambutku, dan semua bagian tubuhku agar dapat digunakan oleh orang desa. Tapi tolong bebaskan adikku “

Akhirnya Tubuh Beru Sibou Berubah jadi Pohon Enau

Tepat setelah selesai berdoa, datang lah badai besar. Perlahan-lahan tubuh Beru Sibou berubah jadi pohon. Bukan pohon biasa karena semua bagian dari pohon tersebut berguna. Air matanya berubah menjadi air manis yang sekarang kita sebut nira.

Rambutnya berubah jadi ijuk dan daun sangat kuat. Orang-orang bisa menggunakannya sebagai atap rumah. Buah dari pohon tersebut disebut kolang kaling dengan rasa yang lezat.

Lalu orang-orang menamai pohon tersebut sebagai  pohon enau. Sementara di desa-desa lain mereka menyebutnya sebagai pohon aren. Pohon yang mengahasilkan palm sugar sebagai pemanis alami.

Tanaman enau ini sekarang sangat berjasa pada umat manusia. Air yang berasal dari tandan bunga jantan, sekarang digunakan untuk membuat gula. Jadi boleh dibilang, cerita tetang asal-usul pohon aren juga adalah tentang asa-usul gula aren.

Begitu lah sekelumit kisah, cerita rakyat dari Sumatera Utara yang berkisah tentang cinta tanpa syarat seperti layaknya pohon aren yang selalu memberikan seluruh tubuhnya yang bermanfaat bagi umat manusia.

Arenga Indonesia, Produsen Gula Aren Cair dan Gula Semut Aren di Tangerang. Chats by WA 0819 3241 8190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter