Apa Sih Beda Kakao, Kokoa, dan Cokelat?

Perbedaan antara kakao, cocoa dan coklat

Arenga IndonesiaApa sih Beda Kakao , Kokoa dan Cokelat?

Menikmati segelas coklat panas ditemani makanan kecil bersama rekan atau orang-orang terkasih adalah momen yang penuh kehangatan dan kebahagiaan. Ditenggarai oleh kombinasi antara aroma harum coklat yang menyebar di udara, sensasi hangatnya yang melingkupi bibir dan tenggorokan, serta gigitan kecil makanan yang menemani setiap tegukan.

Itu semua jelas menciptakan pengalaman menyenangkan dan membangun ikatan sosial yang erat dengan orang-orang yang kita sukai. Saat berbagi rasa nikmat dari coklat dan makanan kecil dengan mereka, kita dapat merasakan keintiman, kegembiraan, dan kebersamaan yang terpancar dari setiap percakapan dan tawa.

Dalam momen seperti ini, minuman coklat panas dan makanan kecil bisa jadi jembatan yang menghubungkan, menciptakan kenangan yang indah dan menguatkan hubungan kita dengan orang-orang tercinta.

Mengapa Minuman Coklat Itu Enak?

Foto secangkit coklat hangat yang membangun mood bahagia
Secangkir coklat hangat yang membangun mood bahagia

Yah, mengapa secara umum orang menyukai cokelat? Pasti banyak alasanya.

Kita sudah tahu bahwa minuman coklat, baik hangat atau dingin, rasa enaknya itu berasal dari beberapa kombinasi yang disukai lidah kita. Antara rasa manis, aroma yang kaya, dan tekstur cokelat yang lembut saat meluncur dari tengorokan kita, punya cerita.

Kita menyukai cokelat, karena coklat mengandung beberapa senyawa yang bisa meningkatkan rasa bahagia. Di dalamnya terdapat zat-zat seperti theobromine, feniletilamina, dan anandamida, yang akan memicu perasaan senang di dada.

Selain itu, minuman coklat hangat apa lagi dikombinasi pemanis sehat seperti gula aren cair, akan memberikan rasa nyaman dan kenikmatan saat diminum, terutama dalam suasana yang sejuk atau saat ingin bersantai. Kelezatan dan kehangatan minuman coklat menciptakan sensasi yang memanjakan lidah dan memberikan kenikmatan yang tak tergantikan.

Nah untuk kalian penggemar minuman coklat, pasti sudah tahu beberapa istilah dalam minuman kesayangan kita ini.

Yang penting banget kita untuk tahu adalah perbedaan antara kokoa atau cocoa, cacao atau kakao, dan coklat atau cokelat.

Karena membaca secara selintas kita seringkali dibuat kebingungan. Meskipun sering digunakan secara bergantian, sebenarnya ada perbedaan dalam penggunaan dan arti dari ketiga istilah di atas.

Ini Dia Perbedaan antara Kakao, Kokoa, dan Cokelat:

1. Kakao atau Cacao

Kakao atai Cacao adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada pohon kakao (Theobroma cacao) atau biji-bijian yang dihasilkan oleh pohon tersebut sebelum diolah menjadi produk cokelat.

Biji kakao memiliki kulit keras yang harus dipanggang dan dikupas sebelum dapat digunakan. Pohon cacao tumbuh di daerah tropis dan biji-bijian yang dihasilkan memiliki rasa pahit dan kompleks.

Secara umum, “cacao” atau kakao lebih berkaitan dengan aspek pertanian dan botani biji kakao.

2. Kokoa atau Cocoa

Sementara Kokoa tau Cocoa adalah kata yang biasanya digunakan untuk merujuk pada bubuk kakao (cocoa powder). Bubuk ini dihasilkan setelah biji kakao dipanggang, dikupas kulitnya, dan digiling menjadi bubuk halus.

Bubuk kakaoatau cocoa powder ini sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan minuman cokelat panas, kue-kue, atau makanan penutup lainnya.

Secara umum, kokoa dan “cocoa” lebih umum digunakan dalam konteks kuliner atau makanan.

3. Coklat atau Cokelat

Chocolate adalah produk makanan yang terbuat dari cacao atau cocoa yang telah diolah. Ini dapat mencakup berbagai jenis produk seperti batang cokelat, cokelat bubuk, permen cokelat, atau produk cokelat lainnya. Cokelat dibuat dengan menambahkan gula, mentega kakao, dan bahan lain ke dalam bubuk kakao atau cocoa. Rasa, tekstur, dan aroma cokelat bervariasi tergantung pada kandungan kakao, jumlah gula, dan proses pembuatan yang digunakan.

Jadi, secara singkat, cocoa adalah bubuk kakao yang digunakan dalam makanan, cacao adalah biji kakao sebelum diolah, dan chocolate adalah produk makanan yang terbuat dari cacao atau cocoa yang telah diolah menjadi berbagai bentuk cokelat.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan ketiga istilah ini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan negara. Namun, penjelasan di atas memberikan gambaran umum tentang perbedaan antara cocoa, kakao, dan cokelat.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

19 Comments

  1. Myra (Jalan-Jalan KeNai) Juni 26, 2023 at 10:54 pm

    Saya pikir sama aja. Ternyata, ada perbedaannya ya, Mbak. Saya suka coklat, tapi yang gak manis. Enak banget deh ya menikmati secangkir coklat panas. Etapi, saya juga suka ding yang dingin.

  2. Yeni Sovia Juni 27, 2023 at 2:31 pm

    Cocoa, kalao dan coklat tetap dari satu tanaman yang sama. Cuma beda beda tergantung sudah dikupas dan dipanggang dan teksturnya bubuk atau gaknya ya. Makasih penjelasan detailnya mba 😊

  3. Katerina Juni 27, 2023 at 4:19 pm

    Aku termasuk yang masih suka ketuker-tuker penggunaan kata kakao dan kokoa :))
    Alhamdulillah abis baca artikel ini jadi makin jelas, moga ga ketuker-tuker lagi. Makasih mamin

  4. andiyani achmad Juni 27, 2023 at 10:14 pm

    nah ini yang lagi aku kasih pemahaman ke anakku yang suka banget cokelat manis tapi rada aneh kalo di kasih kakao atau kokoa

  5. Uniek Kaswarganti Juni 28, 2023 at 6:56 am

    Ternyata itu yaaa perbedaannya… selama ini taunya ya udah coklat gitu aja hehhehee… Sip deh, dicatet nih, pengetahuan baru dalam dunia per-cocoa-an. :))

  6. Suciarti Wahyuningtyas Juni 28, 2023 at 12:26 pm

    Wah aku mengira selama ini sama, tapi kalau cokelat itu sih aku sudah paham merujuk pada makanan atau olahan cokelat. Favorit banget soalnya cokelat inikan, disukai segala usia terutama anak-anak.

  7. Husnul Khotimah Juni 28, 2023 at 12:40 pm

    Kalau saya suka biji coklatnya, eh kalau masih biji bukan coklat ya namanya wkwkwk.. Kakao.. di rumah ibuk saya banyak banget pohonnya, bahkan sering panen dan langsung masuk penggilingan manual (mulut) buat ngrasain rasa segarnya buah Kakao. udah dari baru metik dah enak sih coklat ini 😀

  8. Momtraveler Juni 28, 2023 at 1:21 pm

    Kalo aku lebih suka makan atau minum coklat yg pahit tanpa campuran gula tp belum peenah nyobain klo dicampur gula aren si enak juga kali ya

  9. indah SAVITRI Juni 28, 2023 at 4:34 pm

    thanks mbaaa..sebagai pecinta coklat, aku tuh sering banget berburu coklat enak dan juga hot chocolate yang enak Dan paling pas memang dengan gula aren yang enak dan sehat

  10. Milda Ini Juni 28, 2023 at 5:42 pm

    Wah ngomongin dan bahas seputar coklat itu emang asik dan seru apalagi kalo sambil makan dan minum produknya mba. Dulu di kebunku ada beberapa pohon kakao, buahnya kadang aku makan apadanya kalo udah masak dipohon. Rasanya enak meski beda ama olahannya

  11. April Hamsa Juni 28, 2023 at 6:05 pm

    Pas baru aja aku makan coklat diskonan sebelum baca ini hehe. Yang pasti nih coklat bubuk dan batangan sama2 enak siihh 😀
    Ooo jadi kalau masih berupa bijinya disebut kakao, kalau sudah berupa bubuk adalah kakao ya mbak TFS infonya

  12. Lia Yuliani Juni 28, 2023 at 8:07 pm

    Ternyata cocoa ama cacao itu beda saya pikir sama-sama coklat. Eh tapi emang coklat panas itu nikmat banget diminumnya. Kalau mini pagi-pagi suka bikin semangat menjalani hari. Saya suka sih hot chocolate

  13. antung apriana Juni 28, 2023 at 8:59 pm

    wah kalau ngomongin coklat kayaknya ini kesukaan banyak orang yaa termasuk saya. tapi kalau minuman coklat saya masih jarang sih mengkonsumsi pernah beli minuman coklat kekinian yang lumayan terkenal gitu malah berasa enek karena terlalu banyak campurannya

  14. Susindra Juni 28, 2023 at 9:09 pm

    Setelah baca ini jadi ngerti bedanya. Kadang saya gabung aja kakak dan kokoh karena mengira sama. Ini seperti pari, gabah dan beras, ya. Nasi juga

  15. Ruli retno Juni 28, 2023 at 9:10 pm

    Baiklah, berarti mereka ini 3 hal yg berbeda dan runut sesuai pembuatannya ya kak. Duh pengen banget kapan2 bisa coba bikin minuman coklat atau kopi pake produk arenga ini, pengen coba mengurangi gula pasir

  16. Jiah Al Jafara Juni 28, 2023 at 9:26 pm

    Jadi ingat kalau dulu sempat adu pendapat soal Kakao ini. Aku tahunya Kakao buat Coklat, eh ada yang bilang kalau itu Kopi. Iya, Kopi Coklat, gitu. Well, setelah baca ini, gak bingung lagi dan bisa jelasin dengan mudah

  17. Tanti Amelia Juni 29, 2023 at 7:05 am

    Nah jadi ingat pernah ke perkebunan KAKAO (Theobroma cacao) hihi jadi semakin tahu bedanya..
    iya ini dulu sampe terkesima, loh kupikir biji coklat tuh coklat warnanya, lembut bertekstur kayak COCOA …ahaaaa tydak, kamu salah Neng!

  18. Dawiah Juni 30, 2023 at 9:52 am

    Kupikir sama saja, intinya coklat, ternyata saya salah. Terima kasih tulisannya sudah menambah pengetahuan saya. Jadi para petani coklat yg selama ini kita kenal sebenarnya dia adalah petani kakao. Noted.

  19. Aswinda Utari Juli 1, 2023 at 10:40 am

    Mantepp.. disini aku baru tau dong beda kokoa sama kakao. Biasanya suka kebalik atau nganggepnya sama. hihi. Kalau kokoa itu jarang disebut kokoa sih sama aku.. Aku nyebutnya coklat bubuk. Alhasil kalau mendengar kata kokoa sm kakao.. yang ada di kepalaku tuh kadang pohonnya.. kadang malah melipr bentar ke binatang koala..wkwkk

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter