Cara Membuat Teh Kombucha yang Mudah

Categories: TEH - TEA|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Teh Kombucha yang Mudah|
Cara Membuat teh kombucha

ArengaCara Membuat Teh Kombucha – Kombucha adalah salah satu jenis minuman yang semakin populer di seluruh dunia, terutama di kalangan mereka yang memprioritaskan gaya hidup sehat dan alami. Teh jamur ini dipercaya sebagai minuman penyembuh dengan berbagai manfaat kesehatan, berkat sejarahnya yang panjang sebagai obat tradisional di Asia Timur.

Teh Jamur kemudian tersebar ke Jerman melalui Rusia pada akhir abad ke-19, dan sejak itu popularitas Kombucha semakin meningkat di seluruh dunia.

Orang percaya percaya bahwa Kombucha dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan, penurunan berat badan, dan bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan Dasar

Kombucha adalah minuman teh yang terbuat dari fermentasi gula, teh hijau atau teh hitam, dan SCOBY (symbiotic culture of bacteria and yeast).

Proses fermentasi ini menghasilkan minuman yang menyegarkan dengan rasa yang khas dan bervariasi. Dalam pembuatan Kombucha, SCOBY bertindak sebagai starter yang membantu menguraikan gula dan memberikan rasa asam yang khas pada minuman.

Teh kombucha juga dapat dikreasikan rasa dengan menambahkan jus, rempah-rempah, buah, atau bahan tambahan lainnya. Hal ini menjadikan Kombucha sebagai minuman yang sangat fleksibel dalam menciptakan rasa yang unik dan beragam.

Teh Kombucha juga diklaim memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dab meningkatkan energi.

Begini Cara Membuat Teh Kombucha Sederhana

teh kombucha dengan buah
Teh Kombucha dengan buah

Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat Kombucha:

Bahan-bahan:

  • 3 liter air mineral
  • 10 kantong teh hitam atau hijau
  • 200 gram gula pasir
  • SCOBY (Symbiotic Colony Of Bacteria and Yeast)
  • 1 cangkir Kombucha yang sudah jadi (sebagai starter)
  • 1 buah wadah besar yang kedap udara
  • Kain atau handuk bersih sebagai penutup

Langkah-langkah:

1.Rebus air mineral dalam panci besar dan setelah mendidih, matikan api dan masukkan kantong teh serta gula pasir. Aduk hingga gula larut sepenuhnya.

2. Diamkan campuran teh dan gula selama kurang lebih 2-3 jam hingga suhu campuran turun menjadi sekitar 25-30 derajat Celsius.

3. Siapkan SCOBY dan tambahkan ke dalam campuran teh yang sudah didinginkan. Kemudian tambahkan cangkir Kombucha yang sudah jadi sebagai starter. Aduk secara perlahan.

    4. Tuangkan campuran Kombucha ke dalam wadah yang sudah bersih dan kedap udara. Tutup wadah dengan kain atau handuk bersih agar terhindar dari serangga atau kotoran lainnya.

    5. Biarkan campuran Kombucha di wadah selama kurang lebih satu minggu. Jangan lupa untuk menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih dan terhindar dari kontaminasi.

    6. Setelah satu minggu, cicipi Kombucha untuk mengetahui seberapa asam rasanya. Jika masih kurang asam, biarkan campuran Kombucha fermentasi selama beberapa hari lagi hingga mencapai rasa yang diinginkan.

    7. Setelah mencapai rasa yang diinginkan, tuangkan Kombucha ke dalam botol yang sudah bersih dan kedap udara. Tambahkan sedikit gula pasir untuk karbonasi. Biarkan selama 2-3 hari lagi pada suhu ruangan, atau masukkan ke dalam lemari es untuk mencapai rasa dan tingkat karbonasi yang diinginkan.

    8. Setelah tahap 7, agar tercipta rasa yang khas pada Teh Kombucha bisa ditambahkan rempah-rempah atau buah. Beberapa bahan tambahan yang populer digunakan adalah jahe, jeruk nipis, buah berry, apel, dan mint.

    Pastikan bahan tambahan aman dan bersih agar tidak mengganggu proses fermentasi. Selama proses ini, suhu dan kebersihan harus dijaga agar proses fermentasi berjalan dengan baik dan menghasilkan Kombucha berkualitas. Jangan lupa jaga kondisi lingkungan dan alat-alat yang digunakan dalam keadaan bersih dan steril agar tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kotoran lainnya.

    8. Setelah proses karbonasi selesai, Kombucha siap dinikmati. Saring Kombucha jika diperlukan untuk membuang sisa-sisa SCOBY atau serpihan teh yang mungkin masih ada. Simpan di lemari es agar tetap segar dan dingin.

    9. Selamat menikmati!

    Tips Cara membuat Teh Kombucha Anti Gagal

    Berikut adalah beberapa tips cara membuat teh Kombucha agar tidak gagal:

    1.Pastikan perlengkapan dan bahan baku bersih: Sebelum memulai proses pembuatan Kombucha, pastikan semua perlengkapan dan bahan baku telah dibersihkan sebaik mungkin. Panci, gelas ukur, sendok, dan wadah fermentasi harus bebas dari kontaminasi.

    2. Gunakan air Mineral: Untuk memastikan air aman diminum. Sebenarnya bisa juga menggunakan air keran asalkan telah disaring atau direbus terlebih dahulu.

    3. Perhatikan suhu dan waktu fermentasi: Suhu dan waktu fermentasi sangat penting dalam proses pembuatan Kombucha. Suhu ideal untuk fermentasi adalah antara 20-30 derajat Celsius. Waktu fermentasi dapat bervariasi tergantung pada suhu ruangan dan keasaman yang diinginkan. Usahakan untuk memonitor suhu dan waktu fermentasi secara teratur untuk memastikan Kombucha berkualitas.

    4. Gunakan bahan baku yang segar: Gunakan bahan baku yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil Kombucha yang baik. Gunakan gula putih yang murni dan teh berkualitas tinggi untuk hasil yang optimal.

    5. Jangan lupa untuk mencicipi: Selama proses pembuatan Kombucha, jangan lupa untuk mencicipi rasanya secara berkala. Ini akan membantu Anda memantau tingkat keasaman dan kualitas minuman yang dihasilkan.

    6. Jaga kebersihan: Pastikan kebersihan ruangan, alat, dan tangan saat membuat Kombucha. Hindari paparan bahan kimia dan lingkungan yang terkontaminasi dengan bakteri.

    Dengan mengikuti tips di atas, teman-teman bisa meminimalkan risiko gagal dalam membuat teh Kombucha dan menghasilkan minuman yang sehat, enak, dan kaya akan nutrisi.

    Arenga Indonesia. Produsen gula aren organik di Tangerang.

    Share artikel ini

    Artikel Terbaru

    • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

      Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

    • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

      Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

    • Herbal alami atasi diare

      Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

    • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

      Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

    • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

      Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

    Arenga Customer Care

    Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

    0819 3241 8190

    Artikel Terpopuler

    • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

      10 Fakta Tentang Palm Sugar

    • agar-agar santan gula aren

      Agar-Agar Santan Gula Aren

    • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

    • Cerita elok dari kampung

      Cerita Elok Dari Kampung Aren

    • Resep iga bakar gula aren Arenga

      Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

    • Cara menikmati sayuran hijau mentah

      Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

    • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

      Beda Gula Aren dan Gula Semut

    • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

      Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter