Gula Aren Seharusnya Bermutu Baik Tapi Tidak Selalu, Mengapa?

Categories: PALM SUGAR|Komentar Dinonaktifkan pada Gula Aren Seharusnya Bermutu Baik Tapi Tidak Selalu, Mengapa?|
Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas gula aren, mengapa ada yang baik dan mengapula tidak

Arenga Indonesia – Seperti apa gula aren tidak bermutu? – Hampir semua orang ingin sehat. Tentu saja! Karena kesehatan berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup, memungkinkan kita leluasa melakukan aktivitas sehari-hari.

Benar bahwa harta termal di dunia adalah kesehatan. Dengannya kita bisa beribadah, menyelesaikan pekerjaan, berolahraga, melakukan aktivitas sosial, dan menikmati hobi tanpa terganggu.

Makanya dalam memilih asupan makanan pun harus kita jaga. Termasukpemanis, memilih gula aren karena digadang-gadang sebagai pemanis sehat. Tapi tahu kah gula aren pun ada yang tidak baik lho untuk kesehatan?

Standar Mutu Gula Aren Terbaik

Standar mutu gula aren terbaik itu seperti ini

  • Gula aren yang baik itu adalah gula aren yang dibuat dari bahan baku berkualitas tinggi, seperti dari nira segar dengan pH6-7.
  • Begitu pun diproduksi secara alami dengan tingkat kemurnian terjaga, dan tidak diberi bahan tambahan apa pun. Seperti gula aren asli atau organik lah, itu lah!
  • Gula aren murni beraroma enak dan rasa yang khas. Dikemut dijadikan permen pun tidak akan membuat tenggorokan sakit.
  • Konsistensi butiran padat dan tidak lengket.

Tapi kalau melihat ke dalam pasar gula arena, kenyataan tidak selalu seindah itu, Ferguso!

Kurang Bermutu

gula aren bermutu kurang baik
Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas gula aren

Memang benar, adalah kenyaatan bawah di pasar, kita tidak selalu bisa menemukan gula aren berkualitas baik. Begitu banyak produk yang beredar dengan kualitas yang bervariasi, banyak juga yang tidak bermutu diantara yang baik itu.

Banyak faktor mengapa mutu gula aren tidak selalu bermutu baik. Padahal itu kurang baik bagi kesehatan manusia.

Salah satu dari sekian faktor, misalnya, kelangkaan bahan baku. Entah karena sumber yang memang terbatas atau karena faktor harga, atau seringnya kombinasi keduanya. Bahan baku gula aren bermutu dan berkualitas memang termasuk langka.

Apa lagi jika ada pasar menginginkan harga semurah mungkin. Misalnya untuk industri yang memproduksi makanan atau minuman yang tidak bisa dijual mahal. Jadi ongkos produksi harus ditekan serendah mungkin. Salah satunya adalah menekan harga bahan baku seperti gula aren.

Akibatnya produsen gula merah mencari alternatif pengganti. Kebetulan hal itu mudah dilakukan. Akses ke bahan baku yang tidak berkualitas bukan lah sesutu yang sulit di industri gula aren (mengenai hal ini akan Mamin ceritakan di posting lain).

Ditimpali dengan proses produksi yang kurang baik, memberi bahan tambahan ke dalam produk, jadi lah gula aren abal-abal alias tak bermutu.

Jadi ya Sobat Arenga, jika kalian membutuhkan gula aren bermutu, penting banget memperhatikan merek dan produsen gula aren yang dibeli.

Pilih brand terpercaya dan baca label secara cermat. Pastikan bahwa produk yang kamu beli berkualitas. Jadi tidak membahayakan kesehatan kamu dan keluarga.

Gula Aren Campuran alias Mix

Sekali lagi, gula aren murni seharusnya tidak dicampur dengan bahan apa pun. Namun, untuk banyak alasan, produsen gula aren dapat mencampurkannya dengan bahan lain. Selain untuk meningkatkan kuantitas, juga menambahkan aroma dan rasa tertentu.

Beberapa bahan yang mungkin dicampurkan pada gula aren tidak bermutu:

  • 1. Gula pasir: Beberapa produsen mencampurkan gula pasir ke dalam gula aren. Tujuannya untuk apa? Meningkatkan kuantitas, mengurangi biaya produksi, agar bisa dijual dengan harga lebih murah.
  • 2. Pewarna: Gula aren berbahan baku abal-abal, terkadang warnanya jelek sekali. Entah terlalu pucat atau terlalu hitam. Nah untuk mengatasi masalah tersebut tersedia pewarna yang akan bisa menyamai warna gula aren bermutu tinggi. Warna tersebut untuk untuk meningkatkan daya tarik visual.
  • 3. Perasa buatan: Gula aren bermutu prima itu rasa dan aromanya enak. Arenga kalau sedang mengeringkan gula aren, sekeliling seolah pabrik roti saking wanginya. Nah untuk menyamai hal seperti ini, gula aren tidak bermutu akan ditambah perasa, biar sama rasa dan aromanya dengan gula aren asli.
  • 4. Bahan pengawet: Gula aren, terutama dalam bentuk cetak, karena kadar airnya tinggi mudah sekal meleleh. Sudah gitu kapang dan jamur senang banget nempek di sana. Maklum itu kan kepingan penuh nutrisi. Nah agar awet, beberapa produsen mencampurkan bahan pengawet agar umur simpan lebih panjang.

Jadi sebelum membeli, baca lah labelnya dengan cermat. Meskipun tidak menjamin seratus persen, setidaknya ini bisa memastikan bahwa tidak ada bahan tambahan yang dicampurkan ke dalam produk tersebut.

Tips Menemukan Gula Aren Bermutu

Tips menemukan gula aren bermutu
Arenga Gula Aren

Beberapa solusi untuk memastikan bahwa Soat Arenga mendapatkan gula aren berkualitas baik adalah:

  1. Beli gula aren dari merek dan produsen terpercaya dan sudah terbukti memproduksi produk gula aren berkualitas.
  2. Baca label dengan cermat untuk memastikan bahwa produk tidak mengandung bahan tambahan yang tidak diperlukan dan terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi.
  3. Pastikan aroma dan rasa legit yang khas
  4. Pastikan juga kewajaran harga. Kamu harus curiga bila terlalu murah. Karena bisa jadi sebuah tanda bahwa produk bermutu kurang baik.

Nah semoga dengan menerapkan solusi-solusi di atas, diharapkan kita dapat memperoleh gula aren berkualitas baik dan sehat untuk digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman.

Arenga Indonesia, produsen dan supplier gula aren cair. Dari Tangerang untuk Indonesia

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter