Gula Aren Sumber Pendapatan Masyarakat Bungatan

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Gula Aren Sumber Pendapatan Masyarakat Bungatan|
Gula aren sebagai sumber pendapatan masyarakat

Gula aren dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat karena dapat dihasilkan dari pohon aren yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Filipina, India, dan Amerika Tengah. Proses pengambilan gula aren dari pohon aren juga relatif mudah dan tidak memerlukan teknologi yang canggih. Peluangnya sangat bersar karena gula aren memiliki banyak manfaat dan digunakan dalam berbagai jenis makanan dan minuman di Indonesia dan dunia.

Namun, tidak semua masyarakat di daerah tropis dapat menghasilkan pendapatan dari gula aren. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menghasilkan pendapatan dari gula aren antara lain:

  • Ketersediaan pohon aren: Tidak semua daerah tropis memiliki pohon aren yang cukup banyak untuk diambil gula aren. Selain itu, jumlah pohon aren juga dapat berkurang karena deforestasi dan perubahan iklim.
  • Kemampuan untuk memproduksi gula aren: Memproduksi gula aren memerlukan keahlian khusus dan peralatan yang diperlukan seperti alat pengambilan nira dan wadah untuk memasak gula aren. Tidak semua masyarakat di daerah tropis memiliki akses atau kemampuan untuk memproduksi gula aren.

Gula Aren Sumber Pendatapan Masyarakat Kecamatan Bungatan

Beruntung bahwa Indonesia adalah salah satu penghasil gula aren terbesar di dunia, dengan banyaknya pohon aren yang tumbuh di daerah-daerah di Indonesia. Produksi gula aren dapat diharapkan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat.

Begitu pun yang terjadi di Dusun Hulu Desa Patemon Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbundo Jawa Timur. Tersebut lah Bapak Lin (kita sebut saja namanya demikian), Bapak yang sekaligus menjadi Guru Ngaji ( Ustad ) di Dusun Hulu tersebut telah mengolah buah getah bening dengan rasa manis yang berasal menjadi bahan konsumsi yang disebut dengan “GULA AREN”.

Usaha yang ditekuni oleh Nenek Moyang dan menjadi usaha turun – temurun ini tidak memerlukan dana yang cukup besar dan gula aren milik Bapak Lin ini banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat Desa Patemon dan sekitarnya.

Gula Aren yang dikelola dan di buat oleh Bapak Lin ini kini menjadi usaha rumah tangga (Home Industry) secara turun – temurun sampai sekarang dan juga usahanya sekarang juga ditekuni oleh masyarakat Dusun Hulu secara umum bahkan Bapak Lin telah memproduksi Gula Buatannya ke daerah Jember dan Besuki – Jawa Timur.

Memerlukan Berbagai Upaya

Dalam mengembangkan potensi gula aren sebagai sumber pendapatan masyarakat, diperlukan upaya-upaya seperti:

  • Peningkatan aksesibilitas dan teknologi: Pemerintah dapat memberikan bantuan teknologi dan aksesibilitas yang memadai bagi masyarakat untuk memproduksi gula aren, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kualitas gula aren yang dihasilkan.
  • Peningkatan pengembangan pasar: Pemerintah dapat memperkuat pasar gula aren melalui promosi dan pemasaran yang efektif, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini dapat membantu meningkatkan permintaan dan harga jual gula aren, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang menghasilkan gula aren.
  • Pemberdayaan masyarakat: Pemerintah dapat memberikan pelatihan dan pendampingan pada masyarakat mengenai cara produksi dan pemasaran gula aren yang baik, sehingga dapat membantu masyarakat meningkatkan keterampilan dan kualitas produk gula aren yang dihasilkan. Selain itu, pemerintah juga dapat membantu masyarakat dalam mengorganisir diri untuk memasarkan produk gula aren secara bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan keuntungan.

Dengan meningkatkan potensi gula aren sebagai sumber pendapatan masyarakat, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Arenga Indonesia, Produsen Gula Aren Cair dan gula semut di Tangerang – Banten, Indonesia. kontak by WA Chats 0819 3241 8190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Menjelajahi surga sup kari di Sapporo, Jepang

    Menjelajahi Surga Sup Kari di Rojiura Curry Samurai Sakura, Sapporo

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter