Manfaat Kacang Mete untuk Kecantikan

Manfaat kacang mete untuk kecantikan, nutrisi dan sejarah

ARENGAINDONESIA.com – Manfaat Kacang Mete untuk Kecantikan dan sejarah dari Afrika, Brasil sampai Indonesia

Gak disangka ya, biji kacang mete yang berasal dari buah jambu monyet dengan nama latin (Latin Anacardium occidentale) ini, selain rasanya enak dan gurih, punya banyak manfaat kesehatan. Para wanita menyukai kacang ini karena dipercaya berdampak positif terhadap kecantikan.Kandungan nutrisinya bisa memperbaiki struktur kulit, rambut, dan kuku kita. Inilah yang membuat para wanita ingin terus mengonsumsinya.

5 Alasan Manfaat Kacang Mete Untuk Kecantikan

1.Membuat Kulit Glowing

Mengapa mete dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit? Karena mete mengandung banyak vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, selenium, dan tembaga. Vitamin E adalah antioksidan yang kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar matahari.

Begitu pun, vitamin E juga membantu menjaga kelembaban kulit dan mempromosikan regenerasi sel kulit yang sehat, membuta kulit tampak lebih glowing. Kandungan tembaga dan selenium dalam kacang mete juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang dapat mengurangi kerutan, kulit jadi licin karena elastisitas kulit terjaga.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat terkadang meninggalkan parut dan noda hitam yang membuat kita tak nyaman. Itu terjadi karena jerawat bisa membuat kulit meradang.

Kacang mete mengandung asam linoleat, yang merupakan asam lemak esensial. Asam linoleat memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Hal ini membuat mengapa kacang mete banyak manfaat untuk kecantikan. Karena makanan ini baik dalam mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya seperti ruam dan iritasi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Polusi dan gaya hidup beresiko besar terhadap kesehatan kulit. Misalnya sering begadang, terpapar matahari terus menerus tanpa perlindungan, makanan kurang sehat, rokok dan alcohol, bisa berakibat buruk terhadap kulit. Salah satunya membuat kulit tua sebelum waktunya.

Kacang mete mengandung antioksidan yang dapat melawan efek buruk radikal bebas pada kulit. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Dengan mengonsumsi kacang mete secara teratur, merubah gaya hidup ke arah lebih sehat, semoga dapat membantu melindungi kulit kita dari kerusakan oksidatif dan menjaga kulit tetap muda dan segar.

4. Menguatkan Rambut dan Kuku

Rambut dan kuku yang sehat dan kuat, membuat pemiliknya terlihat lebih muda. Untuk membantu agar sehat optimal, bisa mengkonsumsi mete secara teratur dengan takaran tak berlebihan

Karena mete mengandung zat besi, tembaga, dan seng yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan zat besi dan tembaga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Begitu pun kandungan asam amino metionin dalam mete bermanfaat untuk produksi keratin, protein yang membentuk rambut dan kuku.

Jadi dengan mengonsumsi kacang mete, bisa membantu memperkuat rambut dan kuku kita secara alami.

5. Mensuplai Nutrisi Agar Selalu Energik dan Awet Muda

Selain 4 manfaat kacang mete di atas, kacang dengan warna putih susu ini juga kaya akan nutrisi lain yang akan membuat kita energik dan muda.

Sebuat saja seperti magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Nah inilah daftar nurtri penting untuk menjaga keseimbangan hormon, meningkatkan energi, dan memperbaiki sistem saraf.

Dengan mete yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, selain kulit Sobat Arenga akan terlihat lebih bercahaya dan semakin sehat, juga bertenaga dan lebih muda.

Jadi, jika Sobat Arenga ingin memiliki tubuh sehat dengan kulit bercahaya, rambut yang kuat, kuku yang cantik, dan energik, tidak ada salahnya untuk menjadikan kacang mete sebagai bagian dari diet. Manfaat kacang mete untuk kecantikan ternyata sangat luar biasa, dan itulah mengapa para wanita ingin terus mengonsumsinya.

Sejarah Kacang Mete di Dunia

Mete yang bermanfaat bagi kecantikan punya sejarah panjang dalam penyebarannya
Mete yang bermanfaat bagi kecantikan punya sejarah panjang dalam penyebarannya

Setelah mengenal manfaat kacang mete untuk kecantikan yuk kita telusuri juga sejarah tanaman jambu monyet ini. Mengenal Sejarah Kacang Mete: Perjalanan Dari Afrika Utara Hingga Brasil

Kacang mete, atau yang juga dikenal dengan nama “cashew nuts” dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu jenis kacang yang populer di seluruh dunia. Selain rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, kacang mete juga memiliki sejarah yang menarik. Berawal dari Afrika Utara dan Brasil, kacang mete telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Asal Mula Tumbuhan Mete

Dari mana asal kacang mete?

Pada awalnya, kacang mete ditemukan di wilayah pesisir Afrika Utara. Tanaman kacang mete tumbuh secara alami di daerah-daerah seperti Mesir, Sudan, dan Ethiopia. Penduduk asli di wilayah tersebut telah mengonsumsi kacang mete selama berabad-abad sebagai sumber makanan dan bahan baku untuk obat tradisional.

Dari Brasil Menyebar ke Seluruh Dunia

Lalu pada abad ke-16, para pedagang Portugis mulai berlayar ke berbagai penjuru dunia untuk mencari rempah-rempah dan bahan-bahan berharga lainnya. Perjalanan itu membawa mereka sampai ke Brasil. Di sana, mereka menemukan pohon kacang mete yang tumbuh subur di wilayah pantai timur. Begitu terkesan dengan cita rasanya yang unik dan teksturnya yang lezat, lalu diputuskan untuk membawa beberapa tanaman kacang mete ke tanah air mereka, Brasil.

Ketika pedagang Portugis kembali ke Eropa, mereka membawa bibit kacang mete dan menanamnya di wilayah-wilayah jajahan seperti di Afrika, khususnya di Nigeria dan Tanzania.

Rupanya kacang mete tumbuh dengan baik di iklim tropis Afrika dan segera menjadi komoditas yang populer di kalangan penduduk setempat. Kacang mete juga menyebar ke wilayah-wilayah jajahan Portugis lainnya, seperti India.

Tanaman Mete di Indonesia

Kacang mete dalam sajian ayam kung pao
Kacang mete dalam sajian Ayam Kung Pao

Sementara di Indonesia sendiri, tanaman jambu mete jadi salah satu komoditas pertanian yang penting. Banyak dibudi dayakan di daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Boleh dibilang Wonogiri adalah pusat pengembangan dan produksi jambu mete tersukses di Indonesia. Tak heran bila para petani di Wonogiri terkenal memiliki pengetahuan dan banyak pengalaman dalam mengelola tanaman jambu mete, mulai dari hulu hingga hilir.

Pengolahan kacang mete di Wonogiri dilakukan dengan mematuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini mencakup penggunaan teknik budi daya yang ramah lingkungan, pengendalian hama dan penyakit yang efektif, serta menerapkan praktik pertanian yang berkelanjutan.

Peran Kacang Mete Dalam Ekonomi Dunia

Jadi, dari Brasil dan selama beberapa abad berikutnya, kacang mete menjadi semakin populer di seluruh dunia. Kacang mete diolah menjadi berbagai bentuk makanan, mulai dari camilan gurih untuk teman minum kopi atau ngeteh hingga bahan baku dalam hidangan masakan. Kelezatan dan keanekaragaman penggunaan kacang mete membuatnya menjadi salah satu kacang terpopuler di dunia.

Pada abad ke-21, produksi kacang mete semakin meningkat dan banyak negara yang terlibat dalam industri ini. Selain Brasil, negara-negara seperti Vietnam, India, Indonesia dan Pantai Gading juga merupakan produsen utama kacang mete. India sendiri, yang terkenal dengan minuman chai masala tea-nya itu, adalah salah satu produsen terbesar dan mengekspor sebagian besar kacang mete yang dikonsumsi di dunia.

Seiring dengan meningkatnya permintaan global, industri kacang mete terus berkembang. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Eropa menjadi pasar utama untuk kacang mete. Permintaan yang tinggi telah mendorong inovasi dalam pengolahan kacang mete, seperti teknik pemrosesan yang lebih efisien dan pengembangan produk.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang-Banten

Share artikel ini

23 Comments

  1. Larasatinesa Juli 13, 2023 at 5:37 pm

    Aku suka banget ngemil kacang mete. Nggak tau kenapa berasanya tau-tau habis aja saking enaknya. Emang banyak banget khasiatnya ya kacang mete, pantesan aja suka dijadikan toping untuk berbagai olahan makanan dan minuman. Cuma emang harganya agak mahal dibanding dengan kacang lainnya.

  2. Ophi Ziadah Juli 14, 2023 at 7:46 am

    aku suka banget kacang mete…tapi krn kulit mukaku oily dan mudah berjerawat aku suka menahan diri makan kacang mete, kirain semua kacang2an bikin nambah banyak jerawat eh ternyata malah manfaatnya mengobati jerawat yaa. waaah klo gt hajar ajaa

  3. Nurul Sufitri Juli 14, 2023 at 1:46 pm

    Wah, ternyata banyak ya manfaat kita mengonsumsi kacang mete ini terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita πŸ™‚ Dari tampilannya si kacang mete ini sendiri sudah cantik ya. Tak heran harganya tinggi sekali. Rasanya enak, khasiatnya banyak. Diracik sebagai bahan masakan juga cocok. Di Wonogiri sumber terbesar budidaya kacang mete, ga hanya bakso yang terkenal di sana hehehe.

  4. Bibi Titi Teliti Juli 14, 2023 at 7:13 pm

    Wah ternyata kacang mete banyak juga manfaatnya yah, terutama buat kaum wanita. Harus mulai rajin mengkonsumsi nih, biasanya aku suka makan kacang mete yang ada di coklat sih, enaaak hehe

  5. Mutia Karamoy Juli 15, 2023 at 5:11 am

    Jadi pingin ngemil Kacang Mete, meskipun banyak orang menggunakan kacang mete sebagai bahan masakan atau membuat kue tapi kalau aku lebih suka ngemil kacang metenya langsung. Harganya lumayan mahal ya tapi sebanding dengan banyaknya manfaat kacang mete bagi kesehatan.

  6. Dian Juli 15, 2023 at 8:39 am

    Wah aku suka banget ngemil kacang mente
    Ternyata juga punya banyak manfaat bagi kecantikan ya mbak
    Dan nggak hanya untuk camilan, tapi juga bisa memjadi bahan masakan

  7. Suciarti Wahyuningtyas Juli 15, 2023 at 10:20 am

    Aduh kacang mete ini favorit banget untukku, aku bisa gak berhenti ngunyah karena makan ini. Jadi ada tempat langgananku beli kacang mete, karena dia dioven dan enak banget. Kadang aku kalau beli suka 2-3 kg dan ku bagi dalam beberapa wadah di rumah biar gak langsung habis dalam sekejap, heheheee

  8. Eri Udiyawati Juli 15, 2023 at 10:50 am

    Kacang Mete ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi di tempat saya udah susah nyarinya. Padahal, dulu pas kecil di kebun kakek ada pohon jambu mete.

    Ingat banget, dulu saya sering rebutan kalau ada jambu mete yang udah matang.

    • Gusti yeni Juli 15, 2023 at 9:44 pm

      Pohon jambu metee dulu jaman kecil.rumah simbah adaa ..sekarang kok sudah jarang yaa di kota2 tapi ketika di Lombok banyak aku jumpai jambu mete…

  9. Yati Rachmat Juli 15, 2023 at 11:27 am

    BarΓΉ tau begitu banyk manfaat kacabg mete ya. Infonya pun rinut banget. Trus tetang bunda tuh makan n ngemil kacang mete itu cuma setahun sekali kl Lebaran. Doyannya bunda luar biasa. Tp karena makannya cuma setahun sekali ya teuteup aja rambut bunda rontok dan kulit bunda hayu wae atuh banyak flek hitamnya.
    .

  10. Jiah Al Jafara Juli 15, 2023 at 6:41 pm

    Ternyata Mete banyak juga manfaatnya. Aku tahunya enak, tapi jarang makan soalnya kan mahal. Kemarin sih baru aja beli Jambu Mete terus disambel. Enak banget sih apalagi pakai Metenya juga. Gurih segar gitu jadinya

  11. Dennnise Sihombing Juli 15, 2023 at 7:37 pm

    Baru dengar nih kacang mete bisa untuk mengatasi jerawat. Oh ya? bagaimana caranya mom? dimakan/ diparut. Entah mitos / fakta ya katanya makan kacang bisa menimbulkan jerawat. Bagaimana dengan jenis kacang mede ya? aku penyuka kacang mede banget soalnya.

  12. Dian Restu Juli 15, 2023 at 7:48 pm

    Favoritku ini Ayam Kung Pao, ada metenya soalnya, enak…Ternyata banyak manfaatnya, bagi yang menolak tua mete bisa bikin awet muda, mencegah penuaan dini dan bikin glowing kulit kita…wah, mau ah!

  13. Milda Ini Juli 15, 2023 at 8:03 pm

    Masya Allah banyak manfaatnya yah buat kecantikan, mana emang enak dan kalo dari segi harga juga lumayan. Aku tuh sering dibeliin ponakan yang di arab. Entah beda aja dan enak

  14. Afifah Haq Juli 15, 2023 at 10:05 pm

    Pantesan temen kerja suami pernah ngasih kacang mete banyak bgt, ternyata memang penghasil kacang mete ada di Wonogiri. Banyak jg manfaat kacang mete ya, kecil2 tapi kandungan nya banyak bgt

  15. Naqiyyah Syam Juli 15, 2023 at 10:08 pm

    Jadi ingat ibuku dulu suka banget kacang mete, kalau beli bisa banyak, kini emang terasa mahal ya, aku udah enggak bisa banyak makan kacang lagi hiks ada asam uratnya

  16. lendyagassi Juli 15, 2023 at 11:13 pm

    Paling gak bisa berenti kalo makan Kacang Mete. Rasanya enak banget dan dipadukan dengan temen minum yang pas, wah.. makin seruu.. obrolan sore hari yang ringan bersama teh dan Kacang Mete. MashaAllah~
    Penuh rasa syukur.

  17. Nunung Juli 16, 2023 at 3:19 pm

    Mbaaak ….aku suka makan kacang mete. Tapi baru tau kalau kacang mete bisa membuat wajah glowing dan bisa untuk anti aging. Banyak banget ya ternyata manfaatnya. Rasanya enak sih, kami suka. Tapi harganya emang lumayan dibanding kacang biasa

  18. indah SAVITRI Juli 17, 2023 at 7:34 am

    manfaatnya banyak juga yaaa. Aku suka makan kacang mete karena memang enak rasanya dan gurih. Ternyata manfaat untuk kecantikannya pun ada nih

  19. Diah Kusumastuti Juli 20, 2023 at 1:34 am

    Wah banyak juga ya manfaat kacang mete untuk kecantikan kulit. Aku suka banget kacang mete, karena emang seenak ituuu.. hehe.
    Tapi kalau buat kulit aku belum mencobanya. Mungkin kapan-kapan aku coba, deh. Makasih sharingnya ya, Mbak πŸ™‚

  20. Hikmah Khaerunnisa Juli 20, 2023 at 9:27 am

    Wah ternyata banyak ya manfaat untuk kecantikan. Pas banget satu keluarga suka kacang mete ini. Tapi memang gak sering2 juga sih stok nya. Setuju banget cocok jadi teman minum kopi di mix lewat coklat atau roti..

  21. Rina Susanti Juli 20, 2023 at 1:23 pm

    Suka banget sama kacang mede, biasanya maksain belu kalau lebaran aja hehehe soalnya agak mahal heuheu tapi sebanding ya dengan manfaatnya

  22. echaimutenan Juli 20, 2023 at 6:06 pm

    Aku baru tahu kacang mete buat kecantikan kirain buat makanan biasa saja dengan bahan utama kacang ternyata bisa bikin wajah mulus. kan mitosnya kalau kacang malah bisa bikin muka jerawtaan malah ini bisa membersihkan dan mencerahkan ya

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Daun pandan wangi dalam tradisi kuliner asean

    Daun Pandan Wangi dalam Tradisi Kuliner Asean

  • Manfaat kulit manggis sebagai pengawet nira

    Manfaat Kulit Manggis sebagai Pengawet Nira Aren

  • Kopi susu gula aren tubruk dari Top Coffee

    Kopi Susu Gula Aren Tubruk: Sensasi Nikmat Kafein Dari Top Coffee

  • Resep bikin bakwan jagung renyah mudah dan sederhana

    Bikin Bakwan Jagung Renyah Tanpa Repot

  • Arenga nechtar syrup yang dikenal juga sebagai Arenga liquid palm sugar

    Arenga Nectar Syrup: Manis Sehat Dari Gula Aren Cair Alami

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat