Sayur Bening Waluh Khas Banjar

Sayur bening waluh khas Banjar
Sayur bening waluh khas Banjar

Sayur bening waluh khas Banjar

Sayur bening waluh khas Banjar ini saya temui di sebuah rumah makan. Dalam sebuah perjalanan menuju Kabupaten Tanah Laut – Kalimantan Selatan. Berisi potongan labu (waluh) kuning, bayam, dan jagung pulut. Rasanya yang sederhana cocok untuk menemani menu berbumbu berat seperti ikan bakar habang (merah) dan balado ikan.

Saat itu adalah perjalanan pertama saya di Kalimantan Selatan. Jadi banyak bertemu hal-hal baru di luar rutinitas tempat tinggal di Serpong.  Di rumah mana pernah kepikiran memasukan potongan-potongan labu parang ke dalam sayur bening. Namun ibu-ibu di Banjar terbiasa melakukannya.

Baca juga :

Mungkin ini lah daya tariknya. Mengapa kita suka melangkah lebih jauh dari pintu rumah. Menjauh dari dari keterbiasaan, mendekati sesuatu yang belum di kenal. Otak kita seperti Google, suka hal-hal baru.

Saya bisa menemukan dan membuat sayur bening di rumah. Tapi di Banjar, sayur bening waluh adalah penemuan baru.

Minta Resep Sayur Bening Waluh Khas Banjar ke Dapur

Masyarakat Banjar melengkapi etiket sosial mereka dengan keramahan murni. Senang bersahabat dan menerima orang pendatang dengan rasa ingin tahu.

Saya diizinkan masuk ke dapur mereka dan bertanya mengenai bumbu racikan sayur bening waluh ini. Ternyata tidak sulit, sesederhana rasanya.

Bahan-Bahan:

  • Waluh atau labu kuning
  • Bayam (dibetik dengan daun tangkainya)
  • Jagung pulut muda (putren)
  • Bawang Merah (iris)
  • Cabe Merah (iris)
  • Sedikit palm sugar

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dalam panci
  2. Masukan cabe, bawang merah dan labu kuning. Tunggu sebentar
  3. Masukan putren, bayam dan maniskan sedikit dengan palm sugar
Waluh labu parang labu kuning

Waluh atau Labu Parang untuk sayur bening khas Banjar

Begitu lah sederhana sekali membuatnya. Hanya dengan bumbu irisan bawang merah, cabe merah  dan sedikit gula  untuk penyedap,  saya sampai minta tambah satu mangkuk lagi. Karena kuah bening itu menampuang seluruh rasa dari buah waluh segar. Kebetulan juga labu kuning banyak  tumbuh di Kalimantan Selatan.

Sementara jagung pulut jadi penyeimbang bagi daging labu yang dan daun bayam yang lembut.

Sayur bening khas Banjar jadi hidangan sehari-hari warga Banjamasin dan sekitarnya. Semacam fast vegetable, tidak bertele-tele dan mudah dibuat.

Menurut teman saya, begitu akrabnya orang Banjar dengan produk hortikultura satu ini sehingga masyarakat Banjar  melahirkan ungkapan Waluh Terus. Dalam sehari-hari setingkat dengan 4L (lu lagi lu lagi) 🙂

Begitu pun buah labu dijadikan  simbol terhadap sikap dan sifat seseorang. Sayangnya dalam konotasi negatif. Seperti : “Ikam ni sakalinya waluh jua”, artinya “Kamu itu tak tahunya labu juga”.

Maksudnya adalah  “Kamu itu ternyata pembohong”.

Follow Instagram Arenga Indonesia

Share artikel ini

23 Comments

  1. Latifika Oktober 14, 2021 at 4:11 pm - Reply

    Hahaha, iya Mba. Orang Banjar itu kalo kalimat umpatan ada kata “waluh” nya, cuma biasanya buat umpatan lucu-lucuan, maksudnya umpatan kekesalan tapi gak sampai yang marah banget.

    • Arenga Indonesia Oktober 14, 2021 at 4:17 pm - Reply

      Mungkin karena di sekeliling banyak banget tanaman waluh ya Mbak. Akhirnya masuk jadi bahan lelucon sosial 🙂

  2. Ucig Oktober 14, 2021 at 9:25 pm - Reply

    Waluh ini pas diliat2 mirip ubi ya mba. Bapak aku suka sayur beningan gini. Klo udah ngomongin sayur bening, bapak juaranya. Makan kudu ada sayur bening, klo nggaaaak bliau cranky heheuu.
    Lucu bgt 4L itu 🤣🤣
    Klo menunya sama, anak2 suka protes.. itu lagi itu lagiiii
    Btw asyik ya bisa masuk ke dapurnyaaa^^

    • Arenga Indonesia Oktober 15, 2021 at 1:43 pm - Reply

      Iya Mbak. Dikasih masuk dapur pas makan di suatu rumah makan itu, jadi nambah ilmu makannya wkwkwkwk..

  3. Lina Sophy Oktober 15, 2021 at 7:33 am - Reply

    Baru tahu bahwa labu jadi simbol sifat seseorang nih mbak… Terimakasih nih buat resepnya, kadang punya waluh kuning di rumah bingung juga mau dimasak apa

    • Arenga Indonesia Oktober 15, 2021 at 1:42 pm - Reply

      Seringnya, waluh selama ini dikenalnya cuma dikolak ya Mbak. Padahal bisa juga jadi campuran sayur bening 🙂

  4. Nining Oktober 15, 2021 at 9:49 am - Reply

    Karena keluarga Mama orang Banjar, jadi di rumah paling sering nih bikin bayam pakai labu (waluh), selain seger…sehat juga si waluh ini

    • Arenga Indonesia Oktober 15, 2021 at 1:41 pm - Reply

      Iya dari penampakan saja sudah kelihatan banget kalau sayur waluh bayam ini sehat, Mbak 🙂

  5. Damar Aisyah Oktober 16, 2021 at 6:10 am - Reply

    Jadi pengetahuan baru buatku. Selama ini masak waluh cuma dikukus, dikolak, dicampurkan adonan donat, atau dimasukkan bubur Manado. Padahal sayuran yang satu ini termasuk favorit keluarga kami,loh. Nah, kalau sayur bening anak-anak (jaman masih MPASI), saya sering campurkan waluh. Karena diblender kan, jadi saya masak jadi satu. Dulu suka ngicipin bubur MPASI-nya juga, dan waluh ini fungsinya untuk menambah rasa manis pada MPASI anak-anak. Cuma saya gak pernah ngicipi yang masih bentuk sayur bening gitu. Ternyata memang ada ya resep begini. Next time perlu dicoba nih. Sekalian ngasih tahu ke anak-anak salah satu menu masa bayi mereka.

  6. Diah Kusumastuti Oktober 16, 2021 at 7:37 am - Reply

    Wah aku baru tahu Mbak kalau labu kuning bisa disayur bening. Besok-besok insyaa Allah mau coba, ah.
    Btw menarik tulisannya, Mbak. Jadi tahu soal salah satu ungkapan atau simbol di Banjar, juga keramahtamahan mereka.
    Nice sharing 😊

  7. Mporatne Oktober 16, 2021 at 11:11 am - Reply

    Oh labu kuning. Kalau di jakarta jarang ada labu kuning kecuali puasa. Pasti seru nih makan sayur bening waluh

  8. Nanik Nara Oktober 16, 2021 at 11:50 am - Reply

    Wah saya baru tahu nih buah waluh di sayur, sayur bening pula.
    Kalau punya waluh biasanya di masak kolak saja.
    Sepertinya lain kali mesti dicoba nih resepnya

  9. Lidya Oktober 16, 2021 at 6:12 pm - Reply

    Wah ada rekomendasi resep memasak labu kuning nih dari mbak Evi. Suamiku suka beli labu kuning tapi aku suka bingung mau dimasak apa. Sayur bening khas Banjar belum pernah nyobain, harus cobain resepnya dulu deh

  10. Dian Oktober 16, 2021 at 9:19 pm - Reply

    Hampir sama dengan sayur bening yang ada di Jawa
    Bedanya klo aq buat nggak pakai wortel
    Cuma bayam, jagung dan waluh

  11. lendyagassi Oktober 16, 2021 at 10:27 pm - Reply

    Aah…enak sekali sayur waluh ini..
    Dan iyaya, sebenernya bikin sayur itu murah dan baik untuk kesehatan. Melihat cara memasaknya, bisa menjadi inspirasi buat masak menu besok.
    Berburu bahan di mamang sayur.

  12. Eni Martini Oktober 17, 2021 at 7:15 pm - Reply

    Aku baru tahu kalau waluh bisa buat sayur bening, soalnya setahu aku waluh itu buat kolak ya sama sop waluh. Jadi penasaran mau coba deh, makasih resepnya mak

  13. Nia Oktober 17, 2021 at 7:52 pm - Reply

    Asik dapat resep baru, sayur bening waluh khas Banjar. Bumbu-bumbunya juga simple ya. Makasih ya 😀

  14. Aprillia Oktober 17, 2021 at 9:39 pm - Reply

    Saya juga suka makan sayur bening begini rasanya dilidah manjah, adem dan seger semangats ehat ya kak

  15. Uniek Kaswarganti Oktober 18, 2021 at 6:40 am - Reply

    Waahh… boleh juga nih dicobain. Ya kayak sayur bening bayam biasa gitu ya mba, hanya ditambahkan waluh aja. Kalau di tempatku ditambah temu kunci agar keluar rasa khas sayur beningnya.

  16. lendyagassi Oktober 18, 2021 at 12:03 pm - Reply

    Ya, kata orang dulu “Banyak jalan, banyak yang dilihat.”
    Maka untuk memperkaya diri dan memperluas wawasan, bisa dengan travelling dan mencoba banyak hal baru yaa, kak.
    Seperti ini, jadi ide memasak menu Sayur Bening Waluh Khas Banjar.

  17. Dedew Oktober 19, 2021 at 4:56 am - Reply

    Orang Kalimantan senangnya waluh ya ubik banget sayurnya dipadukan bayam, labu dan jagung..

  18. Ria Kurniasih November 1, 2021 at 6:56 am - Reply

    Aku belum pernah masak bening waluh , wah sepertinya boleh banget nih di tanbahanin pas bening bayam. Biasanya aku cuma bening bayam + jagung pipil aja

  19. Si Klimis November 15, 2021 at 6:06 am - Reply

    Belum pernah nyobain sih kalo waluh dibuat sup, soalnya biasanya kalo di daerah ku waluh tuh sering dibuat kolak, dan aku suka banget sih kolak waluh.

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait