Tak Kenal maka tak sayang gul aren

Tak kenal maka tak sayang – Gula merah

Tak Kenal Maka Tak Sayang – Peribahasa ini sangat mengena tatkala berbincang dengan salah seorang calon pelanggan. Sebut saja namanya Pak Thomas. Beliau mencari gula merah tapi kurang yakin apakah gula merah terbuat dari nira aren, kelapa, lontar atau tebu. Kami menyebutkan bahwa Arenga adalah gula aren. “Terus apa beda gula aren dan gula kelapa?” Tanya beliau lebih lanjut.

Memang begitu lah. Sekalipun Indonesia bisa dinobatkan sebagai penghasil gula aren nomor satu di dunia, tak semua daerah ditumbuhi pohon enau. Sebab syarat tumbuh pohon ini tergantung kondisi agro ekosistem suatu daerah. Hal ini terlihat dari cerita  salah seorang Sahabat Arenga, sebut saja Mas – Tony. Menurutnya selama 18 menetap di Yogyakarta belum pernah berjumpa pohon aren. Sementara  di kampungnya sendiri,  di Desa Jatisari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, hampir tiap rumah punya pohon aren.

Menyoal  Kekuatiran Terhadap Gula Aren

Ada sedikit kekuatiran masalah ini, seperti juga jadi kekuatiran Mas-Tony. Adalah realiata bahwa  pohon enau (arenga pinnata) sudah ribuan tahun dikenal sebagai penghasil gula aren. Pohon palem yang menghasilakn  pemanis sehat. Namun tidak semua orang mengenalnya. Terutama untuk kebutuhan pemanis harian. Alasan utamanya pemanis sehari-hari sudah terbiasa dengan gula pasir atau gula putih.

Baca juga: 

Tak Kenal Maka Tak Sayang – Kenali Berbagai Sebutan  Gula Merah

Foto gula gula merah cetak atau gula batol

Gula merah cetak atau gula batok

Sekalipun gula aren bisa digunakan sebagai pemanis harian, Yogyakarta menghasilkan jenis gula merah  lain. Orang luar menyebutnya coconut sugar, gula kelapa, terkenal  dengan sebutan  gula jawa. Pohon kelapa memang tumbuh subur di daerah Kulonprogo Pesisir.

Awalnya Mas-Tony sepemikiran dengan Pak Thomas, semua gula merah itu sama. Tidak ada perbedaan terbuat dari nira  aren atau kelapa. Lewat bacaan di internet akhirnya Mas Tony  tahu mengapa gula merah bisa dibedakan jadi  gula Aren atau Gula Jawa.

Jelasnya, Gula Jawa untuk menyebut Gula Merah dari Nira Kelapa. Gula Aren untuk Gula Merah dari Nira Aren.

Untuk  Gula Jawa atau Gula Aren yang di kristalkan disebut dengan Gula Semut. Penyebutan gula palem juga lumrah. Melatari sebutan dalam bahasa Inggris, Palm Sugar.

Istilah gula merah juga mengacu pada gula cetak yang terbuat dari nira tebu.

Arenga Gula Aren Organik Pemanis Sehat – Tak Kenal Maka Tak Sayang

Tak kenal maka tak sayang. Penggaliannya terhadap manfaat gula aren membawa Mas-Tony pada kenangan bahwa ia menyukai singkong dengan pemanis legit ini. “ Jadinya seperti gethuk telo. Cuma kalo gethuk langsung dicampur antara gula jawa dan godhokan telonya lha ini campurnya dimulut hehe.. uuennaak lho, belum pernah nyoba tho,  wehhh mantaf” Ujarnya.

Menurut Mas-Tony lagi mengkonsumsi pemanis dari pohon kolang-kaling ini lebih sehat dibanding gula tebu atau gula putih. Penyebabnya selain proses pembuatan yang tak melibatkan unsur kimia sintetis, nutrisi yang terkandung dalam gula aren relatif masih lengkap. Apa lagi  Arenga organic palm sugar, tak sekadar manis, legitnya menghindarkan racun yang akan membuat tubuh jadi pecandu rasa manis.

Dalam artikel singkatnya Mas-Tony menuliskan beberapa manfaat gula aren si pemanis sehat seperti ini:

  • Jadi pilihan bagi penderita diabetes karena angka glycemic index jauh di bawah gula pasir.
  • Tidak meningkatkan berat badan karena memiliki kandungan lemak tak jenuhnya.
  • Pada tiap 100gram gula merah terdapat kandungan gizi 90 mg kalsium, karoten, laktoflavin dan zat besi.
  • Ditambal lagi kandungan nutrisi nicotinic acid, niacin, asam folat, vitamin B12, riboflavin, ascorbatic acid, thiamine, vitamin C, vitamin E, vitamin A, protein, dan garam mineral.
  • Tak terdapat kandungan kolesterol.
  • Menunda penuaan dini.
  • Menurunkan panas pada pankreas, menyembuhkan gejala asma, tekanan darah rendah, menyembuhkan anemia,menguatkan jantung, typhus, batuk, deman, pertumbuhan anak, dan menguatkan gigi.

Jadi kawan-kawan kenali produk yang akan dibeli sebelum mengambil manfaatnya. Ada yang mau mengganti pemanis sehari-harinya dengan palm sugar organik?

Untuk pembelian bisa klik di Tokopedia