Cara membuat teh mawar

Teh Mawar beraroma harum dan banyak manfaat

Cara Membuat Teh Mawar  – Bunga ini sudah berabad digunakan  sebagai lambang kasih sayang. Digunakan dalam kosmetik dan parfum. Dalam pengobatan ayuverda, sudah ribuan tahun mawar jadi media ideal dalam  mengungkapkan cinta dan pengampunan. Mawar  dapat menenangkan hati dan emosi,  menyeimbangkan pikiran.

Tapi bagaimana dengan teh mawar? Di Indonesia, sepertinya, kita jarang menikmati teh mawar. Namun Di negara barat dan Timur Tengah, teh  bunga mawar lazim  digunakan. Terutama digunakan mengatasi masalah pencernaan, dada nyeri, dan sakit perut.  Teh mawar dapat juga meringankan kram menstruasi.

Teruskan membaca. Di bawah ada cara membuat teh mawar.

Bunga Mawar di Kebun

Kuncup Mawar paling idel untuk membuat teh

Bunga mawar di kebun

Saya punya beberapa rumpun tanaman mawar di halaman. Rajin berbunga. Kelopaknya segar dan tebal. Ketika saatnya gugur, merasa sayang tiap kali kelopak cantik itu terbuang percuama.
Maka  mencari informasi untuk pemanfaatannya. Ternyata selain digunakan langsung seperti menggosokan pada kulit yang berefek menghaluskan,  kelopak mawar bisa digunakan untuk membuat teh herbal atau teh kesehatan.
Hebatnya lagi teh mawar dipercaya mampu membersihkan racun dan rasa panas dari tubuh. Iya mawar memiliki efek pendinginan pada tubuh. Coba saja habis panas-panasan terus menggosokan kelopak mawar segar ke wajah, rasanya sungguh nikmat.
Jadi deh tambah semangat mengumpulkan dan mengeringkan helai demi helai kelopak mawar dari kebun halaman (pot tepatnya :))

 Berikut beberapa manfaat teh mawar bagi perawatan kesehatan :

  • Kram Menstrusi.

Perempuan yang acap mengalami kram  menstruasi bisa memanfaatkan teh mawar dalam meringankan penderitaan. Terbaca dalam studi tahun 2005 yang diterbitkan oleh Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Wanita. Di Taiwan  remaja yang meminum teh mawar selama periode 6 bulan,  mengalami pengurangan gejala kram saat menstruasi.
Ini  terkait bahwa teh mawar  membantu meringankan stres psikologis. Maka ilmuwan menarik kesimpulan bahwa minum teh mawar bisa memberikan kelegaan pada saat nyeri haid tanpa efek samping yang merugikan.
  • Kaya Vitamin C

Kelopak bunga mawar kaya  vitamin C alami. Sebuah studi dalam journal Kedokteran di Iran  menyebutkan, vitamin C dan antioksidan alami dapat memblokir beberapa kerusakan yang dihasilkan karena paparan racun dan radikal bebas. Kerusakan yang bisa menyebabkan penuaan dini.
Vitamin C dalam teh mawar menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi kolagen yaitu protein penting dalam kesehatan kulit dan rambut.
  • Kaya Folifenol

Kelopak mawar kaya polifenol dan mudah larut dalam air. Studi lain menyebutkan bahwa protein polifenol serta berbagai antioksidan termasuk asam ellagic membantu mencegah penyakit kardiovaskular,  osteoporosis,  dan bahkan kanker. Tapi tetap diperlukan penelitian bahwa polifenol dalam kelopak mawar bermanfaat menjaga kesehatan secara umum.
  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Secangkir teh mawar hangat adalah obat bagi sakit tenggorokan. Meredakan gejala flu dan masuk angin. Jika suka tambahkan satu sendok teh  palm sugar organik kedalam  secangkir teh mawar untuk meningkatkan potensi penyembuhan.

Alam Indonesia yang subur menyediakan  banyak sumber penyembuhan penyakit dan perawatan kesehatan. Yang kita butuhkan hanya kemauan untuk mempelajari dan mengenal mereka lebih dekat. Dari kelopak mawar saja begitu banyak manfaat yang bisa di gunakan.

  • Tertarik untuk mencoba membuat teh mawar? Berikut resepnya :

Cara Membuat Teh Mawar

  • Teh mawar bisa dibuat dari kelopak yang masih segar atau yang  telah dikeringkan. Untuk kelopak kering gunakan 1-2 sendok teh kelopak mawar untuk satu cangkir air yang telah dipanaskan sampai mendidih. Biarkan teh mawar terendam dalam cangkir selama  2-3 menit.
  • Sementara untuk teh kelopak mawar segar gunakan dua cangkir kelopaknya. Buang bagian putih di dasar kelopak yang memiliki rasa pahit lalu masukkan ke dalam 3 gelas air. Panaskan air dan kelopak sampai mendidih selama 5 menit. Kemudian saring.
  • Jika suka bisa tambahkan  teh mawar ini dengan sedikit palm sugar atau madu. Diminum seperti teh biasa. Pastikan kelopak mawar yang digunakan terbebas dari pestisida. Hanya gunakan mawar yang dibesarkan secara organik. Aau tumbuh di halaman seperti saya.

Cara Merawat Tanaman Mawar

Agar terus menghasilkan bunga, tanaman mawar membutuhkan perharian khusus.
Selain bunga mawar yang selalu bermekaran di halaman  menambah keceriaan. Ditambah lagi aromanya yang semerbak saat diterbangkan angin menenangkan perasaan. Jadi agar kelopak kembang mekar dengan baik, ditambah lagi agar bisa dimanfaatkan membuat teh jadi penting. Kabar baiknya adalah tidak begitu sulit merawat bunga ini. Degan jumlah air yang tepat ditambah sinar matahari cukup, ditambah sedikit perawatan, mawar akan terus berkembang. Sebelum rontok ke tanah manfaatkan kelopaknya untuk menunjang perawatan kesehatan keluarga kita.
  • Mawar tidak perlu disiram setiap hari tapi cukup dua kali seminggu. Arahkan selang air secara lembut ke arah akarnya. Jangan terlalu becek.
  • Kelopak bunga mawar akan Mekar lebih lebar jika diberi pupuk. Karena kelopaknya akan kita konsumsi pastikan bahwa pupuk tersebut adalah pupuk organik. Jangan sesekali menyemprot bunga mawar dengan pestisida.
  • Ketika kelopak sudah rontok atau dimanfaatkan untuk membuat teh sebaiknya tangkai kelopak sisa digunting. Selain tanaman terlihat lebih rapi bekas guntingan tangkai bunga ini akan memunculkan tunas baru. Dari sana nanti akan muncul putik-putik mawar baru.
Selamat mencoba membuat teh mawar ya teman-teman.