9 Olahan Kentang Dalam Gastronomi Internasional

Categories: Info|24 Comments|
9 olahan Kentang dalam gastronomi internasional - Pommes Anna

9 olahan kentang dalam gastronomi internasional: Di Perancis kentang mendapat status upaboga yang cukup penting. kentang diolah dengan beragam gaya dan disajikan secara mewah maupun sederhana.

Orang Perancis sudah mengolah kentang dalam berbagai hidangan, telah dibakukan dan mendunia. Kita tinggal menyebut salah satu nama olahan kentang  baku tersebut pada seorang juru masak profesional. Di mana pun mereka berada, Perancis atau Indonesia, kita akan mendapatkan hidangan sedap menurut kriteria yang telah ditentukan.

Begitu pentingnya kentang dalam khasanah kuliner internasional. Berikut jenis olahan kentang yang terkenal :

Baca di sini tentang : Beda Gula Aren dan Gula Semut

1. Pommes Anna:

Pommes Anna adalah hidangan kentang minimalis. Kentang dikupas, diiris tipis, diberi mentega.  Bumbunya juga sederhana hanya diberi garam dan merica. Irisan kentang disusun berlapis-lapis, dilumuri mentega, dimasak di atas kompor, lalu dipanggang dalam oven.

Hidangan ini ditemukan oleh seorang koki bernama Adolf Dugléré pada abad ke-19, yang menamakannya berdasarkan nama aktris Perancis terkenal kala itu yaitu  Anna Deslions atau Anna Judic. 

2. Pommes Lyonnaise:

Foto hidangan kentang Pommes Lyonnaise

Foto hidangan kentang Pommes Lyonnaise

Kentang gaya kota sutera Lyon di Perancis Selatan adalah kentang yang ditumis dengan mentega, diberi irisan bawang bombay dan paterseli. Lyonnaise berarti “dari Lyon”, atau “gaya Lyon”, setelah kota Lyon di Prancis . Variasi yang lebih baru telah berkembang selama bertahun-tahun menggunakan teknik seperti karamelisasi untuk meningkatkan pencoklatan dan rasa.

Mengganti mentega dengan minyak sayur, Pommes Lyonnaise bisa jadi hidangan vegetarian.

3. Pommes Soufflees:

Orang Perancis menyebutnya Kentang Kembung. Hidangan dari kentang yang dicampur dengan telur, susu, bumbu-bumbu khas kemudian dipanggang hingga mengembung.

Sepertinya cukup sulit juga membuatnya. Karena butuh  dua penggorengan, satu pada 180 ° dan yang lainnya pada 190 °. Irisan kentang harus sangat rata dan dengan ketebalan yang sama. Kelembaban yang terkandung dalam kentang yang, di bawah pengaruh panas, berubah menjadi uap yang akan meniup irisan kentang jadi mengembung seperti buah apel. 

4. Vychyssoise:

Sup kentang dingin dari Amerika yang juga berasal dari Prancis. Resep sup yang terbuat dari daun bawang dan kentang yang dihaluskan. Muncul di Perancis pertama kali pada abad ke-19.

Dalam buku masak abad ke-19, dan masih digunakan sampai sekarang, mereka disebut  “Potage Parmentier  “ atau “Potage la Parmentier  Dipopulerkan oleh  Antoine-Augustin Parmentier , ahli gizi dan sarjana Prancis. Dia juga mempopulerkan penggunaan kentang dalam masakan Prancis.

5. Croquettes de Pommes:

Croquettes de Pommes - kroket kentang

Croquettes de Pommes – kroket kentang

Kroket kentang yang juga telah berakar di Indonesia. Enak dan mudah membuatnya. Terbuat dari kentang yang dilembutkan dengan direbus. Biasanya dikasih isi  ayam, wortel, parutan keju telur dan beberapa bumbu yang kemudian digulung dalam tepung roti dan digoreng.

6. Rosti – 9 Olahan Kentang Dalam Gastronomi Internasional :

Berasal dari Swiss, sejenis dadar dari serutan kentang. Rostis (atau dieja rösti ), biasanya digoreng dalam wajan  sedang kemudian dipotong (seperti telur dadar) untuk disajikan sebagai lauk untuk makan.

7. Kartoffelsalat:

selada kentang khas Jerman. Sering juga disebut Schwäbischer Kartoffelsalat.  Salad Kentang sederhana yang berasal dari wilayah Swabia di Jerman yang disajikan dengan  irisan kentang, bawang cincang, kaldu panas, minyak, cuka, dan peterseli segar

8. Stamppot:

Kentang Lumat. Biasanya jadi hidangan khas musim dingin yang hanya ditemukan di Belanda.

Stamppot adalah kombinasi kentang tumbuk dengan satu atau beberapa sayuran (dan terkadang buah-buahan). Pasangan sayuran ini secara tradisional termasuk asinan kubis, endives, kangkung, bayam, dan lobak hijau. Kadang dipasangkan dengan sosis tradisional Belanda yang besar itu.

9. Pommes Frites atau French Fries:

Nah kalau ini pasti semua tahu. Kentang goreng pendamping  ayam goreng Amerika yang lagi ngetren di Indonesia. Sebenarnya, khusus Indonesia, kentang ini pengganti nasi. Dinikmati dengan dicocolkan pada sambal botolan.

Follow Arenga Indonesia di IG

Share artikel ini

24 Comments

  1. Dian Restu Agustina November 18, 2021 at 2:03 pm

    Stammpot itu mashed potato ya?
    Beberapa saya sudah pernah nikmati, juga bikin sendiri seperti kroket. Kalau olahan kentang memang bisa jadi pengganti nasi, anak-anak saya (terutama si sulung) karena dulu pernah tinggal di Amerika, jadi terbiasa ga harus nasi. Kentang pun ayo aja..
    Wah, enak-enak ini olahan kentangnya dah baru tahu nama kerennya di dunia gastronomi internasional

  2. Nurul Sufitri November 18, 2021 at 3:21 pm

    Wow, oalahan kentang ala luar negeri nih. Nama2nya terlihat asing hehehe. Dari tampilannya aja udah enak, kepengen nyoba hehehe. Ditambah gula aren Arenga, pasti rasanya makin nikmat. Croquettes de Pommes ini birebus, bagus ya jadi meminimalisasi kolesterol. Penasaran juga sama Kentang gaya kota sutera Lyon di Perancis Selatan nih, kelihatannya cantik sekali, sayang mau makannya hahaha 😀

  3. Ana Ike November 18, 2021 at 6:48 pm

    Cuma familiar sama French Fries, haha. Keren yaaa variasi masakan berbahan dasar kentang.
    Kalau di sini tahunya cuma kentang goreng, kripik kentang, mustafa, kentang balado, perkedel. Gitu-gitu…
    Penasaran sama yang menu pommes apalah itu. Kayaknya ide bagus bikin masakan ala pie tapi pakai kentang. Lebih sehat dibanding terigu kan

    • @hm_zwan November 20, 2021 at 5:36 am

      Selain french fried belum pernah nyobain ahahaha. Kentang emang bisa diolah jadi apa aja ya mbak. Enak enak rasanya, paling sering kentang goreng, kroket lumayan jarang sekarang

  4. Dian November 18, 2021 at 7:08 pm

    wahh banyak ya olahan kentang
    namanya susah susah mbak, hehe
    aku kebanyakan sih makannya kentang goreng, kukus, kroket atau bola bola kentang aja sih biasanya

  5. diane November 19, 2021 at 7:41 am

    Langsung kebayang lembutnya kalo pake bahan kentang gini..Sukak banget sama aneka olahan dari kentang..mulai dari yang paling simpel bikin mashed potato..atau kentang goreng ala resto cepat saji..hehehe

    • Rahmi November 22, 2021 at 3:44 am

      Waah jenis-jenis olahan kentang ini bisa jadi ide menu di rumah. Selama ini yg bisa kubikin hanya kentang goreng, kentang rebus, sama perkedel hahaa. Kalo olahan kentang lain kaya kroket dll lebih milih beli 😆😆

  6. Lisdha www.daily-wife.com November 19, 2021 at 1:40 pm

    Jadi pengen makan kentang nih, Mbak Evi hehehe
    Kroket kentang dan kentang goreng sudah umum di sini lah ya, meski tata cara pembuatan dan bumbu2 disesuaikan
    Bahkan kalau baca2 soal kentang goreng, ini tetap bakalan beda hasilnya antara kentang impor dengan kentang lokal ya.

  7. Katerina November 19, 2021 at 3:55 pm

    Menu kentang mirip Stammppot pernah kulihat tersedia di menu sarapan di hotel-hotel berbintang, tapi aku lupa namanya stamppot atau pakai nama lain. Ada juga yang sayurnya ga ditumbuk, tapi diiris kecil2 dan diletakkan disamping kentang tumbuknya. Entah apa namanya 😀

    Di antara menu kentang di atas aku jadi pengen coba bikin Pommes Anna dan Pommes Lyonnaise. Terlihat mudah dan enak. Apa karena tulisannya disertai foto ya, jadi menarik? 😀

  8. Nurul Fitri Fatkhani November 19, 2021 at 9:29 pm

    Lihat tampilannya aja, udah terbayang enaknya. Campuran kentangnya yang bikin kaya rasa ya. Kalau saya memang lebih sering kentang goreng, perkedel kentang dan kroket kentang aja. Lumayan lah ya, variasi pengganti nasi

  9. Sri Widiyastuti November 19, 2021 at 9:37 pm

    kroket kentang itu aja yang saya kenal mbak hihi yang lainnya kurang familiar. tapi macam enak yaa, pengen nyobain kalau ada resepnya mah.

  10. Ade UFi November 19, 2021 at 10:12 pm

    Saya tuh tertarik sama pommes lyonnaise. Penasaran sama bikin ngelembungnya. Sayang Mba Evie ga buat resep detailnya. Secara saya memang suka sama olahan kentang. Krn saya kurang begitu suka sama nasi.

  11. Eri Udiyawati November 20, 2021 at 9:37 am

    Baru tahu nih, kentang bisa diolah macam hidangan yang menarik. Dari Perancis pula. Selama ini saya kenal hanya kroket kentang dan french fries, karena itu yang sering saya makan.

  12. nurulrahma November 20, 2021 at 10:16 am

    Penggemar kentang hadirrrr
    sukaaaa banget akutuu dgn aneka olahan kentang, baru lihat gambat nya ngilerrr
    baca penjelasannya makin kabita lagiii
    kapan2 mau ahhh, cobain di Negeri asalnya.
    aaamiiinnn

  13. Rach Alida November 20, 2021 at 10:20 am

    Pommes Anna ini seperti baked potatoes ya. Tapi bedanya mungkin kalau Baked potatoes isianya lebih lengkap. Aku suka kalau aada olahaan makanan seperti ini. Bikin kenyang juga karena kentangnya 🙂

  14. Suciarti Wahyuningtyas November 20, 2021 at 4:18 pm

    Anakku paling demen nih sama olahan kentang terutama kalau ada cheesenya, bisa minta nambah dia makannya. Apalagi kalau olahan kentang tuh lebih simple masaknya jadi bisa bikin sendiri di rumah ya mbak.

  15. Hidayah Sulistyowati November 20, 2021 at 5:53 pm

    Waahh ada contekan mengolah kentang dalam berbagai menu, mau nyontek yang Pommes Anna dan Pommes Lyonnaise. Kalo di rumah biasanya direbus aja, setelah aku menyarankan anak-anak untuk ngurangi makanan yang digoreng. Kalo dua menu ini kan dipanggang ya, lebih mending sih, hihiii

  16. lendyagassi November 20, 2021 at 6:24 pm

    Ya Allah, kak..
    Betapa aku menyukai olahan kentang ini.. Yang aku pikirin bukan sebagai pengganti nasi (sumber karbo), tapi aku suka kelembutan kentang ketika berpadu dengan berbagai bumbu dan rasanya menjadi lembut…lalu, kenyang.
    Atiku ayem kalau dalam keadaan kenyang.

  17. Wiwied Widya November 20, 2021 at 8:31 pm

    Dari sekian banyak itu, kayakny yang familiar cuma kroket ama french fries.. Kalau yang stamppot itu sebangsa mashed potato ya? nah kalau itu pernah juga lah icip. Enak juga tuh. Kalau yang lain asing banget. Mbak usul kapan2 tulis ttg olahan kentang versi lokal dong.

  18. Dian Farida Ismyama November 20, 2021 at 9:39 pm

    Aku suka semua olahan kentang. Bahkan cuma dilumuri mentega terus dipanggang dibungkus aluminium foil aja udah enak banget. Kadang kulit kentangnya ga perlu dikupas malah bikin ada sensasi kriuk nya

  19. Milda Ini November 20, 2021 at 10:07 pm

    Aku dan anak-anak penyuka olahraga kentang noh, jadi ini semua menarik buat dimakan kalo ada di depan saya, hahaha

  20. Wuaaah jadi laper mbak
    Kentang nih memang bahan baku yang bisa dijadikan banyak ragam makanan ya mbak, mulai makanan asin hingga manis juga bisa.
    Mau masak kentang dipotong digoreng aja atau dikreasikan seperti menu makanan yang mbak tuliskan di atas juga bisa. Favorit banget nih kentang. Cara nyimpennya jg gak rempong sebagai sediaan bisa ditaruh di suhu ruang doank

  21. Lina W. Sasmita November 20, 2021 at 11:20 pm

    Baru ngeh ternyata kata kroket itu berasal dari Bahasa Perancis ya. Sepertinya diadopsi oleh Bahasa Belanja dan dibawa masuk ke Indonesia.

  22. Uniek Kaswarganti November 22, 2021 at 6:51 am

    Rada asing ya jenis masakan olahan kentang ini kecuali kroket. Budaya makan karbonya beda soalnya yaaa… klo di kita kan kentang dijadiin cemilan kayak keripik atau diiris-iris dijadiin sambel goreng.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait