Camilan Sehat Dari Roti Tawar Untuk Anak dan Dewasa

Camilan-sehat-roti-tawar

ArengaIndonesia.com Roti tawar sudah termasuk jenis makanan umum di Indonesia.  Di masa lalu kita sering menikmati roti sandwich dengan olesan mentega dan palm sugar. Rasanya enak. Memang, baik dibuat dibuat sandwich menggunakan selai atau dipanggang, roti putih tak pernah kehilangan pesona. Nah biar gak bosan sekalian saja kita buat camilan sehat roti tawar.

Empat resep simpel berbahan baku roti putih   ini bisa dijadikan camilan alternatif untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dengan resep ini, penggemar roti putih bisa mengembangkan rasa dan selera.  

1. Roti Tawar Sosis Gulung

Roti tawar sandwich gulung sosis

Bahan-bahan untuk membuat roti gulung sosis:

  • 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 10 buah sosis hotdog kerat melingkar
  • 100 g margarin lelehkan
  • BAHAN-BAHAN OLESAN:
  • 3 SDM mayones
  • Satu sendok makan saus cabe atau saus tomat
  • Satu sendok teh peterseli cincang
  • 100 gram keju parut

Cara Membuat:

  • Campur bahan olesan.
  • oleskan bahan campuran ke permukaan roti.
  • Letakkan sosis di atasnya, satukan kedua sudut roti, rekatkan dengan sedikit kocokan telur agar tidak terbuka saat dipanggang.
  • Letakkan semua ke atas loyang yang diolesi margarin.
  • Poles permukaannya dengan mentega atau margarin. Panggang sampai roti kering.
  • Angkat. Hidangkan panas.

Baca juga:

Camilan sehat roti tawar untuk anak dan dewasa berikut adalah:

2. Bongko Roti

Camilan sehat. Resep bongko Roti
Bongko Roti

Bahan-bahan resep simpel untuk membuat bongko roti:

  • 100 lembar roti tawar masih berkulit, potong 6 bagian
  • 600 cc santan dari 1 butir kelapa
  • 3 butir telur
  • 3 gram gula pasir
  • 50 gram gula pasir
  • 200 gram ARENGA gula aren bubuk, / 10 bagian
  • 2-3 kelapa muda, sendok dagingnya
  • Daun pandan potong-potong
  • Satu setengah teh sendok garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Aduk telur santan, garam dan gula pasir sampai gula larut.
  2. Ambil dua lembar daun pisang. Beri 1 sampai 2 potong daun pandan 1 per 10 Arenga gula aren bubuk, 6 potong roti tawar, dan satu sampai dua sendok kelapa muda.
  3. Tuangi 100 cc campuran santan.
  4. Bungkus, kukus sampai matang.
  5. Sebagai variasi tambahkan irisan nangka atau durian matang ke dalam santan

Baca juga:

3. Pizza Roti

Pizza Roti

Bahan-bahan untuk Membuat Camilan Sehat Pizza Dari Roti Tawar

  • 100 gram jamur, iris tipis
  • Dua buah cabe hijau, buang bijinya iris tipis
  • 2 lembar cabe merah buang bijinya iris tipis
  • 100 gram daging asap, potong persegi 1 cm atau sosis potong tipis
  • 100 g bawang bombay cincang kasar
  • Oregano kalau ada

 


Bahan-bahan taburan:
1 SDM minyak untuk menumis

Cara Membuat Pizza Roti

  1. Tumis bawang bombay, cabe merah, cabe hijau, dan jamur sampai layu.
  2. Masukkan daging asap atau sosis dan oregano, masak sampai matang.
  3. Olesi permukaan roti dengan saus tomat, taburkan bahan yang ditumis, taburi keju.
  4. Panggang dalam oven sampai keju sampai meleleh dan sayuran matang.
  5. Hidangkan panas.

4. Kroket Roti Tawar

Kroket roti tawar

Bahan-bahan untuk membuat kroket roti tawar:

  • 100 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 400 cc susu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 SDT merica halus
  • 1 butir telur kocok sebentar
  • Tepung panir secukupnya

Bahan Isi Resep Simpel Kroket Roti:

  1. 150 g daging ayam cincang
  2. 100 g wortel potong dadu kecil
  3. 50 gram jamur kancing, iris tipis
  4. 2 SDM tangkai seledri besar iris tipis
  5. 50 g bawang bombay cincang
  6. Satu atau dua sendok teh garam
  7. 1/4 sendok teh merica halus
  8. 1/4 sendok pala halus
  9. 1 SDM margarin untuk menumis
  10. Satu sendok makan tepung terigu

Cara Membuat Isi Camilan Sehat dari Roti Tawar:

  1. Tumis bawang bombay sampai matang, masukkan daging ayam, wortel dan jamur aduk sampai air daging habis dan bahan matang.
  2. Masukkan seledri dan bambu
  3. Taburkan tepung terigu sambil diaduk rata.
  4. Angkat Dan dinginkan.

Cara Membuat Kroket Roti:

  1. Aduk Susu, telur, garam dan merica.
  2. Celupkan sepotong roti ke dalam susu, angkat, tekan-tekan dengan garpu supaya agak kering.
  3. Isi dengan 2 sampai 3 SDT adonan isi, letakkan dan tekan pinggir-pinggirnya supaya melekat.
  4. Celupkan pada kocokan 1 butir telur dan 1 SDM susu cair, gulingkan pada tepung panir.
  5. Goreng di dalam minyak panas sampai kecoklatan angkat.

Semoga resep camilan sehat dari roti tawar dengan resep simpel ini bisa membantu teman-teman.

 

Share artikel ini

9 Comments

  1. nurulrahma Juni 3, 2022 at 11:50 am - Reply

    aku udah bikin yg pizza roti tawar
    pan kapan mau recook yg kroket itu ahh
    sedaappp nih, dan kayaknya mayan gampil.

  2. Andiyani Achmad Juni 3, 2022 at 2:35 pm - Reply

    roti gulung jadi andalanku buat sarapan anak dan suami, mereka suka banget, selain enak katanya ada banyak proteinnya juga

  3. Dennise Sihombing Juni 3, 2022 at 7:34 pm - Reply

    Suka banget mampir di blog ini. Dapat resep dari roti tawar, semuanya aku suka. Mumpung weekend aku coba deh resepnya. Coba yang mudah dulu deh kroket roti tawar, semoga berhasil

  4. Dian Restu Agustina Juni 3, 2022 at 10:17 pm - Reply

    Nomor 1, 3, 4 bisa buat ide bekal sekolah ini…yeayy, makasih resepnya.
    Kalau Bongko Roti, Ibu saya sering bikin dulu…wah udah lama enggak makan ini. Bisa nih coba bikin sendiri

  5. Uniek Kaswarganti Juni 4, 2022 at 11:21 pm - Reply

    Waahh bisa jadi banyak camilan ya dari bahan roti tawar ini. Yang bongko kayaknya enak dan seger nih. Ntar kalau udah musim nangka pengin bikin aaahh..

  6. Siti Hairul Dayah Juni 6, 2022 at 6:49 am - Reply

    Andalanku kalau ada sisa roti bikin pizza mini untuk sarapan anak-anak. Gampang juga bikinnya. Anak-anak juga doyan banget deh

  7. Eka Juni 8, 2022 at 11:29 am - Reply

    🙏🙏🙏….. Atas info resepnya… Bagus buat bekal anak saya yg bisa makan byk penyedap n makanan pengawet. Saya tunggu info resep brownies chruncy. Semoga ilmu ny berkah yaa…

  8. ivonie Juni 9, 2022 at 5:42 pm - Reply

    semua cemilan enak ini cuma ada beberapa resep yang belum pernah kucoba kayak bongko roti, biasanya bikin puding roti, mirip tapi tak sama

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait