Resep Es Kopi Moka Karamel – Apakah teman-teman suka kopi? Suka kopi panas atau dingin? Memang kalau sudah sampai soal rasa, lidah orang akan berbeda. Ada yang suka panas, dingin atau keduanya.

Nah mengenai es kopi,  terdapat hubungan benci tapi rindu diantara beberapa orang. Penggemar “fanatik”  hanya minum kopi hitam yang disajikan panas-panas. Contohnya bapaknya Mamin sendiri, beliau akan merasa berdosa bila menikmati kopi dengan cara lain. Pokoknya kopi itu harus hitam (kopi tubruk) dan dinikmati selagi hangat. Di luar itu, untuk beliau, bukan kopi, tapi hanya minuman biasa.

Tapi kebanyakan teman-teman Arenga sih menikmati kopi dengan cara apa pun yang mereka bisa. Tak masalah bila ditemukan dalam kue, es krim, bahkan produk kosmetik.

Tapi ada juga lho orang-orang yang hanya minum es kopi. Pokoknya sepanjang kopinya diberi es batu, mereka  meminumnya tanpa kompromi. Jadi kamu yang mana nih?

Memang ya manusia itu rambut aja yang sama warnanya, tapi selera langit pun tak bisa membatasi.

Baca juga:

Untuk para penggemar kopi yang kebetulan mampir ke blog ini, nih ada resep istimewa untuk kalian: Kopi Moka Karamel rumahan. Tapi kalau pun dijadikan untuk resep di cafe bisa banget lho.

Resep Es Kopi Moka Karamel Untuk Rumahan

Ini benar-benar minuman es kopi yang kaya dan memuaskan. Jika Anda pecinta cokelat dan karamel, yang satu ini cukup menggabungkan keduanya menjadi minuman lezat yang perlu disebut sebagai makanan penutup.

Sungguh, Anda akan membutuhkan sendok untuk ini, menyeruput adalah opsional. Anda tidak akan menyesal mencoba resep ini dan pasti akan menjadi favorit Anda untuk es kopi.

Resep es kopi ini juga bisa dijadikan minuman panas, dengan menukar es dengan air. Namun, ini pertama dan terutama resep es kopi. Bersiaplah untuk memuaskan selera Anda.

Bahan-bahan Membuat Es Kopi Moka Karamel ala Arenga:

  • 1/2 cangkir kopi
  •  10 buah es batu kotak
  •  1/2 cangkir susu
  •  1/2 kaleng susu kental manis
  • 1 sendok makan sirup coklat
  • 1 sendok makan Arenga gula aren cair
  • 1 sendok whipped topping
  • Cocoa powder (optional garnishment)

Cara Membuat:

  1. Pertama, buat kopinya. Ada beberapa cara untuk membuat kopi dan teman-teman perlu menentukan cara mana yang paling Anda sukai, mana yang paling enak.
  2.  Cara pertama (dan terbaik) adalah menyeduh kopi panas, lalu biarkan dingin di lemari es.
  3. Metode alternatif,  gunakan kopi instan untuk membuat 1/2 cangkir kopi. Dinginkan dalam gelas tinggi di dalam freezer sambil menyiapkan minuman es kopi moka karamel.
  4. Tuang kopi dingin ke dalam blender bersama es batu, susu kental manis, susu, serta sirup cokelat dan Arenga gula aren cair. Blender hingga tercampur rata.
  5. Tuang campuran ke dalam gelas tinggi yang sudah dingin. Taburi dengan krim kocok dan hiasi dengan taburan coklat atau Arenga gula semut aren
  6. Kemudian ambil sendok dan nikmatilah!

Selamat mencoba!

Follow Arenga di Instagram