Kenali Jenis Teh Melalui Proses Pembuatan

Categories: TEH - TEA|Komentar Dinonaktifkan pada Kenali Jenis Teh Melalui Proses Pembuatan|
Kenali kualitas teh melalui proses pembuatan

Arenga Indonesia – Kenali Jenis Teh Melalui Proses Pembuatan

Tiap kali masuk supermarket mau beli teh, tiap kali pula Mamin bingung. Apa lagi masuk ke dalam toko khusus menjual teh, bingungnya jadi 3 kali lipat.

Masalahnya, selain banyak banget brand di industri ini, jenis teh yang dijual juga beragam. Mulai dari teh hijau, teh hitam, oolong, teh putih, teh herbal, teh aromatis, matcha, sampai teh fermentasi.

Sudah begitu bentuk teh juga berbeda, dari teh daun, teh bubuk, teh keping, sampai teh kantong (teh celup).

Jadi gimana cara memilih jenis teh yang cocok untuk kita konsumsi? Karena setiap teh itu punya karakteristik dan keunikan masing-masing?

Ketimbang terus bingung, mending kita cari tahu saja. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis teh dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dan menyimpan teh.

Proses Pembuatan Melahirkan Jenis Teh Berbeda

Jadi beragam jenis minuman teh itu bisa kita “simpelkan” perbedaannya melalui pemrosesan, kualitas, dan pengemasan.

Salah satu cara teh dapat dibedakan adalah melalui jenis pemrosesannya. Contohnya teh hijau dan teh oolong, sama-sama dari daun teh, tapi mereka mendapatkan perbedaan entah fisik atau rasa karena proses pembuatan ini.

Misalnya, teh hijau diproses dengan pemanasan, pengeringan kemudian digulung, baik menggunakan mesin atau secara manual.

Sementara teh oolong diolah dengan cara diasapkan hingga kering di atas api kayu pinus, seperti halnya Lapsang Souchong, sehingga kita mendapatkan teh oolong yang seperti dikenal sekarang.

Kualiatas Teh Celup atau Teh Kantong

Ragam kualitas teh berdasarkan cara pembuatannya
Ragam kualitas teh berdasarkan cara pembuatannya

Terus apa pula itu jenis teh tubruk dengan teh celup atau teh kantong?

Ada perbedaan mendasar antara daun teh kering atau tubruk yang kita kenal dengan teh kantong yang dicelupkan ke dalam air panas. Terutama dari sisi kualitas berdasar pemerosesan.

Teh Tubruk atau daun teh siap seduh bianya secara fisik lebih besar dan kualitas juga lebih baik. Seperti daun teh atau loose leaf memberikan lebih banyak ruang untuk ekstraksi rasa dengan aroma yang lebih baik.

Sementara, dan umumnya, teh kantong atau teh celup diisi dengan “fannings” atau “dust”, hasil dari dua tingkatan penyortiran daun teh. Seperti sebutannya, itu menggambarkan ukuran daun teh yang dimasukan ke dalam kantong celup.

Untuk jenis teh celup ini, kebanyakan produsen teh menggunakan daun teh berkualitas lebih rendah dibandingkan teh los atau loose leaf tea. Tapi terkadang, tidak selalu, karena terkadang fannings atau dust bisa juga berkualitas baik.

Contohnya teh matcha yang berwarna hijau zamrud cantik itu, sengaja digiling sangat halus agar dapat diseduh langsung ke dalam air panas atau dikocok langsung ke dalam adonan kue.

Pertimbangan Sebelum Membeli Berdasarkan Jenis Teh

Jenis teh berdasarkan proses pembuatan. Teh bunga chamomile
Teh Bunga Chamomile

Terlepas dari jenis teh yang teman-teman beli baik karena berbentuk serbuk, dalam kantong, atau daun kering, selalu pilih kemasan teh yang tersegel dengan baik.

Menyimpan teh dalam wadah kedap udara itu penting. Karena daun teh, terutama yang terpotong atau dihancurkan menjadi serbuk halus, cenderung akan rusak lebih cepat.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli teh. Salah satunya adalah kualitas daun teh itu sendiri. Teh dengan daun yang utuh dan tidak terlalu banyak terpotong cenderung memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang telah dihancurkan menjadi bagian-bagian kecil seperti fanning atau dust itu.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan teh dan memastikan bahwa teh tersebut belum melewati batasnya.

Penutup

Kita sudah tahu bahwa daun teh di pasar tersedia dalam berbagai jenis, berkat metode pemrosesan yang berbeda yang digunakan sebelum dikemas. Mulai dari daun teh yang digulung seperti teh hijau sampai yang diasap sampai kering di atas api kayu pinus atau kayu kemiri seperti teh oolong.

Selain itu, ada juga teh dalam kantong yang terbuat dari “fannings” atau “dust” yang sering digunakan untuk teh celup, dan teh dalam bentuk serbuk seperti matcha.

Memilih teh yang berkualitas baik dan menyimpannya dengan benar akan memastikan teman-teman menikmati secangkir teh nikmat yang mungkin juga menunjang kesehatan tubuh.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren organik di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

  • Kuliner Indonesia yang diadopsi dari kuliner Belanda

    Makanan Indonesia yang Diadopsi Dari Makanan Belanda

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar