Palm Sugar Bubuk Arenga

palm sugar bubuk ARENGA adalah pemanis alami

ArengaIndonesia.com – Palm sugar bubuk adalah  pemanis yang terbuat dari nira pohon enau (arenga pinnata). Dikenal juga  sebagai gula alami karena pemrosesan sangat minimal. 

Proses pembuatan berasal dari getah bening dari tandan bunga yang disebut nira. Dipanaskan sekitar 2-3 jam untuk menghilangkan kadar air., sampai nanti diperoleh sirup kental yang disebut liquid palm sugar.

Untuk mendapat palm sugar bubuk,  nektar kental dan  rasa manis dari timur ini  direduksi lagi sampai menjadi kristal. Di tempat penjualan, palm sugar dikenal sebagai gula aren dan tersedia dalam bentuk blok, granular (bubuk) dan cair.

Nama lain dari palm sugar bubuk adalah gula semut aren. Kiprahnya sebagai pemanis sehat semakin berkibar. Ini lah salah  satu pemanis yang semakin banyak dicari masyarakat. Dibanding gula merah klasik, kemunculan pemanis berderai sekalipun relatif baru, langsung saja mencuri perhatian industri makanan dan masyarakat.

Banyak pabrik makanan dan minuman beralih pada pemanis hasil pekatan nira aren ini.  Alasannya tentu saja kerena berbagai kemudahan yang bisa ditawarkan gula merah serbuk. Seperti beraroma enak yang khas, lebih higienis, daya simpan lebih tinggi, kering, dan mudah ditakar.

Butiran lembutnya sering juga disebut sebagai gula aren kristal atau gula aren bubuk.   Nama gula semut berasal dari kemiripin bentuk granularnya seperti sarang semut di tanah.

Baca juga : Beda Gula Aren dan Gula Semut

Palm Sugar Bubuk Organik dari Arenga Indonesia

Mengikuti namanya, palm sugar bubuk dari Arenga berasal dari nira (getah) pohon enau (arenga pinnata). Cairan  yang baru dipanen terutama terdiri dari air, dan sukrosa (10%), gula invert minimal (> 0,5%) dan sejumlah kecil protein serta mineral.

Bersama para petani mitra, Arenga selalu memastikan tingkat gula invert lebih rendah yang mengarah pada  jus yang lebih berkualitas dan akhirnya menghasilkan palm sugar bubuk berkualitas premium.

Dari uji laboratoium rasa manis dari timur ini  mengandung protein (0,1 %), lemak (0 %), sukrosa (76,86%), glukosa (1,66%), mineral (3,15%), mis. kalsium, fosfor, zat besi dan tembaga. Dibandingkan dengan gula konvensional, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa, gula semut aren juga mengandung fructosa, artinya lebih banyak mengandung komponen yang bermanfaat bagi kesehatan.

III. GENERAL PROPERTIES        
        1. Warna (color) / Penampilan (appearance):  Kecoklatan (browned)  
        2. Aroma / Rasa (flavor) :  Quite distinctive, pleasantly aromatic
           
IV. PHYSICAL AND CHEMICAL PROPERTIES:      
        1. Kadar Air (moisture) :  1- 5 %    
        2. Ukuran butiran (grain size) :  US Mesh #30 – #12  
        3. Total Sugar  :  95 %    
Penampilan Secara Umum

Baca juga : Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

Cara Membuat Arenga Palm Sugar Bubuk Organik

Cara membuat arenga palm sugar bubuk
Menguapkan nira menjadi palm sugar
Bahan baku pembuatan palm sugar bubuk  adalah nira segar. Hasil sadapan tak lebih dari 8 jam. Menggunakan laru alami atau pengawet nira alami seperti cincangan kayu nangka, manggis,  akar kawo, bunga rambusa, dan masih banyak lagi.
 
Ini lah aspek penting dalam menjaga kualitas palm sugar bubuk organik. Laru atau pengawet alami  menghindarkan proses peragian dalam nira seminimal mungkin. Karena nira yang sudah terlanjur masam tidak akan mengkristal dan jadi palm sugar bubuk.
 
Begini proses pembuatan palm sugar bubuk organik secara tradisional:
  •  Nira aren yang baru saja diturunkan dari pohon, disaring terlebih dahulu lalu ditempatkan ke baskom  atau wadah penampung lainnya. Mitra Arenga Indonesia biasanya langsung menyaring dari lodong (wadah penampung nira).
  • Getah bersih dimasukkan ke dalam wajan dan dimasak pada suhu pemanasan 110˚C – 120˚C, aduk hingga berwarna coklat dan menebal.
  • Untuk menghindari buih yang berlebihan, masukkan minyak kelapa organik (hasil pengolahan sendiri) dengan perbandingan 1 sendok makan untuk 25 liter nira.
  • Pemanasan dianggap lengkap jika tetesan getah yang dimasukkan ke dalam air terkondensasi atau tampak seperti gula serat.
  • Sambil terus diaduk, cairan yang sudah berupah jadi kental kemudian didinginkan selama sekitar 10 menit. Atau biarkan beberapa saat agar cairan kental mendidih itu berkembang, lalu pecah untuk mengeluarkan udara panas yang terperangkap
  • Pengadukan kemudian diteruskan lagi dengan cepat menggunakan garpu kayu atau punggung batok kelapa. Guanya untuk mendapatkan gula butiran kristal gula. Dari sini juga mengapa palm sugar bubuk sering disebut sebagai gula aren kristal.
  • Untuk mendapatkan palm sugar bubuk dalam ukuran yang sama, itu butiran disaring atau diayak.
  • Keringkan ke dalam oven. Jika tidak punya bisa di bawah sinar matahari.
  • Setelah kering dan berderai produk bisa dikemas ke dalam pouch bag cantik seperti milik Arenga Indonesia. 

Baca juga : Cara Membuat Gula Semut Aren

Gula Semut Asli dan Pemalsuan

arenga gula semut
Arenga gula semut
  • Ada satu fakta yang bikin sedih, pemalsuan gula aren  pun banyak terajadi. Praktik yang muncul untuk meningkatkan jumlah pasokan sementara produksi terbatas. Selain tentu saja menurunkan biaya produksi.
  • Banyak cara yang dilakukan dalam tindakan pemalsuan. Misalnya dengan menambahkan gula pasir atau tepung ubi. Atau menambah perasa gula aren ke dalam gula semut yang terbuat dari gula tebu.
  • Ada yang mengatakan bahwa indikasi kualitas palm sugar bubuk bisa dilihat dari warnanya. Terlalu terang menunjukkan bahwa gula sudah terkontaminasi dengan gula putih atau tebu.

Baca juga : Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar, Apa Faedahnya?

  • Pernyataan di atas tak benar sepenuhnya! Sebab besaran butiran dan kadar air mempengaruhi penampilan dan warna gula. Semakin halus butirannya atau semakin kering, akan semakin terang warnanya.
  • Sementara palm sugar bubuk yang dicampur gula pasir tak selalu pucat warnanya.
  • Memang warna terlalu gelap juga tidak menunjukkan bahwa gula semut asli. Kemungikinan yang terjadi adalah selama proses penguapan apinya  terlalu panas. Atau dibiarkan begitu saja tanpa sesekali diaduk, sehingga gula di bagian bawah hangus. Nah pemanis dari timur yang gosong akan mempengaruhi rasa. Biasanya akan pahit.
  • Begitu pun bila nira sudah berkurang mutunya, warna gula aren pun akan semakin hitam.

Jadi harus bagaimana dong? Bagaimana Cara Menentukan Keaslian Gula Semut Aren?

Jawabnya: Selain uji laboratorium periksa dengan seksama  reputasi perusahaan atau penjualnya!

Perusahaan bereputasi akan memastikan gula aren  berkualitas baik melalui manajemen kualitas . Dan melakukan beberapa tindakan pengendalian mutu. Salah satunya dengan melengkapi diri mereka dengan sertifikat organik.

Produsen Palm Sugar Bubuk dan Liquid Tangerang

Kontak Arenga Indonesia, WA 0819 3241 8190

Share artikel ini

25 Comments

  1. Lisdha www.daily-wife.com Juli 4, 2022 at 8:08 pm

    Dulu simbahku sering membuat gula aren yang dicetak pakai batok kelapa. Jadi meski ada perbedaan, cukup bisa membayangkan proses pembuatan gula semut. Proses yang cukup panjang ya Mbak…
    Di sini jadi dapat serba-serbi pengetahuan tentang gula semut deh. Gambar gula semutnya menarik sekali Mbak..terbayang krenyes2 manisnya heheheh.
    Suksesss terus utk arenga,

  2. Dyah KS Juli 4, 2022 at 9:58 pm

    Nah itu ya, sulit juga buat bedain sama yang palsu.
    yang pasti beli di arengaindonesia aja deh
    mantap produknya

  3. Eni Rahayu Juli 5, 2022 at 9:03 am

    Ternyata nggak mudah dan lumayan lama juga ya proses pembuatannya. Paling sebel juga nih sama banyaknya produk kw yang emang mirip banget sama produk asli. Kalau mau beli gula aren yang asli beli di Arenga Indonesia aja. Terjamin deh keasliannya

  4. Arinta Adiningtyas Juli 5, 2022 at 3:10 pm

    Ternyata proses pembuatan gula semut aren itu cukup panjang ya, Mak.. Pantas jika harganya tidak murah. Tapi saya sendiri suka memakai gula semut aren untuk membuat kopi. Kapan-kapan saya mau beli di Arenga Indonesia, insya Allah. 🙂

  5. Dian Restu Agustina Juli 5, 2022 at 7:13 pm

    Proses yang panjang tak heran Arenga menghasilkan palm sugar bubuk berkualitas premium. Saya juga jadi tahu cara menentukan keaslian gula semut aren dari artikel ini. Maacih infonya Mamin:)

  6. Hidayah Sulistyowati Juli 5, 2022 at 7:16 pm

    Produk Arenga gula semut itu warnanya cerah ya mbak. Bersih terlihat dari fotonya. Beda dengan yang dijual di toko bahan kue itu warnanya coklat.
    Aku belum pernah nyoba gula aren cair, enak kayaknya untuk bahan bikin kue tradisional atau bolu jadul seperti onbitkoek

  7. Apura Juli 5, 2022 at 8:46 pm

    Nah kalau dari tekstur bisa gak bedain gula aren yang asli dengan yang palsu? Ada yang bilang kalau gula aren yang asli itu teksturnya lebih lembut. Bahkan ketika disimpan di lemari es juga tetap mudah dihancurkan. Sedangkan yang dicampur gula pasir akan keras. Bener gak nih?

    • Arenga Indonesia Juli 6, 2022 at 8:45 am

      Tepat Kak, tapi kalau kita bicara gula aren cetak ya. Dan sebetulnya bukan lembut sih tapi gembur, mudah berderai kalau dipecahkan. Nah gula cetak yang sudah ada campuran biasanya liat dan lengket kalau dipotong

  8. Lia Yuliani Juli 6, 2022 at 6:53 am

    Gula aren ini biasanya banyak dicari karena pengolahannya yang tanpa pengawet buatan. Jadi pengen juga ganti gula pasir di rumah dengan organic palm sugar deh

  9. Rani R Tyas Juli 6, 2022 at 10:11 am

    Aku tuh inget waktu ke Banjarnegara dulu mencicipi air aren yang benar-benar diambil dari pohon. Maniiisnya alami. Makanya pengen suatu hari bisa beralih ke gula semut yang lebih alami

  10. Dennise Sihombing Juli 6, 2022 at 11:44 am

    Lumayan juga ya proses pembuatan palm sugar bubuk ini. Saya daripada gula pasir lebih memilih palm sugar. Btw produk ini cari dimana ya dan berapa harganya?

  11. Ainhy Juli 6, 2022 at 11:58 am

    Dikampung aku banyak orang yg buat gula aren dan bahkan gula aren adalah salah satu penghasilan utama, aku lihat prosesnya cukup unik dan ribet

  12. Firsty ukhti molyndi Juli 6, 2022 at 3:46 pm

    Kalo mau beli arenga di mana mbak? Ada gak di e-commerce penasaran mau dibuat cuko pempek hihii

  13. Lidya Juli 6, 2022 at 4:30 pm

    Banyak variannya ya mbak ternyata milai yg liquid, bloh, sampai granular. Gula semut aren manisnya pans banget buat aku yg gak terlalu suka manis

  14. @hm_zwan Juli 6, 2022 at 6:47 pm

    Aku inget banget dulu sering dikasih tugas ibuku beli gula aren di toko, dulu masih berlimpah. Sekarang kalau ke warung jarang banget yang jual gula aren.
    Selalu ada cara untuk melakukan pemalsuan produk, hiks sedih banget ya mbk.

  15. Helena Juli 6, 2022 at 8:36 pm

    masya Allah prosesnya panjang dan sangat menjaga kualitas ya hingga jadi gula aren organik. Manfaatnya banyak menjadikan gula aren ini diminati walau harga lebih tinggi dari gula putih.

  16. Uniek Kaswarganti Juli 6, 2022 at 9:08 pm

    Panjang juga ya mba proses pembuatan palm sugar. Sedih dooong kalau kemudian muncul versi palsunya, selain menipu konsumen kan akhirnya merugikan produsen palm sugar yang beneran. Semoga ada regulasi yang melindungi para produsen di kemudian hari.

  17. Dian Juli 6, 2022 at 9:49 pm

    Palm sugar bubuk Arenga ini emang recommended ya mbak
    Kalau mau gula Aren asli ya belinya di Arenga saja
    Sukses terus Arenga Indonesia

  18. lendyagassi Juli 6, 2022 at 10:06 pm

    Beli gula aren dan gula semut di tempat yang pasti-pasti aja yaa..
    Seperti Arenga Indonesia. Yang menyediakan gula aren tingkat tinggi dengan jaminan keaslian dari nira asli.

  19. echaimutenan Juli 6, 2022 at 10:46 pm

    gula aren memang banyak manfaatnya ya mba
    aku biasanya ysuka buat bahan bikin kue. kalau pakai gula aren rasanya lebih nikmat kayaknya. menurutku. pakai dikit2 yummy bangeeet

  20. Mirna Puji Rahayu Juli 6, 2022 at 10:53 pm

    jujur baru tau gula dipalsuin mba berarti harus lebih aware lagi tapi biar praktis beli gula aren yg sudah dipercaya aja seperti arenga ya mba

  21. April Hamsa | Mom Blogger Juli 7, 2022 at 5:36 am

    Baru tau ada pengawet alami utk nira, supaya niranya juga tahan lama ya mbak.
    Ooo jadi warna gula semut tuh gak mempengaruhi asli atau gakmya gulanya ya mbak? Iya sih kalau mau tau jelasnya ya uji cek laboratorium ya. Jadi nambah pengetahuan tentang pergulaan nih hehe TFS

  22. Nia Haryanto Juli 7, 2022 at 5:58 am

    Aku suka deh palm sugar bubuk gini. Aku sering comot-comot kalo lagi bikin kue. Rasanya beda ya dari gula biasa. Anak-anak juga suka. Kalo bikin donat yang pake gulan aren bubuk, bisa boros gulanya. Dicelup-celup aja terus. Padahal yang aku pake masih belom organik. Apalagi kalo organik ya, lebih enak. Dan pastinya lebih sehat juga.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait