Liquid Palm Sugar, Arenga Sugar Syrup

Arenga-liquid-palm-sugar

ArengaIndonesia.Com – Satu lagi produk dari Arenga Indonesia, spesialisasi produsen gula aren organik, liquid palm sugar. Terbuat dari nira pohon palem, dengan indeks glikemik rendah. Tidak mengalami proses pemurnian seperti gula putih.  Tanpa bahan pengawet. Tanpa pewarna sintetis.

Tepatnya, pemanis yang terbuat dari nira pohon enau (arenga pinnata), diambil dari getah kuncup bunga jantan yang dikentalkan secara organik. Dikenal pula sebagai gula alami guna melengkapi jenis pemanis sehat yang sudah ada di pasar.

Terbuat dari bahan berkualitas, diproses dengan standar mutu tinggi, jadilah organic liquid palm sugar yang manis, bersih, dan alami. Pemanis  asli Indonesia untuk semua kebutuhan makanan dan minuman. Dari makanan utama sampai penutup seperti produk roti, pancake dan wafel.

Baca juga Sertifikasi Organik Gula Aren

Cerita Proses Pembuatan Liquid Palm Sugar Secara Organik

Foto pohon nira, bahan baku liquid palm sugar atau arenga sugar syrup
Bahan baku arenga sugar syrup gula aren cair

Liquid palm sugar produksi Arenga Indonesia diambil dari nira aren yang hidup di pegunungan. Hidup di lingkungan hijau tanpa pernah tersentuh pestisida maupun pupuk kimia. Disadap oleh kelompok tani aren yang jadi mitra Arenga Indonesia.

Kami tahu banget bahwa pasar membutuhkan pemanis sehat untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk pabrik makanan, pasar komersil seperti kedai kopi, teh atau resto. Begitu pun untuk kebutuhan rumah tangga.

Jadi untuk menjamin kesegaran nira agar tidak tercemar pengawet kimia sintetis, menghasilkan liquid palm sugar bermutu tinggi, nira diwetkan menggunakan pengawet makanan alami. Menggunakan tumbuhan herbal yang disebut laru, mengandung zat penghacur mikroba. Yang biasa digunakan adalah akar kawao, kulit manggis, kayu nangka, dan banyak lagi.

Pengawetan alami ini juga didukung oleh proses penyadapan. Agar tidak terlalu lama mengendap dalam media penampungan nira, getah bening dan manis itu dipanen 2 kali sehari. Setiap pagi dan sore, perajin akan naik ke atas pohon aren yang tingginya terkadang lebih dari 15 meter.

Pohon enau organik biasanya tumbuh cukup jauh di luar pemukiman. Dari perjalanan sejarah pembuatan gula aren, sering juga menimbulkan kebakaran yang bisa menghabiskan satu kampung. Jadi nira langsung dimasak di saung. Pondok kecil yang terbuat dari kayu dan hanya berisi tungku itu didirikan tak jauh dari tempat panen.

Bila sadapan pagi hari tidak cukup menghasilkan minimal 3kg palm sugar, nira hanya dipanaskan secukupnya. Cukup untuk mematikan jasad-jasad renik dan menghentikan proses fermentasi.

Sore hari, proses pemasakan akan diteruskan dengan mencampur nira segar hasil panen.

Ohya untuk panen nira dua kali sehari, perajin menggunakan tangga bambu seperti yang terlihat pada foto di atas.

Baca juga:

 

Variasi Arenga Sugar Syrup, Ori dan Pandan

Liquid palm sugar, Arenga sugar syrup gula aren cair
Arenga sugar syrup gula aren cair

 

Arenga Indonesia mengeluarkan dua varian rasa gula merah cair yang juga disebut Arenga Liquid palm Sugar ini. Rasa Ori dan Pandan.

Ori terbuat murni dari nira dan gula aren. Tidak memerlukan tambahan aroma apapun karena Liquid Sugar ini sudah beraroma enak dari sananya. Kalau sedang produksi dan kebetulan ada yang lewat depan pabrik, kebanyakan orang mengira Arenga sedang membuat kue. Begitu lah aroma yang keluar dari gula aren cair ori ini.

Pemanis dari Nira Cair Beraroma Pandan

Liquid-palm-sugar-pandan

Liquid-palm-sugar-pandan

Pemanis nira cair ini sangat menyenangkan dalam aroma dan rasa. Namun di Indonesia sudah terbiasa kalau mengencerkan gula merah harus diberi daun pandan. Berguna  untuk memperkuat aroma dan rasa itu.

Liquid palm sugar pandan ini diolah dengan daun pandan asli. Tidak menggunakan perasa buatan seperti coco pandan atau yang lainnya. Infuse ini menghasilkan aroma pandan yang lembut dan samar, tidak seperti perasa kimia yang lebih kencang aromanya.

Inqury silahkan kontak WA Arenga Indonesia, 0819 3241 8190

Share artikel ini

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait