Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita|
Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

Mengapa harus bangga pada produk lokal Indonesia? Banyak sih alasannya. Yang pasti semakin banyak kita membeli produk dari bisnis lokal, ekonomi bangsa akan semakin kuat. Membeli produk lokal akan merangsang ekonomi, menghasilkan masa depan ekonomi yang stabil bagi anak-cucu kita, dan meningkatkan harga diri berbangsa.

Apa lagi Indonesia merupakan negara yang diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah. Tanahnya subur dan kaya, menguntungkan untuk produksi pertanian. Tak heran bila beberapa produk pertanian Indonesia menempati urutan keempat di antara negara-negara penghasil kakao dan kopi, yang menyumbang 15 persen dari total ekspor ke Masyarakat Eropa.

Begitu pun iklim tropisnya mendukung jadi tempat tumbuh tanaman pohon palem-paleman seperti enau penghasil gula aren dan kelapa. Ditambah lagi perkebunan karet, teh, pisang, nanas dan tembakau termasuk yang menyumbang pendapatan devisa non-minyak bagi negara.

Baca juga: Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Mengapa Kita Perlu Bangga Pada Produk Lokal Indonesia?

Banyak Produk Lokal Indonesia sudah tampil di kancah internasional. Salah satunya palm sugar, dihasilkan dengan integritas dan profesionalisme yang mencerminkan ciri khas budaya bangsa Indonesia.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, mengeskpor produk, secara tak langsung  juga menyediakan pekerjaan di seluruh dunia. Terima kasih kepada semua  pihak yang telah mengusahakan strategi branding Indonesia yang kuat dan praktik pemasaran yang efektif. Sehingga beberapa produk kita sudah melanglang buana.

Dari tahun ke tahun produk lokal Indonesia, khususnya beras, kopi, cacao, dan ikan semakin diminati untuk pasokan global. Begitu pun pemanis tradisional yang dikenal sebagai Palm Sugar. Gula alami tanpa proses permurnian ini tinggi permintaannya dari negara-negara maju, dimana warga negara mereka sudah punya kesadaran yang tinggi dalam memilih produk pemanis sehat.

Baca juga : Pohon Aren dan Manfaatnya Sebagai Sumber Kesejahteraan Ekonomi

Membangun Branding Indonesia Melalui Produk Lokal

Pemasaran produk Indonesia seperti gula aren, pertama-tama harus mencakup program kesadaran tentang budaya, tradisi, bahasa Indonesia sendiri.

Dengan mempromosikan bisnis lokal seperti ini mau tak mau harus melibatkan produsen yang akan berpartisipasi secara aktif. Karena mereka lah yang menguasai story telling-nya, sangat berguna dalam promosi dan meningkatkan nilai tambah produk.

Contohnya Arenga gula aren organik, yang padat dengan kearifan lokal, salah satu sisi menarik untuk ditampilkan ke kancah internasional.

Sentra produksi gula aren tersebar di Indonesia. Akan sangat menarik bila sektor industri dan perdagangan lokal dibangun di antara provinsi, kota, dan kecamatan. Melakukan kolaborasi dengan banyak pihak untuk mempromosikan dan menjual barang-barang produksi lokal ke lokal dan bahkan ke pasar internasional.

Baca juga : Beda palm Sugar Indonesia dengan Negara Luar

Membangun Branding Indonesia Lewat Pariwisata

Terlepas dari kontribusi positifnya bagi perekonomian, pariwisata jug bisa merugikan. Kecuali kita mulai mengelola perjalanan dengan lebih efektif. Karena pariwisata dapat memiliki dua dampak positif (misalnya, pekerjaan baru ) dan negatif (misalnya, polusi udara, kebisingan).

Sejak tahun 1990, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke destinasi domestik diperkirakan mencapai 2 miliar orang setiap tahunnya. Jumlah yang tidak sedikit, terutama bila kita bisa memanfaatkan untuk menjual produk lokal Indonesia.

Dengan terus membenahi dampak negatifnya, selayaknya kita terus mendoroang agar lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung.

Sebab selama wisatawan terus mengunjungi Indonesia, para produsen produk lokal bisa didorong untuk meningkatkan kualitas produk lalu membangun koneksi atas kedatangan para turis. Begitu pun para turis perlu didorong untuk mengkonsumsi barang-barang buatan lokal.

Baca juga : The Real Arenga Gula Aren

Mendorong Perhatian Pada Produk Dalam Negeri

Alah bisa karena biasa. Peribahasa ini juga berlaku dalam mendorong masyarakat agar setia pada produk lokal. Bila kebutuhan terhadap suatu produk sudah memuaskan dari sisi mutu dan harga, tidak ada alasan untuk berpaling pada produk luar.

Caranya tentu perlu sebuah kebijakan dari pemerintah, niat untuk bekerja maksimal dari para produsen, dan prmosi yang sepadang agar produk terekspos dengan baik.

Dengan memusatkan perhatian pada produksi nasional daripada produk impor, akan mendorong orang Indonesia untuk membeli produk produksi dalam negeri daripada produk impor.

Membangun Produk Lokal

Lokalisasi adalah praktik memproduksi barang dan jasa yang dirancang khusus untuk memenuhi permintaan nasional dan ekspor dalam wilayah geografis tertentu.

Jika produksi yang dilokalkan meningkatkan produktivitas melalui skala dan cakupan ekonomi, dengan mengurangi pemborosan, maka konsumen akan menikmati hasilnya. Karena penghematan dapat diperoleh dengan pemrosesan transaksi yang lebih rendah biaya. Alias produk akhir pun jauh lebih murah dari produk impor.

Ini salah satu variabel mengapa membeli produk lokal sangat masuk akal. Untuk barang dengan kualitas yang sama, jelas produk lokal lebih murah.

Setelah mempertimbangkan semua argumen, sangat mungkin bagi kami untuk sampai pada kesimpulan bahwa kami harus mendorong orang Indonesia untuk membeli produk buatan lokal. Alasannya terletak pada diri kami sendiri – kami ingin mendukung pemilik usaha kecil yang ide dan kerja kerasnya memungkinkan mereka untuk membangun kehidupan yang sejahtera bagi dirinya dan keluarganya. Kami juga menghargai apa yang mereka hasilkan.

Follow Arenga di Instagram

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait