Mengenal Buttermilk – Susu Asam Untuk Baking

Categories: BAKING|Komentar Dinonaktifkan pada Mengenal Buttermilk – Susu Asam Untuk Baking|
Mengenal buttermilk, susu asam untuk baking dan memasak

Arenga Indonesia – Buttermilk: Susu Asam untuk Baking

Saya pernah berpikir bahwa “buttermilk” adalah susu yang mengandung mentega. Untung lah sangkaan tersebut tidak benar, karena kenyataannya susu ini sama sekali tidak mengandung mentega.

Memang, dahulu kala buttermilk adalah hasil sampingan dari proses pembuatan mentega, namun, saat ini, sebagian besar buttermilk komersial dibuat melalui fermentasi susu dengan asam laktat (seperti yogurt dan sour cream).

Buttermilk untuk Baking dan Masakan

Buttermilk tidak langsung untuk dimakan, melainkan digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam industri baking maupun kuliner. Dengan cita rasa asam dan segar, membuatnya cocok digunakan dalam adonan dan adukan berbagai jenis resep makanan.

Karena kandungan lemak buttermilk lebih rendah daripada susu murni (whole milk), selain baking, susu asam ini juga digadang-gadang sebagai alternatif makanan sehat. Ini berkat kandungan bakteri baik di dalamnya yang bisa mendukung kesehatan pencernaan. Selain ia juga menawarkan nutrisi seperti kalsium, protein, dan vitamin B12.

Buttermilk, terutama banyak digunakan dalam berbagai resep makanan western. Fungsinya untuk memberikan kelembutan, rasa asam, dan kekentalan tertentu pada resep-resep tersebut.

Berikut adalah beberapa penggunaan umum untuk buttermilk:

1. Pembuatan Kue

Butter milk sering digunakan dalam resep kue seperti kue cokelat, kue kering, muffin, dan pancake. Peran buttermilk di sini untuk membantu menghasilkan tekstur adonan kue yang lembut dan mengembang dengan sempurna.

Penggunaan buttermilk dalam adonan dan adukan memberikan manfaat yang khas. Asam laktat dalam buttermilk berinteraksi dengan baking soda atau baking powder dalam adonan, yang menghasilkan gelembung udara dan membuat adonan mengembang. Ini memberikan hasil akhir yang lebih lembut dan ringan pada roti, kue, pancake, dan berbagai jenis produk panggang lainnya.

2. Susu Fermentasi untuk Marinasi Daging

Buttermilk digunakan sebagai bahan rendaman atau marinasi untuk daging seperti ayam dan ikan. Selain menambahkan rasa asam, susu fermentasi ini juga bisa melunakkan daging.

3. Saus dan Dressing

Buttermilk sering digunakan dalam pembuatan saus dan dressing seperti saus salad Ranch yang terkenal. Ini memberikan rasa asam dan kekentalan yang diinginkan untuk saus-saus tersebut.

4. Aneka Hidangan

Buttermilk juga bisa digunakan dalam hidangan seperti sup, kentang tumbuk, dan roti. Ini memberikan rasa asam yang menyegarkan dan membantu mencapai tekstur yang diinginkan dalam hidangan tersebut.

Baca juga : Kari atau Gulai? Memahami Perbedaan Antara Masakan India dan Indonesia

Cara Pembuatan Butter Milk

Dalam pembuatan mentega, susu diolah dengan cara dipukul atau dikocok secara intensif untuk memisahkan lemak susu dari komponen cairnya, yang kemudian menghasilkan mentega.

Hasil sampingan dari proses ini adalah cairan susu yang mengandung sedikit lemak dan protein susu. Inilah yang kemudian kita kenal sebagai buttermilk.

Dalam industri makanan komersial, buttermilk yang dijual umumnya tidak berasal dari proses pembuatan mentega secara tradisional. Sebaliknya, buttermilk yang tersedia di pasaran dihasilkan melalui fermentasi susu dengan tambahan asam laktat. Proses fermentasi ini mirip dengan yang digunakan dalam pembuatan yogurt dan sour cream.

Fermentasi buttermilk dengan asam laktat mengubah laktosa (gula dalam susu) menjadi asam laktat. Asam laktat memberikan cita rasa asam pada buttermilk dan berkontribusi pada tekstur dan kekentalannya.

Proses fermentasi ini juga meningkatkan daya cerna susu dan membuat buttermilk lebih mudah dicerna oleh beberapa orang yang sulit mencerna laktosa.

Alternatif Pengganti Susu Tinggi Lemak

Kelebihan lain dari buttermilk adalah kandungan lemaknya yang lebih rendah daripada susu murni. Dalam beberapa resep, buttermilk bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk susu murni yang mengandung lemak lebih tinggi. Penggunaan buttermilk dapat membantu mengurangi jumlah lemak dalam hidangan, sementara tetap memberikan rasa dan tekstur yang diinginkan.

Untuk orang-orang yang peduli dengan kesehatan dan nutrisi, buttermilk bisa menjadi pilihan yang menarik. Kandungan rendah lemaknya membuatnya lebih ramah bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau memiliki diet rendah lemak.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Menjelajahi surga sup kari di Sapporo, Jepang

    Menjelajahi Surga Sup Kari di Rojiura Curry Samurai Sakura, Sapporo

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter