Perubahan Lingkungan dan Dampaknya Terhadap Sumber Makanan Kita

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Perubahan Lingkungan dan Dampaknya Terhadap Sumber Makanan Kita|
Pengaruh-perubahan-lingkungan-pada-sumber-makanan-kita

Bumi adalah satu-satunya planet yang kita tahu memiliki kehidupan. Menyediakan semua sumber daya yang dibutuhkan bagi keberlangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bila terjadi perubahan lingkungan maka ada dampak besar terhadap sumber makanan kita.

Begitu pun, bumi adalah tempat di mana kita bertahan hidup dan berkembang biak. Rumah bersama kita ini hanya satu-satunya tempat yang menyediakan oksigen secara gratis.Tempat mengalirnya air, tumbuhnya makanan, dan tempat kita membangun tinggal, dimana kita selalu bisa pulang.

Jadi masuk akal kan jika semua orang bertangung jawa untuk merawat dan menjaga bumi ini agar tetap hijau, bukan? Begitu pun, kita harus tinggalkan bumi yang tetap sehat dan berkelanjutan untuk anak cucu kelak.

Tentang : Mengenal Palm Sugar – Definisi Sampai Ketersediaan di Pasar

Perubahan Linkungan

Namun akhir-akhir banyak kekuatiran bahwa bumi kita sedang mengalami perubahan lingkungan besar-besaran. Salah satunya proses peningkatan pemanasan secara global. Perubahan itu baik secara alami maupun karena aktivitas manusia.

Salah satu contoh perubahan lingkungan secara alami adalah perubahan iklim.

  • Perubahan iklim bisa terjadi secara alami karena adanya fluktuasi dalam sistem iklim global, seperti perubahan dalam intensitas sinar matahari atau perubahan dalam orbit bumi.
  • Perubahan iklim alami lainnya adalah karena aktivitas geologis seperti letusan gunung berapi atau pergerakan lempeng tektonik.

Dampak perubahan iklim secara alami ini akan berdampak pada kehidupan di planet ini, seperti perubahan pola cuaca, peningkatan suhu udara, naiknya permukaan air laut, dan perubahan ekosistem yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia dan hewan.

Cakupan Perubahan Lingkungan

Perubahan lingkungan dapat mencakup perubahan dalam kondisi fisik, kimia, biologis, dan sosial lingkungan. Contoh perubahan lingkungan termasuk perubahan iklim, polusi udara dan air, kehilangan habitat, perubahan penggunaan lahan, dan kerusakan ekosistem.

Dan makanan kita dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. Karena lingkungan memengaruhi ketersediaan, jenis, dan kualitas sumber daya alam yang digunakan untuk bahan makanan.

5 Perubahan Lingkungan Secara Alami atau Karena Aktivitas Manusia yang Mempengaruhi Sumber Makanan Kita

1.Perubahan Iklim: Perubahan iklim dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan hewan yang menjadi sumber makanan kita. Naiknya suhu global, perubahan pola curah hujan, dan perubahan tingkat kelembaban dapat mengubah ketersediaan sumber daya alam dan mengancam produksi makanan.

2. Kerusakan Lingkungan: Kerusakan lingkungan seperti deforestasi, degradasi lahan, dan polusi dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang digunakan untuk makanan. Hal ini dapat mengurangi ketersediaan sumber daya alam dan mengurangi kemampuan manusia untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.

Tentang: Gula Aren Seharusnya Bermutu Baik Tapi Tidak Selalu, Mengapa?

3. Urbanisasi: Peningkatan urbanisasi dapat mempengaruhi cara manusia memperoleh makanan. Ketergantungan pada makanan olahan dan makanan cepat saji yang lebih praktis dan mudah diakses dapat menyebabkan kurangnya asupan makanan yang sehat dan bergizi.

4. Globalisasi: Globalisasi telah membawa perubahan signifikan pada cara manusia memperoleh dan mengonsumsi makanan. Ketergantungan pada makanan impor dan pengaruh budaya asing dapat mempengaruhi jenis dan kualitas makanan yang tersedia di pasar lokal.

5. Teknologi Pangan: Teknologi pangan dapat mempengaruhi jenis dan kualitas makanan yang tersedia di pasar. Pemanfaatan teknologi dalam produksi, pengolahan, dan penyimpanan makanan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi makanan.

Tentang: Sumber Bahan Baku Gula Aren Organik

Begitu lah, makanan kita sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. Makanya penting banget penting bagi kita untuk memperhatikan perilaku kita terhadap lingkungan. Karena itu akan berdampak langsung pada produksi dan konsumsi makanan kita.

Mulai lakukan tindakan sederhana dengan mengambil langkah-langkah yang bisa kita lakukan. Itu sangat berguna untuk memastikan ketersediaan makanan yang sehat dan berkelanjutan untuk kita dan generasi di masa depan.

Arenga Indonesia, produsen gula aren organik di Tangerang

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter