Gerangan apasih Glycemic Index itu?

Glycemic Index atau indeks glisemik (selanjutnya GI) adalah angka yang digunakan untuk memberikan gambaran terhadap efek makanan dengan gula darah orang yang mengkonsumpsinya (atau kadar gula darah). Angka umumnya dari 10 hingga 100, dimana 100 sama dengan konsumsi glukosa murni.

GI ini merepresentasikan total kenaikan gula darah pasca mengkonsumsi makanan, dapat juga memberikan gambaran kecepatan kenaikan gula didalam darah. Kecepatan kenaikan ini dapat dipengaruhi berbagai macam faktor seperti jumlah lemak yang dikonsumsi berbarengan dengan makanan. GI bermanfaat untuk memberikan penjelasan bagaimana tubuh memecah karbohidrat dan hanya menghitung dari karbohidrat tersedia (karbohidrat total dikurang karbohidrat tidak tercena oleh serat) didalam makanan. Walaupun pada nantinya lemak dalam makanan yang akan mempengaruhi kenaikan gula darah, tetapi ini tidak termasuk dalam GI ini.

GI biasanya diterapkan dalam konteks jumlah makanan dan jumlah karbohidrat didalam makanan yang tercerna. Pengukuran lainya dikenal dengan Glycemic Load (atau GL), memberikan kuantitas faktor dari mengkalikan GI suatu makanan dengan karbohidrat yang dikonsumsi. Sebagai contoh bahwa semangka mempunyai GI yang tinggi tetapi GL yang rendah perkonsumsp, dibanding dengan Frukotsa yang mempunyai GI rendah tetapi menjadi GL yang tinggi bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Gula Aren Organik Arenga mempunyai GI yang rendah, sekitar 35 point, yang memberikan gambaran akan rendahnya sekali lonjakan gula darah pasca konsumsi. Maka gula aren menjadi favorit untuk pengganti pemanis bagi penderita Diabetes Melitus type 2, dan berbagai tipe kanker, dimana baik kadar gula dalam darah yang harus dikontrol, juga kadar Insulin (hormon pemecah gula dalam darah) yang dijaga dalam jumlah rendah.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenaik Glycemic Index, anda dapat mengunjungi:

2018-06-26T13:22:15+00:00August 27th, 2014|Info|0 Comments

Leave A Comment