5 Takjil Ramadhan Populer di Arab Saudi

Categories: Kuliner Internasional|Komentar Dinonaktifkan pada 5 Takjil Ramadhan Populer di Arab Saudi|
5-Makanan-Takjil-Populer-di-Arab-Saudi-untuk-Buka-Puasa-di-Bulan ramadan

Takjil Ramadhan di Arab Saudi – Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan suci diisi dengan berbagai kegiatan seperti berpuasa dari fajar hingga maghrib, membaca Al-Quran, serta melakukan amal ibadah lainnya.

Yang membuat Ramadhan tambah meriah adalah tradisi buka puasa bersama, baik dengan keluarga atau rekan kerja. Acara ini akan selalu disemarakan oleh berbagai jenis makanan dan minuman yang disebut takjil.

Jadi takjil adalah hidangan ringan saat berbuka sebelum dilanjutkan dengan makan besar. Di Indonesia banyak sekali jenis takjil baik berupa makanan maupun minuman.

Dari deretan minuman segar yang biasa dijadikan takjil di Indonesia adalah es buah, es kelapa muda, es cendol, es timur suri, es blewah, cincau dan banyak lagi.

Sementara dari deretan makanan ringan seperti pisang goreng, kolak, lumpia, kue-kue tradisional dan moderen dengan rasa manis maupun asin.

Begitu pun di Arab Saudi, takjil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Ramadhan masyarakat sana. Fungsinya juga sama dengan tradisi di Indonesia, makanan dan minuman manis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi setelah seharian berpuasa.

5 Takjil Ramadhan yang Umum di Arab Saudi

Qatayef, salah satu hidangan takjil yang populer di Arab Saudi atau Timur Tengah
Qatayef

1. Dates (Kurma)

  • Kurma adalah takjil Ramadhan paling populer di negara-negara Arab atau Timur Tengah umumnya. Buah ini dianggap sebagai makanan sunnah karena Rasulullah SAW sangat menyukai kurma dan sering mengonsumsinya saat berbuka puasa. Kurma kaya akan serat, gula alami, dan vitamin, sehingga sangat baik untuk memberikan energi setelah berpuasa.

2. Jallab

  • Jallab adalah minuman takjil yang terbuat dari campuran sirup gula aren, kurma, jus anggur hitam, lalu diberi kacang pinus, kismis,dan air mawar. Minuman ini sangat menyegarkan dan kaya akan nutrisi, terutama karena jus anggur hitamnya yang mengandung antioksidan.

Baca juga:

3. Laban Sebagai Takjil Ramadhan di Arab

  • Laban atau susu fermentasi adalah minuman tradisional yang umumnya dijumpai di seluruh Timur Tengah. Minuman ini sangat populer sebagai takjil ramadhan di negara Arab karena tinggi kandungan proteinnya. Pun kemampuannya dalam memberikan rasa segar dan yang mengalir di kerongkongan sesaat buka puasa. Di Indonesia kita mengenal Laban sebagai yoghurt.

4. Qatayef

  • Qatayef adalah jenis pastri yang biasanya diisi dengan keju atau kacang. Bentuknya seperti pastel di Indonesia. Disajikan bersama dengan sirup gula atau madu, dan sangat populer di Arab Saudi. Qatayef kaya akan karbohidrat dan protein, sehingga sangat baik untuk memberikan energi setelah berpuasa.

5. Samosa

  • Samosa Samosa adalah makanan kecil yang biasanya diisi dengan kentang, daging cincang, atau sayuran. Makanan ini sangat populer di seluruh Arab Saudi dan biasanya disajikan sebagai takjil ramadhan karena ukurannya yang kecil dan kandungan nutrisinya yang tinggi.

Demikianlah beberapa makanan takjil ramadhan yang umumnya dijumpai di Arab Saudi. Selain lima makanan di atas, masih banyak lagi makanan takjil lainnya yang dapat dinikmati selama bulan Ramadan.

Dan tradisi buka puasa dengan takjilnya ini dapat terus terjaga dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Ramadan di seluruh dunia.

Arenga Indonesia, produsen gula aren semut dan sirup gula aren di Tangerang.

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Menjelajahi surga sup kari di Sapporo, Jepang

    Menjelajahi Surga Sup Kari di Rojiura Curry Samurai Sakura, Sapporo

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter