Pisang Tanduk Goreng Gula Aren

Pisang goreng tanduk gula aren

ArengaIndonesia.com – Pisang Tanduk  Goreng Gula Aren – Kadang kalau lihat pisang tanduk di pasar suka bingung ya, mau diapakan? Sudah bentuknya besar panjang, langsung dimakan sebagai buah juga kurang enak. Jadinya kalau lihat pisang tanduk seringnya dilewatkan saja.

Pisang tanduk seperti juga pisang kepok memang kurang enak dinikmati segar. Sekalipun sudah masak, kedua jenis pisang ini kurang manis. Malah tak jarang pisang kepok terkadang mengandung biji. Sementara pisang tanduk agak “sepet”. Jadi  kurang diminati sebagai buah segar.

Makanya kedua jenis pisang ini sering dijadikan kolak atau digoreng. Kali ini Arenga Kuliner menyajikan resep pisang goreng yang takan ditolak. Bisa disajikan sebagai cemilan keluarga dan kedai kopi (cafe). Rasanya aduhai, cocok memenuhi selera milenial yang suka manis tapi tetap sehat.

Bahan Pisang Tanduk Goreng Gula Aren :

  • 3 buah pisang tanduk, potong-potong
  • 3 buah nangka masak (200 gram), potong kotak
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung sagu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh kayumanis bubuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula semut arenga
  • 1 butir telur, kocok sebentar
  • 250 ml air
  • 500 ml minyak untuk menggoreng:

Baca juga:

Langkah Memasak Pisang Tanduk Goreng:

  1.  Campur tepung terigu, tepung sagu, baking powder, kayumanis bubuk, garam, dan gula semut Arenga. Aduk rata.
  2. Masukkan air dan telur. Aduk sampai licin.
  3. Masukkan pisang dan nangka. Aduk rata. Sendokkan dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang.
  4. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Resep pisang tanduk gula aren ala Arenga, siap dinikmati!
Foto pisang yang sudah terlalu matang

Pisang yang sudah terlalu matang

Tips memilih pisang untuk digoreng:

  1. Pilih pisang dengan kematangan pas. Artinya tak terlalu muda, tidak pula terlalu matang
  2. Caranya dengan menekan buah pisang. Sudah terasa empuk tapi tidak terlalu lunak
  3. Hindari kulit pisang yang sudah banyak bintil-bintil hitamnya. Karena itu sudah menandakan pisang over ripe , terlalu matang

Selamat berkarya. Pisang tanduk goreng gula aren ini cocok sekali sebagai camilan milan  keluarga atau dijual sebagai menu pelengkap di cafe. Rasanya yang legit dan crispy bersatu di lidah bersama kopi susu atau resep minuman lain kegemaran.

Beli gula aren organik di Toped atau market place lainnya dengan memilih Brand Arenga

Share artikel ini

24 Comments

  1. nurulrahma November 11, 2021 at 9:45 am - Reply

    Yummy!!
    Gula semut arenga plus nangka bikin aroma wangiiii menguar ke mana-mana ini ya mbaaa
    aakk, aku jadi pengin recook resep ini.
    udah lama ga bikin posGor, karena harga minyak goreng lagi mihillll banget.

  2. andiyani achmad November 11, 2021 at 2:18 pm - Reply

    favorit aku ini pisang goreng tanduk goreng garing terus dimakannya pakai mentega dan gula wah mantap banget deh… apalagi makannya buat sarapan, best itu

  3. Farida Pane November 11, 2021 at 4:26 pm - Reply

    Gula aren nih emang lebih legit dari gula pasir, ya. Anak2ku pun suka banget gula aren.

  4. Lisdha www.daily-wife.com November 11, 2021 at 9:07 pm - Reply

    Wah aku blm pernah masak pisang tanduk mbak evi. Seringnya pisang kepok. Juga belum pernah nih goreng pisang dikasih gula semut.Bisa nih dicoba…

  5. Wiwied Widya November 11, 2021 at 9:41 pm - Reply

    Asyik ada tips memilih pisangnya juga. Aku baru aja mo tanya soal itu. Btw kalau pisang over ripe enaknya diolah gimana ya mbak? Sayang sih kalau lsg buang jg.

  6. Ucig November 11, 2021 at 10:55 pm - Reply

    Aku belum pernah campur nangka nih mba, kayaknya nambah nikmat yaa. Rasanya pasti manis nyees manisnya tuh beda karena ini dengan gula arenga 😍 penasaran, tukang pisgor tanduk tiap sabtu ku lewatin. Rameee bangeet..mungkin dia pake arenga indonesia nih hihi

  7. Katerina November 12, 2021 at 10:00 am - Reply

    Pisang tanduk digoreng enak, dijadikan kolak ga kalah enak. Kalau buat teman ngopi paling cocok digoreng gini ya. Apalagi dimakan selagi hangat. Bisa-bisa kopi nambah 2 gelas, pisangnya nambah 2 porsi :))

  8. Nurul Sufitri November 12, 2021 at 12:54 pm - Reply

    Pisang tanduk emang enak, dibuat kolak mantap rasanya. Kalau digorng kayaknya aku belum hahaha biasanya pisang ambon. Enak nih kapan2 digoreng ya si pisang tanduk pakai dula semut. Ditemani secangkir teh tawar nikmaaaat 🙂 Kalau gitu milihnya jangan yang terlalu matang biar ga benyek.

  9. Hehe iya aku jarang beli pisang kalau dan bintik2 gtu kecuali kalau msh dikit bintiknya dan yakin akan segera habis.
    Nyam nyam perpaduan pisang goreng dan nangka pasti enak banget mbak, apalagi manis pakai gula aren yaa. AKu biasanya tambahin juga tu parutan keju buat topping menemani santap pisgor 😀
    Dinikmati sambil ngopi jg cocoookk

  10. Nurul Fitri Fatkhani November 12, 2021 at 8:01 pm - Reply

    Kemarin adik saya membelikan pisang goreng dengan gula yang jadi topiingnya. memang-memang enaak. Cocok dimakan menemani hujan yang sering turun akhir-akhir ini.

  11. Eri Udiyawati November 12, 2021 at 8:06 pm - Reply

    Pisang tanduk dibuat aneka macam hidangan memang pas, ya. Termasuk digoreng aja. Setuju, jangan pilih pisang yang udah banyak bintiknya karena nanti lembek banget.

  12. Nanik Nara November 13, 2021 at 4:07 am - Reply

    Pisang tanduknya pasti jadi lebih manis dengan baluran tepung yang dicampuri gula semut arenga. Ditambah aroma vanili, bikin ngemil jadi makin asyik

  13. Tuty Queen November 13, 2021 at 8:07 am - Reply

    Pisang tanduk biasanya sekeluarga suka dibikin kolak atau di goreng. Lihat resep ini jadi pengen explore juga pisang tanduk pakai fla vanila

  14. Dian November 13, 2021 at 1:39 pm - Reply

    wah asik ini
    ada resep camilan favoritnya anak anakku
    anak anakku senang pisang goreng mbak, cuma belum pernah pakai fla vanila

  15. Arinta Adiningtyas November 13, 2021 at 5:29 pm - Reply

    Wah, aku belum pernah bikin pisang goreng pakai gula aren. Biasanya gula aren dipake buat bikin kopi aja. Atau bikin juruh, buat saus lupis gitu. Aiih, legit banget pasti.

  16. Lia Yuliani November 13, 2021 at 5:36 pm - Reply

    Belum pernah cobain pisang goreng dipadukan ama gula aren. Pasti enak ya. Pakai gula aren ini lebih alami. Jadi camilan sehat, nih. Enaknya makan pisang goreng ditemani minuman yang anget kaya teh atau coklat panas. Kebayang nikmatnya

  17. Witri Prasetyo Aji November 13, 2021 at 6:07 pm - Reply

    Pisang goreng salah satu makanan favorit aku, apalagi sering ujan kayak gini,,cocok buat camilan. Tp belum nyoba sih digoreng campur nangka, kapan2 bisa dicoba

  18. diane November 13, 2021 at 7:09 pm - Reply

    Boleh juga nih resepnya..pengen cobain pake gula aren..selama ini pakenya gula pasir aja.. Ditambah nangka makin sedep ya kak..

  19. Nia Haryanto November 13, 2021 at 8:15 pm - Reply

    Waduh, enak banget nih pisang goreng tanduk begini. DI musim hujan begini, dingin-dingin ditemenin pisang goreng dan kopi atau teh hangat pasti enak. Jadi kepengen bikin deh. Pasti orang-orang rumah suka 😀

  20. Sri Widiyastuti November 13, 2021 at 8:32 pm - Reply

    Belum pernah mencoba menggoreng pisang tanduk pakai gula aren. Selama ini saya jarang sekali memberi adonan tepungnya dengan gula, apalagi gula aren. Karena nanti minyaknya cepet kotor hehe btwtapi kayaknya penasaran juga membuat goreng pisang dengan gula aren.

  21. Ade UFi November 13, 2021 at 9:09 pm - Reply

    Wah boleh nih saya coba resep pisang tanduk gula arennya. Secara pak suami suka banget sa pisang goreng

  22. Helena November 13, 2021 at 9:28 pm - Reply

    Ow aku belum pernah makan pisang tanduk. Buatnya dicampur nangka yah. Belum kebayang rasanya. Perlu coba nih dicampur gula semut supaya Makin manis

  23. lendyagassi November 13, 2021 at 10:14 pm - Reply

    Masku banget.
    Kalau ada pisang nganggur, suka minta dimasak jadi pisang goreng. Rasanya so classic tapi menyenangkan yaa.. bikin tenteram genderang perut.
    Hihii…apalgi di musim hujan begini.

  24. Andy Hardiyanti November 13, 2021 at 10:33 pm - Reply

    Lagi berkunjung ke rumah ibu dan pas banget nih ada pisang tanduk. Ibu minta digoreng seperti biasa, tapi lihat resep ini kok kayaknya boleh juga. Semoga pisangnya pun matangnya pas. Jadi cocok sama resepnya.

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • pengawet nira alami dan manfaat buah rambusa

    Pengawet Nira Aren Menggunakan Buah Rambusa

  • Pohon-aren-sebagai-sumber-kesejahteraan-ekonomi

    Pohon Aren dan Manfaatnya Sebagai Sumber Kesejahteraan Ekonomi

  • Daun-padan-dalam-Arenga-Liquid-Palm-Sugar

    Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar dan Apa Faedahnya?

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

Artikel Terkait