Pecinta Cokelat Wajib Tahu – 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Categories: COKELAT|Komentar Dinonaktifkan pada Pecinta Cokelat Wajib Tahu – 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan|
5 manfaat cokelat coklat untuk kesehatan

Tangerang, Arengaindonesia.com – 5 Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Salah satu jenis minuman yang paling diterima orang di seluruh dunia selain kopi dan teh adalah minuman yang terbuat dari bubuk cokelat. Setelah bercampur dengan susu dan bahan tambahan lain, membuat minuman dengan tekstur lembut ini jadi lebih mudah sebagai pilihan favorit bagi banyak orang.

Selain sebagai minuman, coklet juga adalah bahan penting dalam banyak makanan penutup dan camilan. Banyak sekali kreasi makanan yang lahir dari coklat. Mulai dari cake yang legit, kue kering atau cookies yang renyak sampai pada pasta yang diolehkan pada aneka roti dan kue.

Rasanya menggugah selera. Kita dianjurkan secara rutin mengkomsi cokelat. Karena bahan makanan yang berasal daru buah kakao ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia. Terutama karena kandungan antioksidan yang tinggi, seperti polifenol, flavanol, dan katekin.

Coba Tengok Beberapa Manfaat Kesehatan Jika Mengkonsumsi Cokelat

Jadi menikmati cokelat tidak sekadar dari rasa manisnya atau creamy-nya tapi manfaat kesehatan setelah kenikmatan manis berlalu. Dan manfaat coklat bagi kesehatan dalam artikel ini mengacu pada coklat hitam atau dark chocolate.

1.Melindungi Kesehatan Jantung Agar Awet Muda

Salah satu manfaat utama cokelat adalah kemampuannya untuk melindungi kesehatan jantung. Kandungan flavanol dalam cokelat telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke jantung dan pembuluh darah, serta penurunan risiko penyakit jantung koroner. Flavanol membantu meningkatkan fungsi endotel, yaitu lapisan dalam pembuluh darah, yang mengatur aliran darah dan tekanan darah.

2. Merasa Lebih Bahagia dengan Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Mengonsumsi cokelat juga dapat memberikan efek positif pada suasana hati dan mengurangi tingkat stres. Cokelat mengandung senyawa seperti feniletilamin (PEA) dan serotonin, yang dikenal sebagai “hormon kebahagiaan”. Senyawa-senyawa ini dapat merangsang pelepasan endorfin, zat kimia dalam otak yang meningkatkan perasaan bahagia dan relaksasi.

3. Lebih Pintar dan Konsentrasi Karena Coklat Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa cokelat, terutama cokelat hitam, dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan flavanol dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Ini dapat berdampak positif pada memori, perhatian, dan pemecahan masalah.

4. Membuat Kulit Lebih Lembab

Antioksidan yang terkandung dalam cokelat juga memiliki manfaat positif pada kesehatan kulit. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, flavanol dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, memberikan nutrisi yang cukup, dan meningkatkan kelembapan kulit.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfat cokelat untuk kesehatan laiinnya bisa dilihat dari beberapa penelitian. Penelitian itu menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan flavanol dalam cokelat dapat membantu relaksasi pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tapi tentu saja perlu diingat bahwa efek ini mungkin bervariasi, tergantung pada jenis dan jumlah cokelat yang dikonsumsi.

Penutup

Meskipun cokelat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, perlu diingat bahwa mengonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Terutama cokelat yang mengandung lemak dan gula yang tinggi, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam batas yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Jadi untuk memberi pemanis coklat agar lebih sehat gunakan gula aren atau yang dikenal juga sebagai palm sugar yang diolah secara organik.

Terakhir, cokelat mengandung antioksidan tinggi, seperti polifenol, flavanol, dan katekin, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, meningkatkan mood, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan kulit, dan membantu menurunkan tekanan darah. Namun, tetaplah mengonsumsi cokelat dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang untuk mendapatkan manfaat optimal.

Arenga Indonesia. Supplier gula aren untuk industri coklat dan baking di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter