Resep Minuman Gula Aren, 4 Minuman Tradisional Bisa Untuk Bisnis

5 resep minuman tradisional menggunakan gula aren

Resep minuman tradisional menggunakan gula aren ini akan mampu memikat para penikmatnya, seperti cendol gula aren. Sekalipun kita sudah hidup di zaman modern. Selera warisan nenek moyang tidak terlupakan. Buktinya kita memesan minuman ini berkunjung ke rumah makan atau di kios khusus. Dalam pos ini tersedia Resep minuman bajigur, bandrek, cendol, dan cincau hijau.

Minuman tradisional punya misi masing-masing. Mulai dari untuk menghangatkan tubuh seperti bandrek sampai minuman yang menyegarkan seperti es cendol. Bahan baku untuk membuat minuman tradisional ini juga relatif mudah didapat.

 1. Resep Minuman Bajigur Untuk Jualan

Ini lah minuman favorit dari tanah Sunda. Sesui dengan karakter geografis masa lalunya, masyarakat Sunda yang tinggal di kawasan pegunungan dengan udara yang selalu sejuk, membutuhkan minuman penghangat badan. Dengan sensasi rasa gurih dari santan dan manis legitnya gula aren, segelas bandrek bersama ubi, singkong, kacang atau jagung rebus sepadan dalam memberi kehangatan. 

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 100 gram kolang kaling dibelah menjadi dua
  • Setengah butir kelapa muda diambil dagingnya dan dipotong kecil
    • 2 lembar roti tawar
  • Air untuk merebus kolang kaling
  • Baca juga Gula Aren Untuk Industri  

    Bahan Untuk Kuah

    • 900 ML santan dari 1 butir kelapa
    • 2 sendok teh kopi instan

    Cara Membuat Minuman Bajigur Untuk Jualan: 

    Cuci kolang-kaling sampai bersih, rebus hingga lunak selama kurang lebih 15 menit. Tiriskan.

    Panaskan santan. Masukan berturut -turut kopi instant, gula aren bubuk, tunggu sampai mendidih sambil diaduk perlahan.

    Sajikan dalam mangkuk atau gelas berisi kolang-kaling irisan roti tawar dan irisan daging kelapa muda baru di siram dengan kuah bajigur.

    Baca juga : Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

    2. Resep Membuat Bandrek

    Resep minuman bandrek untuk bisnis
    Bandrek dan gula aren

    Minuman tradisional ini terkadang berfungsi sebagai jamu. Karena bandrek dibuat dari rempah-rempah berkhasiat. Tak heran di masa pandemi Corona-19 ini permintaan akan minuman ini meningkat tajam. Karena jahe, kayu manis cengkeh sudah dipercaya memiliki kandungan sebagai antioksidan tinggi. Selain tentu saja mampu menaikan imunitas tubuh. 

    Selain minuman bandrek dengan gula aren juga terkenal enak. Dengan resep dan pembuatan yang tepat minuman bandrek bisa dijadikan bisnis atau usaha. 

    Bahan-bahan Membuat Bandrek

    • 6 cm jahe dibakar dikupas dan dimemarkan
    • 5 cm kayumanis
    • 5 butir cengkeh
    • 2 lembar daun pandan
    • Satu bungkus arenga Palm sugar 225 gram dan gunakan secukupnya
    • Setengah sendok makan garam
    • 1 liter air

    Cara Membuat Bandrek

    • Air, jahe kayu manis cengkeh dan daun pandan dan gula kelapa garam dipanaskan hingga mendidih dan beraroma harum
    • Angkat dan disaring kemudian disajikan

    Bahan-bahan bandrek di atas mudah ditemukan, di pasar atau di warung. Hebatnya, resep minuman bandrek ini bisa jadi lahan bisnis. 

    Baca juga : Resep Es Kopi Moka Karamel Mudah Membuatnya di Rumah

    3. Resep Membuat Cendol Gula Aren

    "Cendol

    Kalau lah ada minuman tradisional yang sudah keliling mancanegara, salah satunya pasti cendol. Sekalipun minuman yang terbuat dari tepung beras ini diakui berasal dari Jawa Barat, cendol dapat kita temui di seluruh kawasan Asean. Nama mereka mungkin berbeda. Tapi cendol ya tetap cendol dengan gurih santan dan legit gula merahnya.

    Bahan-bahan Membuat Cendol, Minuman Asli Indonesia

    • 500 gram tepung beras
    • 100 ml air daun suji
    • Setengah sendok teh garam
    • 800 ML air masak

    Bahan Untuk Sirup

    • Satu bungkus arenga Palm sugar 225 gram
    • 600 ml air

    Bahan Untuk Kuah

    • 1 liter santan dari 2 butir kelapa
    • 2 lembar daun pandan
    • 1 sendok teh garam

    Pelengkap

    Es batu secukupnya

    Cara Membuat Cendol Gula Aren

    1. Untuk cendol tepung beras air dan daun suji dan garam dicampur rata dipanaskan hingga menjadi bubur dan masak, dicetak menjadi cendol dengan cetakan cendol.

    2. Sirup: masukkan arenga Palm sugar ke dalam air dipanaskan hingga mendidih.

    3. Kuah: santan garam dan daun pandan di panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih. Angkat kemudian disaring.

    4. Cara penyajian: cendol sirup dan kuah santan dimasukkan ke dalam gelas saji disajikan bersama es batu.

    Cendol gula aren adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung ketan, air, dan pewarna pandan yang dipotong-potong kecil seperti mie. Kemudian, cendol tersebut dicampur dengan santan dan gula aren, yang memberikan rasa manis dan aroma khas pada minuman ini.

    Cendol gula aren biasanya dihidangkan dengan es serut dan air kelapa muda sebagai bahan dasar penyajiannya. Minuman ini sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatera, dan sering dijual di warung-warung makanan dan pedagang kaki lima.

    Selain rasanya yang lezat, cendol gula aren juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Gula aren yang digunakan sebagai pemanis pada minuman ini mengandung banyak nutrisi dan mineral, seperti kalium, kalsium, fosfor, dan vitamin B. Selain itu, santan yang digunakan dalam pembuatan cendol gula aren juga mengandung asam laurat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

    Dalam beberapa tahun terakhir, cendol gula aren juga telah diperkenalkan ke negara-negara lain, seperti Malaysia, Singapura, dan Australia, dan semakin populer di antara penggemar kuliner dunia. Jadi, jika Anda belum pernah mencoba cendol gula aren, jangan ragu untuk mencicipinya dan menikmati sensasi rasa yang lezat dan segar.

    4. Resep Minuman Es Cincau Hijau Gula Aren

    Di masa kanak-kanak, Mamin Arenga Indonesia sering membuat cincau hijau sendiri. Bahan bakunya mudah didapat. Karena pagar  rumah tetangga di kampung dirambati pohon cincau yang rimbun :). Eh ternyata tanaman yang sering disia-siakan di masa lalu ini ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Selain serat, klorofil, ada protein dan kalium di dalamnya. Berguna untuk menurunkan tekanan darah, mencegah diare, sampai mencegah kanker. 

    Bahan-bahan untuk membuat es cincau hijau

    • 20 lembar daun cincau hijau
    • 500 gram es serut
    • 600 ml air matang
    • Arenga gula aren cair pandan secukupnya

    Bahan untuk kuah

    • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 3 lembar daun pandan disimpulkan
  • Seperempat sendok teh garam
  • Baca juga : 6 Resep Jajanan Pasar Menggunakan Gula Aren

    Cara membuat es cincau hijau

    1. 10 lembar daun cincau hijau diremas-remas dalam 300 ml air matang hingga daun hancur dan air berubah warna menjadi hijau tua dan sedikit kental
    • sisa air dan 10 lembar daun cincau hijau dimasukkan diremas kembali disaring untuk memisahkan ampas dengan cairannya yang kental. cairan yang kental dibiarkan selama 3 jam atau dimasukkan ke dalam kulkas hingga menjadi padat dan bisa dipotong-potong.
    • Kuah santan: santan daun pandan dan garam dipanaskan hingga mendidih diangkat.
  • Penyajian cincau hijau es serut dan sirup pandan ditata dalam gelas saji disiram dengan kuah santan.
  • Semoga resep minuman gula aren di atas membantu teman-teman. Baik untuk keperluan di rumah maupun jadi lahan bisnis. 

    Share artikel ini

    25 Comments

    1. Nchie Hanie Agustus 31, 2020 at 1:08 pm

      Akutu paling suka kalo minuman@ tradisional, entahlah lidah ini emang ndesonya kuat banget, aplaagi minuman di atas, huhuu bandrek kalo pas cuaca dingin, menghangatkan tubuh huhu..

    2. HM Zwan September 3, 2020 at 8:52 am

      Ya ampun, ini semua favoritku mbkk.. Tau bajigur pas tinggal di Subang Jawa Barat. Enak banget, seger gitu diminum anget anget..

      • Sapti nurul hidayati September 6, 2020 at 8:06 pm

        Wah…jadi ingat dulu pernah minum bandrek yang kemasan. Hanjuang kalau tidak salah merknya. Enaak banget. Seger…ini malah dikasih resepnya. Besok nyobain ah….praktik bikin…

    3. @nurulrahma September 3, 2020 at 11:53 am

      Mau ikutan coba Mbaaa
      Asik banget nih resepnya.
      Gampil dibikin dan rasanya segeerrr ya

    4. Jiah Al Jafara September 3, 2020 at 1:49 pm

      Cendol sama es cincau tuh paling enak kalau pakai gula aren. Diminum pas hari panas, duh segarnya! Apalagi ditambah es

    5. Mugniar September 3, 2020 at 2:59 pm

      Wuah enak semua nih Mamin. Oya kalo di Makassar ada sarabba, sejenis bandrek. Pake gula aren juga, Mamin.

    6. Farida Pane September 4, 2020 at 7:38 am

      Aku suka banget pake gula aren. Memang aroma dan rasanya lebih nikmat, ya

    7. Nathalia DP September 4, 2020 at 2:46 pm

      Wuih, baca resep minuman ini jadi pengen bajigur sama es cendol 🙂

    8. halochichie September 4, 2020 at 7:48 pm

      Dari keempat minuman itu kalau aku paling favorit sama cendol tentunya, kedua baru bajigur tapi kalau bajigur aku lebih senang dengan menggunakan es batu minumnya.

    9. Nchie Hanie September 4, 2020 at 11:08 pm

      Ahh, mau bandrek sekarang, lagi dingiiin cuacanya kalo malem.
      duh yang anget2 enyaak mengahantkan tubuh nih, bandrek, bajigur eehhh..

    10. Dedew September 5, 2020 at 5:48 am

      Duh semuanya kesukaanku Kaak..apalagi bandrek duh enak banget diminum panas-panas saat cuaca dingin…

    11. Sri Widiyastuti September 5, 2020 at 7:46 am

      wah makasih resepnya mbak, aku udah lama pengen banget buat bajigur. kalau minum bajigur jadi inget waktu kecil. sayangnya skrg ga ada yang juala yaa

    12. Eri Udiyawati September 5, 2020 at 8:46 am

      Dulu pas kecil suka banget minum bajigur dan es cincau karena mama saya sering buatnya. Kalau pakai gula aren, rasanya manisnya lebih mantap dan nikmat. Jadi pengen buat nih, udah lama gak minum bajigur dan cincau buatan rumah.

    13. ranirtyas86 September 5, 2020 at 8:53 am

      Ya Allah aku auto ngeces baca ini. Membayangkan hangatnya bajigur merasuk lewat tenggorokan. Gula aren banyak fungsinya ya ternyata, bikin aroma minuman tradisional jadi tambah manis dan beda rasanya.

    14. Ranny September 5, 2020 at 4:13 pm

      Favorit bangeeet gula aren. Suka banget untuk campuran makanan juga minuman. Next time mau coba es cincau hijau.

    15. Aswinda Utari September 5, 2020 at 7:32 pm

      Hmm.. Kan jadi pengen bebikinan minuman liat ini. Disini aku suka bgt minum es dawet. Mungkin lbh dikenal cendol disana ya. Bahannya sama soalnya. He

    16. ira duniabiza September 5, 2020 at 9:44 pm

      Minuman dengan gula aren itu sensasinya di lidah dan hidung menantang banget ya mba… enak dan gurih…. apalagi minuman bajigur… suka sekali

    17. Lina W. Sasmita September 5, 2020 at 9:50 pm

      Masya Allah kangen banget dengan bajigur dan bandrek. Dua minuman tradisional semasa kecil yang kini jarang dijumpai.

    18. Adriana Dian September 5, 2020 at 10:00 pm

      waaaah ngeliat resep bandrek, ternyata ngga terlalu sulit membuatnya ya maaaak. Mau cobain juga ah buat bandrek pake gula aren.. makasi resepnya ya maaaak

    19. Aprillia Ekasari September 5, 2020 at 10:41 pm

      Bajigur dan bandrek, entah kenapa kalau inget kedua minuman ini keingetnya suasana kemping di dataran tinggi sama teman2 hehe. Biasanya di lokasi kemping ada yang jualan minuman penghangat ini. Tengkyu resepnya mbak 😀

    20. Cindy Vania September 5, 2020 at 11:52 pm

      Tertarik nyobain bandrek nih karena aku belom pernah minum. Kayaknya enak hangat gitu yaa

    21. lendyagasshi September 5, 2020 at 11:57 pm

      Suamiku kalau lelah suka banget minta dibikinin bandrek atau bajigur.
      Rasanya menghangatkan badan dengan sempurna.

    22. Wiwied Widya September 6, 2020 at 12:16 am

      Asyiiik banyak resep minuman enak. Tapi yang cincau rada ribet ya bikinnya. Mungkin harus dibikin langsung banyak sekalian cincaunya, jadi kalau pengen bikin minum tinggal ambil.

    23. Syarifani Mulyana September 10, 2020 at 2:29 pm

      Aku suka minuman tradisional yang ada gula arennya. Rasanya nikmat bila dibanding gula biasa.
      Kapan-kapan pingin bikin bandrek sendiri di rumah pakai resep ini deh

      • Arenga Indonesia September 23, 2020 at 9:26 pm

        Fungsi gula aren selain meningkatkan rasa nikmat di lidah Mbak juga meng-improve sehatnya Mbak 🙂

    Comments are closed.

    Artikel Terbaru

    • Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

      Ini Lah Fakta Menarik Udang Goreng yang Jarang Diketahui

    • Es jelly cincau gula aren cair

      Es Jelly Cincau Gula Aren, Minuman Segar untuk Segala Cuaca

    • tomat ceri simanis cantik yang kaya manfaat

      Tomat Ceri Si Mungil Manis dengan Segudang Manfaat

    • nasi timbel masakan khas Sunda

      Nasi Timbel Makanan Khas Sunda yang Bikin Nagih

    • Mengenal pretzel roti jerman

      Berkenalan Dengan Pretzel: Camilan Renyah dan Lembut Khas Jerman

    Arenga Customer Care

    Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

    0819 3241 8190

    Artikel Terpopuler

    • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

      10 Fakta Tentang Palm Sugar

    • agar-agar santan gula aren

      Agar-Agar Santan Gula Aren

    • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

    • Cerita elok dari kampung

      Cerita Elok Dari Kampung Aren

    • Resep iga bakar gula aren Arenga

      Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

    • Cara menikmati sayuran hijau mentah

      Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

    • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

      Beda Gula Aren dan Gula Semut

    • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

      Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter