Thai Tea Brown Sugar : Kenikmatan Teh Hitam Khas Thailand

Thai tea brown sugar Thai Tea Brown Sugar : Kenikmatan Teh Hitam Khas Thailand

TANGERANG. ARENGAINDONESIA.com – Thai Tea Brown Sugar : Kenikmatan Teh Hitam Khas Thailand. Untuk resep teh khas Thailand ini ada di paragraf terakhir ya teman-teman.

Ini adalah salah satu jenis minuman kekinian yang disukai banyak orang. Teh khas Thailand ini menawarkan kombinasi rasa rempah yang unik dan meriangkan perasaan. Terbuat dari teh hitam seduh, diberi rempah seperti bunga pekak, asam jawa, dan kapulaga. Kadang juga ditambahi bumbu lain yang membuat minuman ini menjadi favorit di kalangan penggemar teh masala chai.

Rasanya semakin nikmat karena Thai Tea Brown Sugar khas negeri Gajah Putih ini kemudian diberi pemanis seperti brown sugar atau palm sugar dengan susu, lalu disajikan dengan es.

Teh Hitam Pekat dan Rempah Beraroma Harum

Proses pembuatan Es Teh Thailand dimulai dengan teh hitam yang diseduh dengan kuat. Di tempat aslinya, biasanya menggunakan teh hitam dari jenis Ceylon atau Assam. Kedua jenis teh ini terkenal karena denga rasa kuat dan kaya.

Kemudian, bumbu-bumbu seperti bunga pekak, asam jawa yang dihancurkan, kapulaga, dan bumbu lainnya ditambahkan ke dalam teh. Bumbu-bumbu ini memberikan aroma dan rasa khas pada Thai Tea, serta memberikan sentuhan rempah yang lezat.

Setelah bumbu-bumbu ditambahkan, untuk memperkaya rasa, Thai Tea baru ditambahkan brown sugar. Kalau tidak ada bisa menggantinya dengan Arenga gula semut atau gula aren cair untuk memberikan rasa manis yang legit.

Untuk melembutkan rasa, tambahkan susu atau susu kental manis. Kita sudah tahu deh, kombinasi antara gula aren cair dan susu kental manis memberikan Thai Tea brown sugar dengan cita rasa yang khas.

Thai Tea brown sugar biasanya disajikan dengan es. Ini memberikan sensasi kelezatan dan kesegaran yang sempurna untuk dinikmati di cuaca yang panas.

Sejarah Thai Tea dan Penemuan Es Teh

Thai Tea, atau Teh Thailand, memiliki sejarah menarik yang melibatkan perjalanan panjang tanaman teh dari Tiongkok ke Thailand dan evolusinya menjadi minuman ikonik di negaranya Raja Vajiralongkorn ini.

Pada awalnya, teh merupakan komoditas baru yang relatif baru bagi Thailand dan mulai diimpor sebagai tanaman ekspor dari Tiongkok pada tahun 1980-an.

Seiring berjalannya waktu, teh mulai populer di kalangan penduduk Thailand dan menjadi minuman yang sering disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan.

Dipercaya bahwa dalam perkembangannya sebagai minuman yang populer, seorang pemimpin Thailand yang memiliki rasa ingin tahu terhadap budaya Baratlah yang sebenarnya menciptakan Thai iced tea atau teh Thailand yang disajikan dengan es.

Inovasi ini memadukan budaya teh yang berasal dari Tiongkok dengan kebiasaan minum teh ala Barat yang populer pada saat itu. Teh Thailand atau Thai Tea pada awalnya terdiri dari teh hitam yang diseduh dengan kuat dan diberi bumbu seperti bunga pekak, asam jawa yang dihancurkan, kapulaga, dan bumbu-bumbu lainnya untuk memberikan aroma dan rasa khas.

Namun, yang membuat Thai Tea menjadi sangat khas adalah cara penyajiannya yang unik. Teh yang sudah diseduh kemudian diberi gula dan susu kental manis, dan dituangkan di atas es. Ini memberikan kesegaran dan kenikmatan yang sempurna, terutama dalam iklim yang panas di Thailand.

Baca juga : Cara Membuat Boba Tea Gula Aren Cair – Bisa Untuk Sendiri atau Bisnis

Sejak penemuannya, Thai Tea dengan cepat mendapatkan popularitas yang besar di Thailand dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Kini, Anda dapat menemukan Thai Tea di berbagai kedai minuman, restoran, dan gerai makanan di berbagai negara. Minuman ini telah menjadi salah satu ikon kuliner Thailand yang diakui secara internasional.

Resep Thai Tea Brown Sugar

Berikut adalah resep untuk membuat Thai Tea Brown Sugar yang super lezat:

Bahan-bahan:

  • 4 sendok makan teh hitam (Ceylon atau Assam)
  • 4 cangkir air
  • 4 bunga pekak
  • 1 sendok makan asam jawa yang dihancurkan
  • 4 biji kapulaga, dihancurkan
  • Brown sugar atau palm sugar secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya

Instruksi:

  1. Rebus air dalam panci dan masukkan teh hitam, bunga pekak, asam jawa yang dihancurkan, dan kapulaga yang sudah dihancurkan. Biarkan teh mendidih selama sekitar 5-7 menit agar bumbu-bumbu dapat memberikan rasa dan aroma yang khas. Kemudian, angkat panci dari kompor dan biarkan teh seduh selama sekitar 10-15 menit.
  2. Setelah teh diseduh, saring teh menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan ampas teh dan bumbu-bumbu dari cairan teh.
  3. Tambahkan gula secukupnya ke dalam teh yang sudah disaring dan aduk hingga gula larut sepenuhnya. Rasakan dan sesuaikan rasa manisnya sesuai preferensi Anda.
  4. Dinginkan teh dengan cara menuangkannya ke dalam gelas yang berisi es batu. Pastikan teh benar-benar dingin sebelum melanjutkan langkah berikutnya.
  5. Setelah teh dingin, tuangkan susu kental manis secukupnya ke atas teh. Anda dapat menyesuaikan jumlah susu sesuai dengan tingkat kekentalan dan kekayaan rasa yang diinginkan.
  6. Aduk Thai Tea secara perlahan untuk meratakan rasa teh, gula, dan susu.
  7. Sajikan Thai Tea dalam gelas besar dengan sedotan atau sendok. Teman-teman juga dapat menambahkan sedikit es batu di atasnya untuk menjaga kelezatan dan kesegarannya.

Selamat menikmati Thai Tea yang segar dan lezat! Teman-teman dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan dan mencoba variasi dengan menambahkan rempah-rempah lain yang disukai. Selamat mencoba!

Share artikel ini

17 Comments

  1. Tetty Hermawati Juli 21, 2023 at 2:55 pm

    favorit b anget thai tea dari semenjak kemunculannya, karena dasarnya aku tuh suka teh susu dari kecil, suka dibikinin mama teh celup plus SKM kalau mau berangkat sekolah, makanya pas ada thai tea rasanya ngepas banget

  2. Lintang Juli 21, 2023 at 6:57 pm

    Thai Tea emang salah satu minuman yang cocok buat semua kalangan sih. Apalagi rasa kombinasi rempahnya unik dan bikin badmood minggat. Resepnya mudah ya, bisa nih bikin pas ketempatan arisan keluarga wkwkwk.

  3. Suciarti Wahyuningtyas Juli 21, 2023 at 8:45 pm

    Ini juga salah satu minuman kesukaanku, tapi aku tuh berasa Thai Tea di Thailand tuh lebih enak daripada disini ya. Selama ini juga belum pernah bikin sendiri sih, seringnya beli lewat Grabfood.

  4. Ucig Juli 22, 2023 at 4:19 am

    Aku suka Thai tea. Pengin deh bikin, cocok banget ya kalau dinikmati di negara2 yg tropis di Indonesia pun cucokk nih memberi kesegaran dahagaaaa karena lg panas saat siang.
    Tapi baru tau kalau ada asam jawanya…bisa dicoba resepnya, makasih yaaa^^

  5. Lisdha www.daily-wife.com Juli 22, 2023 at 6:32 am

    Waah..saya baru tahu kalau resep thai tea itu pakai bunga pekak dan kapulaga segala. Soalnya kalau beli tha tea di gerai2 itu saya nggak merasakan sensasi buka pekak dan kapulaga yang khas.. Atau mesti beli thai tea di resto ya mba? Jadi bisa dibilang, saya belum merasakan thai tea yang asli, at least mendekati yaa…hihihihi.

    Thank you untuk pengetahuan dan resepinya mbaaa.. Kapan2 bisa nih dicoba bikin thai tea di rumah.

  6. Dian Restu Agustina Juli 22, 2023 at 6:59 pm

    Saat berkunjung ke Thailand, Thai Tea yang pertama saya pesan…dan beda karena lebih otentik rasanya. Entah karena penggunaan teh tertentu atau rempah yang cuma ada di situ. Tapi sebagai obat kangen Thai Tea yang disajikan di resto di Indonesia lumayan juga. Meski bikin sendiri pasti bakal lebih nikmat lagi..apalagi kalau pakai gula semut atau gula aren cair Arenga Indonesia yang nambah legit rasanya

  7. Eni Rahayu Juli 22, 2023 at 8:37 pm

    Wah minuman kesukaanku sejak 4 tahun lalu, gak pernah bosan minum teh khas Thailand ini, walaupun menggunakan teh dan susu, rasanya tidak eneg sama sekali, sangat menyegarkan, apalagi di akhir akhir ini cuaca indonesia lagi panas banget, cocok banget dengan resep yang dibagikan, jadi tidak perlu repot keluar rumah deh.

  8. Okti Li Juli 22, 2023 at 8:49 pm

    Saya mulai mengenal Thai tea saat bekerja di Singapura. Setiap sarapan pasti satu mug thai tea jadi teman setangkup roti atau sepiring mie goreng. Duh enaknya…
    Sejarahnya Thai tea ini malah baru dengan detail saya dapat di artikel ini. Terimakasih informasinya ya…

  9. Jiah Al Jafara Juli 22, 2023 at 9:07 pm

    Aku belum pernah bikin Thai Tea, tapi minuman ini memang lagi ramai dan cukup jadi favorit banyak orang. Kapan-kapan nyobain resepnya sebelum terbang langsung ke Negara Gajah Putih

  10. Dian Juli 22, 2023 at 10:13 pm

    Wah resep Thai Teh Brown Sugar
    Mau coba bikin ah
    Ini favorit anak anak aku

  11. Naqiyyah Syam Juli 22, 2023 at 10:44 pm

    Dulu kurang menyukai Thai tea tapi sekarang aku mulai suka deh dengan rasa dan khasnya. Kalau mencicipi minuman ini pengen lagi deh apalagi ada resep ini pengen coba juga bikin

  12. Utie adnu Juli 22, 2023 at 11:38 pm

    Udah sering juga mba buat Thai Tea.. ini beneran seger apalgi pakai es batu… Kumpul keluarga tuh jadi nikmat banget….. Tapi aku pakai teh biasa sih mba gak pakai teh hitam , coba deh nti kucoba

  13. Susindra Juli 22, 2023 at 11:40 pm

    Wah, terjawab sudah, rahasia kelezatan Thai Teh yang saya rasakan. Memang saya tahu kalau pakai rempah sih tapi tidak yakin jenisnya yang mana.
    Kira-kira saya bisa bikin sendiri juga ga ya?

  14. Lia Yuliani Juli 22, 2023 at 11:43 pm

    Suka banget nih ama Thai Tea, apalagi kalau ditambah Brown Sugar. Lebih enak kayanya. Lebih sehat juga dengan brown sugar. Minum ini kalau cuaca lagi panas langsung ilang deh dahaga seketika.

  15. Istiana Sutanti Juli 23, 2023 at 6:24 am

    Aku suka banget Thai Tea siiihh mbak, emang enak dan segeerr banget. Cocok banget juga sama iklim Indonesia yang panas gini juga kaan 😀

  16. Nia Haryanto Juli 24, 2023 at 8:26 am

    Wow ada resepnya. Kudu bikin ini sih. Enak pastinya. Anak-anakku nih penggemar Thai Tea. Etapi bunga pekaknya gk ada. Bakalan enak gak, ya? Hehehe. Aku coba deh. Kayaknya sih anak-anak mah bakalan tetep suka. 😀

  17. Dedew Juli 25, 2023 at 8:22 am

    Wah kirain Thai Tea tuh hanya susu dan teh saja paduannya ternyata ada rempah-rempahnya juga ya dan rasanya lebih kuat, wah harus ke Thailand langsung nih buat cicipi yang otentik. Terima kasih resepnya ya Unii..

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter