10 Ide Bisnis Kuliner Kekinian – Peluang Bisnis Makanan yang Harus Dicoba

Categories: Bisnis dan Marketing|Komentar Dinonaktifkan pada 10 Ide Bisnis Kuliner Kekinian – Peluang Bisnis Makanan yang Harus Dicoba|
10 ide binis kuliner kekinian

Dengan berlalunya masa pandemi dari Covid-19, bisnis kuliner di Indonesia pun semakin marak. Untuk Sobat Arenga yang mampir ke pos ini, ini ada 10 ide bisnis kuliner kekinian dan terbaru untuk kalian

Mengapa menarik malakoni bisnis kuliner kekinian ini? Karena makanan dan minuman yang ditawarkan sedang tren, sedang jadi perhatian banyak orang. Jadi peluang bisnisnya sangat menjanjikan!

Ditambah lagi bisnis kuliner kekinian biasanya menampilkan konsep yang unik dan menarik. Baik dalam hal rasa, tampilan, maupun kemasan.

1. Makanan dan Minuman Vegan atau Vegetarian

makanan vegan dan vegetarian untuk ide bisnis kuliner kekinian
Makana vegan dan vegetarian

Tren hidup sehat, termasuk diet vegan dan vegetarian, terus meningkat. Pendidikan dan informasi membuat orang makin menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh lewat makanan. Begitu kesadaran untuk menjaga lingkungan agar bumi tetap hijau selamanya.

5 Alasan Untuk Menunjang Ide Bisnis Kuliner Kekinian dari Sektor Vegan dan Vegatarian

  1. Kesehatan: Semakin banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara pola makan sehat dengan kesehatan tubuh yang optimal. Diet vegan dan vegetarian, misalnya, telah terbukti dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.
  2. Lingkungan: Semakin banyak orang yang menyadari dampak negatif dari pola makan yang tidak sehat pada lingkungan. Pola makan yang berbasis tumbuhan, seperti diet vegan dan vegetarian, dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi penggunaan air dan sumber daya lainnya yang diperlukan untuk memproduksi makanan dari hewan.
  3. Etika: Ada banyak orang yang memilih diet vegan dan vegetarian karena alasan etis, seperti kepedulian terhadap hak-hak hewan dan keberlanjutan planet. Mereka menganggap bahwa makanan yang berasal dari hewan tidak etis dan merugikan bagi lingkungan.
  4. Kemudahan Akses: Semakin banyak restoran, kafe, dan toko makanan yang menyediakan opsi makanan vegan dan vegetarian. Ini membuat orang lebih mudah memilih untuk mengadopsi diet sehat ini tanpa merasa terbatas oleh pilihan makanan yang tersedia.
  5. Kemudahan Informasi: Dengan adanya internet, orang sekarang lebih mudah mengakses informasi tentang kesehatan dan pola makan yang sehat. Mereka bisa mempelajari manfaat diet vegan dan vegetarian, belajar cara memasak makanan sehat, serta mendapatkan saran dan dukungan dari komunitas online.

2. Ide Bisnis Kuliner Kekinian Mengusung Makanan Organik dan Bebas Gluten

Gula aren organik gluten free
Gula aren organik gluten free

Ada beberapa alasan mengapa semakin banyak orang memilih makanan organik dan bebas gluten:

  1. Kesehatan: Makanan organik dan bebas gluten dianggap lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia dan pestisida yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan bebas gluten juga dapat membantu orang yang memiliki intoleransi atau sensitivitas terhadap gluten.
  2. Lingkungan: Makanan organik seperti gula aren organik, diproduksi tanpa bahan kimia dan pestisida. Bahan-bahan tersebut bisa merusak lingkungan dan habitat satwa liar. Ditambah lagi makanan organik juga mempromosikan praktik pertanian yang berkelanjutan.
  3. Bebas Gluten: Gluten adalah protein komplek yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, barley, dan gandum durum. Tapi orang-orang dengan celiac atau sensitivitas gluten non-celiac harus menghindari makanan yang mengandung gluten secara ketat.
  4. Trend: Makin ke sini semakin banyak orang memilih gaya hidup sehat. Selain berolah raga, memenej pikiran, mereka juga memperhatikan asupan makanan. Untuk mereka pilihannya makanan organik atau alami.

Ide bisnis kuliner kekinian dengan makanan organik dan bebas gluten juga banyak peminatnya.

3. Konsep Kuliner Terbaru Dengan Makanan dan Minuman Warna-Warni

Foto minuman warna warni yang menarik secara visual
Minuman warna-warni
  • Makanan atau minuman berwarna-warni akan selalu menarik perhatian. Contohnya warna-warni cerah seperti foto di atas mampu memicu respons visual dan membangkitkan rasa ingin tahu.
  • Selain itu, warna yang berbeda pada makanan juga dapat menunjukkan kandungan nutrisi yang berbeda, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
  • Warna pada makanan juga menunjukanrasa dan aroma berbeda. Contohnya buah dan sayuran berwarna cerah seperti strawberry dan paprika merah memiliki rasa dan aroma yang sangat berbeda. Begitu pula sayuran berwarna hijau seperti bayam atau brokoli, berbeda sekali rasa dan aromanya dengan jeruk.

Contoh Konsep Terbaru Bisnis Makanan dan Minuman Warna-Warni

  1. Minuman: Jus buah-buahan segar seperti jus jeruk, jus cranberry, dan jus mangga. Tak ketinggalan jus anggur, kelapa muda gula aren, dan smoothie dari buah atau sayur.
  2. Makanan : Salad buah dan sayuran, sorbet buah, es krim, dan cupcakes berwarna-warni
  3. Nasi pelangi: Kombinasi beras putih, beras merah atau beras hitam. Untuk mendapatkan nasi pelangi, kita dapat menambahkan pewarna alami seperti warna oranye bisa menggunakan wortel, bunga telang untuk warna ungu.
  4. Smoothie bowl: Kombinasikan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, atau nanas dengan yogurt atau susu kedelai . Hasilnya adalah smoothie bowl sehat dengan warna-warni cemerlang.
  5. Sup jagung: Sup jagung aslinya sudah cantik dengan warna kuning cerah. Kita bisa tingkatkan dengan menambahkan paprika merah, hijau, dan tomat yang berwarna merah.
  6. Rainbow sushi: Sushi berwarna pelangi juga menarik. Buat dengan menambahkan sayuran berwarna seperti paprika merah, hijau, dan wortel pada gulungan sushi yang dibalut dengan nori.

4. Makanan dan minuman Berkonsep Street Food

Bisnis kuliner angkringan
Angkringan

Makanan berkonsep street food adalah makanan yang terinspirasi dari jualan kaki lima atau gerobak yang biasanya di tepi jalan. Dihidangankan secara tidak formal atau santai.

Banyak sekali jenis makanan berkonsep street food ini. Bahan-bahannya sederhana, mudah didapat, dan biasanya tidak butuh model besar untuk memulai. Contoh makanan kaki lima yang sangat populer di Indonesia antara lain nasi goreng, mie goreng, bakso, sate, gorengan, martabak, dan banyak lagi.

Tidak harus selalu jualan di tepi jalan sih. Karena banyak restoran dan kedai makanan yang mengadopsi konsep street food dalam menu mereka. Bedanya mereka menghidangkan makanan tersebut secara lebih modern dan kreatif.

Karena memang populer, makanan street food juga diadaptasi jadi makanan cepat saji atau fast food, disajikan dengan cepat dan mudah.

Makanan berkonsep street food biasanya sangat populer di kalangan anak muda dan dijadikan sebagai alternatif makanan yang murah meriah dan enak. Cocok kalau kedainya dekat kampus atau tempat kos yang memang ramai.

5. Makanan dan minuman Berkonsep Instagramable

makanan dan minuman berkonsep instagramable
Penataan makanan dan minuman yang instagramable

Makanan dan minuman berkonsep Instagramable adalah makanan dan minuman yang disajikan dengan cantik, dipresentasikan dan ditata dengan indah. Kalau difoto hasilnya cocok untuk diposting di media sosial seperti Instagram.

6 Contoh Makanan dan Minuman Berkonsep Instagramable:

  1. Milkshake dengan topping yang beragam dan berwarna-warni seperti marshmallow, whipped cream, sprinkles, dan candy.
  2. Smoothie bowl dengan topping buah-buahan yang diiris cantik seperti strawberry, kiwi, dan blueberry.
  3. Waffle dengan saus coklat, sirup gula aren, dan topping es krim yang kreatif.
  4. Rainbow cake dengan lapisan-lapisan yang berwarna-warni dan dihiasi dengan buttercream dan edible glitter.
  5. Burger dengan roti berwarna hijau atau merah dan topping yang unik seperti onion rings, bacon, dan avocado.
  6. Minuman boba atau bubble tea, es kopi susu gula aren dengan variasi rasa.

Makanan dan minuman berkonsep Instagramable sering dihadirkan di kedai kopi, kafe, dan restoran modern yang menawarkan suasana nyaman dan kekinian.

6. Makanan dan Minuman Berbahan Lokal

ayam kecap gula aren mengunakan bahan lokal
Ayam kecap gula aren

Tak harus disebut sebagai makanan tradisional, tapi memang diracik menggunakan bahan-bahan lokal. Penekanannya pada makanan khas yang dibuat dari hasil pertanian suatu daerah atau wilayah setempat.

Menggunakan hasil pertanian lokal bisa menjadi salah satu cara mendukung UMKM lokal. Membantu mengurangi arus urbanisasi juga karena ekonomi daerah bergerak.

6 Contoh Makanan dan Minuman Hasil Pertanian Lokal:

  1. Nasi goreng dengan bumbu rempah tapi memasukan unsur khas suatu daerah.
  2. Sate dengan bahan daging sapi atau ayam yang diambil dari peternakan lokal.
  3. Olahan Mie seperti Mie Ongklok di Wonosobo yang menggunakan sayuran segar dari Dieng.
  4. Soto dengan kaldu tulang sapi atau ayam yang diambil dari peternakan lokal.
  5. Es kelapa muda dengan kelapa muda segar yang dipanen dari perkebunan lokal.
  6. Kopi dengan biji kopi yang dipanen dari petani kopi di daerah setempat.

Ide bisnis kuliner kekinian yang menggunakan bahan-bahan lokal juga dapat memperkaya keanekaragaman budaya kuliner di suatu daerah. Selain kesegaran produk olahan tersebut juga terjamin kesegarannya karena tidak perlu menempuh jarak jauh untuk sampai ke tempat produksi.

7. Ide Bisnis Kuliner Kekinian Berkonsep Food Truck

Ide bisnis kuliner kekinian berkonsep food truk

Bisnis kuliner kekinian food truck adalah menjual makanan dan minuman dengan menggunakan kendaraan seperti truk atau mobil. Gerai kecil ini mobile, dengan cepat bisa dipindahkan ke berbagai tempat. Jenis makanan dan minuman yang dijual bisa bervariasi tergantung pada konsep dan tema dari food truck tersebut.

6 Contok Makanan Yang Cocok Dijual di Food Truck:

  1. Burger dengan berbagai variasi topping seperti keju, bacon, dan saus.
  2. Mie ayam dengan bumbu rempah dan topping seperti sayuran dan telur.
  3. Tacos dengan isian daging sapi, ayam, atau seafood, dan saus pedas.
  4. Es krim dengan berbagai rasa dan topping seperti coklat dan kacang-kacangan.
  5. Minuman segar seperti jus buah, es teh, dan kopi.
  6. Donat dengan berbagai varian rasa seperti coklat, stroberi, dan karamel.

Food truck biasanya mengusung konsep dan tema yang unik. Paling sering beroperasi di acara-acara khusus seperti festival, bazaar, pasar malam, atau event-event lainnya. Konsep mobilitas dan fleksibelnya membuat food truck jadi pilihan menarik untuk ide bisnis kuliner kekinian.

8. Ide Bisnis Kuliner Kekinian Berkonsep Fusion

Burger ramen, fusion food menggabungakan tradisi masakan jepang dengan amerika
Burger Ramen

Fusion adalah makanan dan minuman yang menggabungkan beberapa elemen. Seperti mempertemukan kuliner dari dua atau lebih budaya atau tradisi.

Konsep “fusion” ini menghasilkan kombinasi unik demgam cita rasa baru yang belum pernah ada sebelumnya.

5 Contoh Ide Bisnis Makanan Terbaru Berkonsep Fusion:

  1. Sushi burrito: Menggabungkan sushi dan burrito. Nasi sushi dari Jepang sebagai kulitnya, diisi dengan daging, sayuran, dan saus sebagai kuliner Meksiko. Sedap!
  2. Kimchi quesadilla: Ini menggabungkan tortilla dan kimchi (makanan fermentasi asal Korea) dengan isian keju dan daging.
  3. Pad thai burger: Burger digabung dengan masakan Thailand seperti mie pad thai, udang, dan kacang tanah.
  4. Matcha latte bubble tea: Minuman bubble tea ini menggabungkan bubuk matcha (teh hijau bubuk asal Jepang) sebagai bahan utama dengan boba atau bubble (bola-bola kenyal) dan susu.
  5. Ramen burger: Burgernya diganti mie ramen lalu diisi dengan daging dan sayuran.

Makanan dan minuman dengan konsep “fusion” sering kali terlihat unik dan menarik perhatian. Karena kombinasi yang tidak biasa baik dari bahan maupun cita rasanya.

Ide bisnis kuliner kekinian dengan makanan fusion ini bisa memperkaya pengalaman kuliner seseorang. Terutama mereka yang senang mencoba hal-hal baru seperti generasi millenials.

9. Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Mengandalkan Teknologi

Kemudahan order makanan menggunakan aplikasi
Order makanan lewat aplikasi

Sejak merebaknya pandemi covid-19, order makanan melalui aplikasi meningkat. Jenis makanan dan minuman yang biasanya disajikan di kedai atau restoran bisa dipesan lewat aplikasi. Sekalipun pandemi terlah berlalu, pemesanan makan lewat aplikasi tetap menarik karena kepraktisan dan kemudahannya.

Selain terdapat pula ide bisni yang menjual makanan dan minuman yang mengandalkan mesin-mesin moderen

4 Contoh Makanan dan Minuman yang Mengandalkan Teknologi:

  1. Mesin kopi otomatis: Coffe vending machine atau mesin kopi otomatis dapat membuat kopi dengan kualitas yang konsisten dan cepat. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengukur takaran kopi, suhu air, dan waktu ekstraksi.
  2. Pesanan melalui aplikasi: Beberapa restoran atau kedai makanan menggunakan aplikasi untuk memesan makanan dan minuman. Pelanggan duduk manis di rumah, tak lama kemudian pesanan mereka tiba.
  3. Mesin pembuat es krim: Mesin pembuat es krim otomatis dapat membuat es krim dengan cepat dan kualitas yang baik. Mesin ini dapat mengukur takaran bahan-bahan dan menghasilkan es krim yang lembut dan halus.
  4. Mesin pemanggang roti: Mesin pemanggang roti otomatis dapat menghasilkan roti yang matang dengan cepat dan kualitas yang baik. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengukur suhu dan waktu pemanggangan secara otomatis.

Demikian lah 9 ide bisnis kuliner kekinian. Kunci suksesnya adalah kreativitas dan inovasi dalam memenangkan persaingan pasar. Dan dalam bisnis makanan seperti yang terlihat dalam ide bisnis kuliner kekinian ini kita memang harus selalu berinovasi.

Dengan menciptakan hidangan g unik dan memenuhi selera konsumen. Serta lupa selalu mengikuti tren dan perubahan yang terjadi di masyarakat.

Arenga Indonesia, produsen gula aren di Tangerang

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter