Buah Kurma Muda: Kandungan Nutrisi yang Melimpah untuk Kesehatan Sobat Arenga

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Buah Kurma Muda: Kandungan Nutrisi yang Melimpah untuk Kesehatan Sobat Arenga|
Buah kurma muda: Kandungan nutrisi yang berlimpah untuk kesehatan Sobat Arenga

Warnanya kuning gading, bentuknya bulat lonjong seperti buah anggur, teksturnya cruncy, begitu kunyah langsung kriuk-kriuk, rasa manis segar langsung mengalir ke kerongkongan. Itu lah buah kurma muda yang bikin ketagihan untukdijadikan camilan dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah yang berasal dari tanaman dalam famili Arecaceae dengan nama latin Phoenix dactylifera L. memang jadi ciri khas sebagai makanan ringan dari Timur Tengah. Padahal asal asli tanamannya sendiri dari Yunani.

Buah ini terkenal dengan kandungan gula alaminya yang tinggi, makanya kalau berbuka puasa disarankan mengudap manisan buahnya terlebih dahulu. Karena dengan cepat akan mengembalikan kadar gula darah yang turun selama kita berpuasa.

Begitu lah kurma muda selain kadar gula alaminya, sekaligus mengandung berbagai nutrisi penting untuk merawat kesehatan Sobat Arenga.

Buah Dari Keluarga Palem-Paleman

foto pohon kurma yang sedang berbuah
Pohon kurma yang sarat buah

Sama dengan pohon aren (arenga pinnata) yang niranya digunakan untuk membuat gula semut, pohon kurma adalah keluarga Arecaceae atau Palmae, yang juga dikenal sebagai keluarga palem-paleman.

Jadi secara teknis pohon yang menghasilkan buah kurma muda dan bermanfaat bagi kesehatan kita adalah salah satu jenis palem-paleman.

Keluarga palem-paleman terdiri dari berbagai jenis tanaman termasuk selain pohon kurma, aren, kelapa, kelapa sawit, lontar, rumbia dan banyak lagi.

Keluarga Arecaceae atau Palmae adalah pohon sumber ekonomi yang sangat terkenal. Selain menghasilkan gula merah dari aren, juga menghasilan buah-buahan lezat. Sebut saja kolang-kaling, buah kurma, kelapa, dan buah lontar.

Baca juga:

Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kurma Muda Untuk Kesehatan

Sama seperti Arenga pinnata denan buah kolang-kalingnya, buah kurma muda pun punya segudang manfaat bila dikonsumsi secara tepat.

  • Serat : Kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Satu porsi kurma muda yang berisi sekitar 100 gram mengandung sekitar 75 kalori dan 2,5 gram serat. Serat dalam kurma muda dapat membantu menjaga pencernaan dan kesehatan usus yang baik.
  • Vitamin dan Mineral: Mengapa buah kurma muda sangat baik untuk kesehatan? Karena mengandung banyak vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K, dan kalium. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang yang sehat. Kalium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit agar tekanan darah selalu sehat.
  • Antioksidan: Manfaat lain kesehatan dari kurma muda adalah kandungan antioksidan yang tinggi. Disana ada flavonoid, karotenoid, dan fenolat. Fungsi antioksidan dalam tubuh adalah melindunginya dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Artinya antioksidan adalah senyawa aumpuh untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga:

Kandungan Kadar Gula Alami Buah Kurma Muda Tinggi

Tapi Sobat Arenga juga perlu hati-hati dalam mengkonsumsi buah kurma muda ini. Kandungan kadar gula alami sangat tinggi. Jadi kurang cocok teman-teman penderita diabetes atau memiliki masalah dengan kadar gula darah. Saran Arenga adalah sebaiknya mengkonsumsi buah lezat ini sekadarnya saja, jangan berlebihan.

Begitu lah, buah kurma muda mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengonsumsi kurma muda secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan bisa mengahalangi kedatangan penyakit degeneratif. Tapi bagi Sobat Arenga yang punya masalah dengan gula darah, harus ekstra hati-hati!

Arenga Indonesia, produsen gula aren di Tangerang.

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter