Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

Categories: Info|15 Comments|
Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

Sobat Arenga yang ingin beli celemek dan ingin tahu segala sesuatu tentang celemek, selamat datang. Nah biar gak salah beli, simak baik-baik 3 ragam celemek yang umum digunakan seperti celemek masak, celemek barista, dan celemek bayi.

Ohya apa sih celemek itu?

Celemek atau apron adalah kain yang digunakan setelah pakaian. Berguna melindungi pakaian bagian depan. Terbuat dari kain, plastik atau kulit. Celemek memiliki banyak kegunaan, tetapi kegunaan paling populer adalah melindungi pakaian pemakainya dari noda.

Cara pakai celemek atau apron dengan cara disangkutkan di leher, lalu dua tali disamping diikat ke belakang. Ada juga celemek yang hanya dililitkan dipinggang untuk melindungi tubuh bagian bawah.

Celemek bagian dari seragam beberapa profesi dan pekerjaan. Biasa digunakan juru masak,  pramusaji, perawat, ibu rumah tangga, pekerja rumah tangga, pegawai toko, tukang cukur, tukang batu, dan banyak profesi lainnya . Bahkan celemek juga berfungsi fashion. 

Sejarah Celemek

Sebelum lanjut ke ragam celemek yang perlu kamu tahu, ada baiknya tahu sedikit tentang sejarahnya.

‘Apron’ berasal dari kata Prancis Abad Pertengahan ‘naperon’, yang berarti taplak meja kecil. Karena kata ini dalam bahasa Inggris  sering salah diucapkan sebagai ‘an apron’, maka pada abad ke-17 akhirnya dikenal sebagai ‘apron” atau celemek saja.

Dalam perjalanan sejarahnya, celemek telah dipakai sebagai bagian dari seragam, perlengkapan bisnis, ritual atau  sebagai pernyataan mode. Karena mereka memiliki banyak tujuan, mereka dibuat menggunakan banyak kain yang berbeda seperti katun, linen, kulit, plastik dan bahkan karet. Tidak peduli fungsinya, celemek telah dipakai di banyak era dan banyak budaya.

Sepanjang sejarah, celemek telah digunakan untuk banyak tujuan praktis, dekoratif dan seremonial. Pada zaman kuno, firaun Mesir, pendeta Asyur, dan dewi kesuburan Kreta semuanya mengenakan celemek yang dihias untuk melambangkan status mereka. 

Selama Abad Pertengahan di Eropa, ibu rumah tangga, pedagang dan pengrajin mengenakan celemek untuk alasan fungsional.

 Di Amerika, penduduk asli Amerika mengenakan celemek sebagai bagian dari upacara tradisional, sementara masyarakat umum mengenakan celemek agar pakaian mereka tetap bersih saat bekerja.

Baca juga: Blender Penghalus Bumbu Dapur

Ragam Celemek Menurut Profesi

Ragam celemek menurut profesi
Celemek pelayan toko

Terlepas dari zamannya, dalam tradisi Barat, celemek berwarna tertentu digunakan untuk bisnis atau profesi tertentu. Misalnya, uskup mengenakan celemek ungu, tukang batu mengenakan celemek putih, tukang sepatu mengenakan celemek hitam, tukang daging mengenakan celemek bergaris-garis biru, dan tukang cukur mengenakan celemek kotak-kotak.

 Banyak dari tema celemek ini masih digunakan sampai sekarang.

Di abad ke-20 ragam celemek semakin bervariasi. Indonesia umumnya mengenal 3 ragam celemek dalam kehidupan sehari-hari yaitu celemek masak, celemek barista, dan celemek bayi.

Baca juga : Mengenal Kentang Lebih Dekat

1. Celemak Masak

Foto wanita menggunakan celemek masak
Celemek masak melindungi makanan dari kontaminasi pakaian

Celemek masak harus ada di setiap dapur. Karena selain mencegah pakaian kotor, celemek juga mencegah pakaian kita bersentuhan dengan makanan. Bila pakaian yang dikenakan ditempeli kuman, debu, rambut, dll, celemek mencegahnya masuk ke dalam wadah makanan. 

Celemek  masak disebut juga bib atau oto adalah celemek gaya klasik. Dengan ikatan di pinggang dan lingkaran di leher. Celemek ini ideal untuk melindungi pakaian kita di dapur. Dan seperti yang disebutkan tadi melindungi makanan dari zat-zat berbahaya yang kemungkinan menempel pada pakaian kita.

Celemek bib mungkin adalah jenis celemek yang paling umum. Celemek ini memiliki lingkaran leher yang bisa disesuaikan. Begitu pun ikatan ke belakang.

Celemek masak menutupi bagian tubuh dengan baik. Dari dada bagian atas hingga area lutut. Terkadang Bib diberi kantong di bagian depan.

Celemek bib populer di kalangan staf dapur karena keserbagunaannya ini. Cakupan tutup hampir ke seluruh tubuh. Artinya si pemakai tidak perlu terlalu khawatir tentang tumpahan masakan ke sebelah kiri atau kanan. 

Baca juga : Cari Tahu Manfaat Teh Hijau

Cara Memilih Celemek Masak yang Baik

Celemek bib tidak hanya melindungi pakaian juru masak , tetapi juga menambahkan lapisan perlindungan tambahan dari panas, api, dan benda-benda tajam.

 Banyak kain yang bisa digunakan untuk membuat celemek. Bahan atau kain terbaik untuk digunakan dalam celemek biasanya 100% katun seperti kanvas atau denim. Ada juga yang menggunakan campuran poli seperti poli-katun atau poli-viskose. 

Keuntungan memilih celemek berbahan dasar katun adalah karena awet atau tahan lama. Seiring waktu dan pencucian berulang warna memang akan dan serat kain akan melunak.

Sedangkan celemek masak berbahan poli atau campuran ringan akan sangat tahan lama. Begitu pun warnanya akan lebih awet dari pada bahan katun.

Tapi pilihan bahan yang baik untuk celemek masak, akhirnya tergantung pada pilihan pribadi. Terutama untuk penggunaan di rumah.

Sedangkan yang lebih resmi, aturan pemakaian seragam celemek biasanya ditentukan oleh manajemen tempat kerja.

Baca juga : Gingerbread Cookies, Resep Kue Natal Populer di Dunia

2. Celemek Barista

Foto barista dengan celemeknya
Celemek Barista

Mengenakan celemek adalah bagian dari kode berpakaian barista. Di lingkungan kerja serba cepat, adalah hal biasa melihat seorang barista memiliki noda kopi atau susu di atas celemek mereka. 

Seperti halnya superhero yang membutuhkan jubah, barista juga membutuhkan celemek untuk menjaga standar kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan mereka.

Cara Memilih Celemek Barista yang Baik

Barista adalah malaikat yang menghembuskan kehidupan ke dalam diri kita dengan senyum dan segelas es kopi susu gula aren atau kopi seduh dingin. Seragam mereka harus ringan dan bernapas karena begitu dekat dengan mesin kopi panas, melayani pelanggan sambil tetap mempertahankan penampilan mereka yang stylist.

Denim dianggap tidak pernah ketinggalan zaman. Imaji denim sebagai kostum pekerja keras sangat ideal untuk seragam barista. 

  • Secara umum celemek barista cocok menggunakan bahan kain cotton american drill berkualitas tinggi. Bahanya tidak tipis tapi halus, nyaman dipakai, tidak panas, tidak kaku, warna pekat, tidak mudah luntur.
  • Karena penampilan seorang barista harus selalu stylist, biasanya mereka akan memilih desain unik, tali leher dapat disesuaikan.
  • Begitu pun tali belakang yang dapat dengan mudah diubah agar sesuai dengan sebagian besar ukuran tubuh.
  • Terbuat dari bahan alami dan bebas dari bahan kimia sintetis berbahaya.

Baca juga: Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

3. Celemek Bayi

cara memilih celemek bayi, baby aprons
Celemek bayi

Celemek bayi dalam bahasa Indonesia sering disebut oto. Dikenakan dengan menggantung di leher dan lidahnya menjuntai sampai ke dada.  

Di daerah dingin, ibu-ibu sering mengenakan oto di dalam pakaian anak-anak agar perut dan dada mereka selalu hangat.

Tapi oto tak selalu untuk anak-anak dan bayi. Bisa juga dikenakan pada orang dewasa. Karena fungsi dari celemek bayi ini adalah digunakan saat makan agar tidak berantakan dan mengotori pakaian.

Macam-Macam Celemek Bayi

Oto Klasik Tradisional – Ini adalah jenis celemek yang paling umum untuk bayi. Desainnya menyerupai bentuk bulan sabit dengan dua helai tali kain untuk diikatkan di leher bayi.

Oto ini biasanya terbuat dari katun atau kain terry. Sempurna untuk menahan air liur bayi dan mencegah mereka kebasahan dan kedinginan.

Celemek Makan – Oto berikutnya ini mengambil pendekatan sederhana dan kreatif untuk menjaga si kecil dan lantai ruang makan tetap bersih. Bagian atas oto makan terlihat mirip dengan oto tradisional, tetapi bagian bawahnya punya saku. 

Sakunya berguna menampung air minum dan makanan yang tertumpah. Selain melindungi lantai, si kecil tetap bersih.

Oto makan biasanya terbuat dari plastik, silikon atau karet. Jadi mudah dibersihkan.

Smock Oto – Dipakai seperti t-shirt atau jaket. Berguna menutupi bayi dan anak-anak dari leher hingga lutut. Jenis oto ini sangat cocok untuk melindungi gaun mewah dan pakaian putih yang cantik. 

Celemek bayi smock ini juga jadi penyelamat jika anak-anak makan di restoran atau di rumah orang lain. Dengan ukuran besar, ceceran sisa makanan bisa langsung digulung saat smock dilepas dari tubuh anak-anak.

Oto sekali pakai – Meskipun mungkin tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari, tapi sangat praktis dibawa traveling atau liburan. Apa lagi jika tidak sedang punya waktu untuk mencuci atau membersihkan, celemek bayi sekali pakai adalah pilihan.

Bandana Bib – Oto Bandana adalah solusi gaya untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Karena gigi yang sedang tumbuh bisa banyak memproduksi air liur. Celemek bayi, oto bandana akan menjaga anak-anak tetap kering.

Untuk gula aren cair dan bubuk Kontak Arenga by WA Chats 0819 3241 8190

Share artikel ini

15 Comments

  1. Lisdha ww.daily-wife.com Juli 7, 2022 at 9:31 am

    Ah iyaa aku selalu suka lihat celemek2 para barista di kafe. Stylish gitu ya kan mbak… palagi baristanya tjakep #eh…

    Di rumah aku pengen bikin celemek dr kemasan migor. Buat nyupir alias nyuci piring biar ga basah. Sudah kunpulin plastik bungkus migor tp belum eksekusi juga 😀

  2. Andy Hardiyanti Juli 7, 2022 at 10:37 pm

    Baca judulnya tadi sempat mikir, emang celemek ada banyak jenisnya ya? Bukannya ya itu-itu aja?
    Selesai baca baru ngeh..terus mengingat-ingat lagi., oh iya yaa.. celemek barista itu ya berbeda sama celemek yang biasa kita-kita pakai di dapur hahahah..

  3. Nanik Nara Juli 8, 2022 at 1:32 pm

    Ternyata celemek sudah ada sejak jaman dulu ya, dan fungsinya bukan cuma saat memasak saja, bahkan bisa menunjukkan status sosial pemakainya

    • Nurul Rahma Juli 9, 2022 at 9:11 am

      Yuhuuu. Celemek.jaman now makin unyuuudam gemas2 lihatnyaaa
      Fungsinya beragam, tapi most of them kiyuttt bgt ya mba

  4. Alia Juli 8, 2022 at 1:59 pm

    Aku baru ngeh celemek itu ada berbagai jenis ya. Bermanfaat ini infonya

  5. lendyagassi Juli 9, 2022 at 4:06 am

    Aku pikir dulu celemek ini gak ada fungsinya lo.. Kaya hanya menunjukkan profesi seseorang, bahwa ia bagian dari kitchen atau hanya outfit.
    Hehehe, berasa keren kalau pakai celemek. Karena pas aku kecil, pakaian celemek yang melekat di ingatanku adalah baju noni Belanda.

  6. Uniek Kaswarganti Juli 9, 2022 at 11:04 am

    Nyuci celemek dari bahan kain kadang agak susah, mba. Emang lebih enak kalau yang bahannya mix dengan lainnya yang lebih mudah dibersihkan.

  7. Gusti yeni Juli 9, 2022 at 1:30 pm

    Selama ini abai soal celemek ini, paling celemek dapur sama anak-anak biar ga belepotan. Celemek barista pernah lihat iklan terbuat dari kulit asli yang berbahan lemas gak kaku.

    Makasih sharing tentang celemeknya.

  8. Naqiyyah Syam Juli 9, 2022 at 3:49 pm

    aku tuh tahunya celemek aja, tapi pas booming apron menyususi itu ya ikutan nyebut apron hehe… padahal sama aja ya kan? Sekarang udah banyak ragam dan motifnya jadi bisa juga buat anak-anak ya

  9. andiyani achmad Juli 9, 2022 at 4:09 pm

    aku tuh obsessed sama celemek atau apron sejak kerja part time di Starbucks, nyaman aja gitu pakai celemek saat masak di dapur atau siapin minuman

  10. Ria Rochma Juli 9, 2022 at 8:46 pm

    Masukkan juga celemek buat penjaga toko terutama bagian potong buah sama area makanan basah. Respek banget sama toko yang selalu aware sama kebersihan karyawannya, salah satunya pakai celemek gt.

  11. Rina Susanti Juli 9, 2022 at 9:26 pm

    Baca ini jadi tahu sejarahnya celemek dan macam macam celemek karena ga pernah merhatiin
    Ibu sy juga nyebutnya oto kalau celemek bayi 😀.

  12. Dedew Juli 11, 2022 at 6:36 am

    Benda sederhana tapi bermanfaat banget ya celemek ini apalagi untuk yang bekerja di tempat umum seperti chef dan barista harus tetap terlihat bersih dan rapi saat bekerja, celemek adalah solusinya

  13. Desy Yusnita Juli 13, 2022 at 6:25 pm

    Selama masak di dapur jujurly belum pernah aku pakai celemek. Kelupaan terus deh. Tiba-tiba udah basah aja karena cuci piring baju dan dasterku hahaha.

  14. Mirna Puji Rahayu Juli 14, 2022 at 6:10 pm

    Heum ga kepikiran kalo celemek itu bisa berbeda beda tiap profesinya, biasanya cuma fokus ya celemek aja, bener juga sih kalau milih celemek gini sesuai fungsi dan pas jadinya

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait