Serba-Serbi Tips Mengolah Telur

Categories: Info|19 Comments|
Serba-serbi tips mengolah telur
Serba-serbi tips mengolah telur

Serba-serbi tips mengolah telur – Aneka telur unggas

Telur jadi salah satu sumber hidangan populer. Dalam rumah tangga atau komersil telur banyak digunakan karena  sumber tinggi protein. Pun bisa diolah ke dalam berbagai hidangan. Selain itu, dibanding daging dan ikan harganya pun tidak terlalu mahal  berkat penemuan jenis ayam petelur yang mudah dikembangbiakan.

Sering masak telur atau menggunakan telur di rumah?Di rumah kami telur jadi stock utama di kulkas. Untuk keperluan darurat jika malas masak tapi perut sedang lapar. Ceplok atau rebus saja sudah jadi.

Baca tentang :  7 Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak

Nilai Gizi Telur

Ohya apakah teman-teman pernah bertanya, telur apa yang terbaik? Menurut ahli gizi, semua jenis telur memiliki nilai gizi yang sama baiknya. Meskipun bentuknya ada yang lebih besar atau warna kulitnya berbeda.

Di Indonesia, telur yang dikonsumsi umumnya dari unggas yang diternakan. Kita kenal telur ayam negeri,  ayam ras, ayam kampung atau ayam buras. Begitu pun telur burung puyuh umum dikonsumsi. Dan terakhir telur itik, nilai gizinya sama dengan telur-telur unggas lainnya.

Baca juga:

Kiat Memilih Telur

Telur ayam siap digoreng untuk sarapan pagi

Telur ayam siap digoreng untuk sarapan pagi

Gak sekali dua kali juga kecewa saat beli telurkan? Setelah sampai di rumah telurnya kopong dan bahkan busuk. Nah biar kita tetap happy dengan telur-telur yang akan di beli ikuti kiat ini:

  1. Saat memilih pastikan telur tidak terlalu ringan. Telur segar berat sewajarnya dengan warna kulit segar.
  2. Masukan telur ke dalam baskom berisi air. Bila telur tenggelam dan rebah di dasar baskom, artinya telur tersebut baru dan segar.
  3. Bila telur dalam baskam berdiri tegak dan bahkan mengambang, artinya sudah berusia lebih 3 hari, segera rusak bila tak segera dimanfaatkan.

Serba-Serbi Tips Mengolah Telur – Cara Menyimpan Telur

Telur yang masih segar dapat disimpan dalam lemari es,  2-4 Minggu. Lap atau bersihkan, letakkan telur pada rak yang tersedia. Bila masih lama digunakan, sesekali dibalik agar posisi kuning telur tetap berada di tengah.

Baca juga:

Cara Merebus Telur

Sebelum dilanjutkan jadi telur balado, misalnya, telur harus direbus terlebih dahulu. Perhatikan kiatnya agar telur rebusnya cantik dan siap diolah jadi aneka menu:

  • Masukan ke dalam panci, isi air agar telur terendam semuanya. Tambahkan  1 sendok makan garam supaya kulitnya tidak mudah pecah saat air bergolak karena mendidih.
  • Tunggu 10 menit dan telur matang, buang airnya, ganti dengan air dingin.
  • Retakan kulitnya dengan punggung sendok dan rendam sebentar, baru di kupas.
  • Dengan cara ini pekerjaan mengupas telur lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik.
  • Untuk memperoleh telur setengah matang masukkan telur selama 3 menit dalam air yang sedang mendidih. Jika lebih lama hingga 6 menit telur menjadi matang tetapi masih lunak

Cara Mengocok Telur

Gunakan alat pengocok yang tepat sesuai dengan banyaknya telur. Hindari  mengocok telur dalam wadah yang terbuat dari aluminium karena telur akan berubah warna menjadi kebiruan.

Baca juga:

Serba-Serbi Tips Mengolah Telur – Cara Memotong Telur Rebus

Jika tersedia, gunakan alat yang tepat agar hasilnya baik. Jika tak ada, basahi mata pisau sebelum mengiris telur rebus atau paling aman menggunakan seutas benang.

Beri guratan memanjang pada seluruh permukaan telur, agar bumbu dapat meresap dengan baik. Dan bila digoreng tidak meletus.

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Share artikel ini

19 Comments

  1. Sri Widiyastuti Oktober 19, 2021 at 6:19 am

    wah makasih mbak tips mengolah telurnya. saya di rumah nih selalu stok telur, karena rakyat di sini banyak, jadi stok agak banyak. Telur selain mudah pengolahannya juga mengandung protein yang baik untuk petumbuhan ya mbak. Makasih tipsnya.

    • Arenga Indonesia Oktober 20, 2021 at 8:21 am

      Iyaa..Di rumah kami pun sedia stock..karena ini sumber protein paling cepat dan mudah mengolahnya 🙂

  2. Ophi Ziadah Oktober 19, 2021 at 9:31 am

    waah baru tahu nih klo telor yang dikocok dg wadah alumunium bikin kebiruan

    • Arenga Indonesia Oktober 20, 2021 at 10:03 am

      Iya ada reaksi kimianya ya Mbak 🙂

  3. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang tersedia di rumah mbak, selain utk bahan utaman bebikinan makanan atau kue apa gtu juga penyelamat kalau aku males masa. Tinggal ceplok atau dadar telur aja dahlah. Masih lbh baik ketimbang masak makanan siap saji kalau buat anak2 gtu misalnya hehe
    AKu skrng termasuk yg jarang simpan di lemari es, jd aku letakkan di luar aja

    • Arenga Indonesia Oktober 20, 2021 at 10:05 am

      Memang sih kalau sebentar habis, gak apa diletak di luar ya Mbak. Cuma kalau lebih dari seminggu, paling aman sih taruh di kulkas

  4. Damar Aisyah Oktober 20, 2021 at 6:42 am

    Tips yang sederhana tapi penting dan sering terlupa. Telur memang lauk andalan keluarga kami. Mudah mengolahnya dan harga cenderung stabil selama nggak musim Natal atau Hari Raya. Anak-anak saya suka telur goreng setengah matang. Kalau saya sendiri telur dadar yang paling favorit. Stok telur nggak pernah kosong, alias selalu ada di kulkas. Tapi ya itu tadi, saya nggak pernah membalik posisinya. Pantesan kuningnya suka mengumpul di bawah. Nice info, Kak Evi.

    • Arenga Indonesia Oktober 20, 2021 at 10:09 am

      Saya pun baru ngerti, Mbak, kalau telur yang disimpan tuh perlu dibolak-balik. Jadi kalau dibikin telur mata sapi tetap cantik, kuningnya pas berada di tengah 🙂

  5. Mugniar Oktober 20, 2021 at 6:46 pm

    Ah iya, di kampung, orang memakai benang ya Mamin dan rapi lho hasil potongan telur rebusnya. Kalo pake pisau malah bisa berantakan kalo kurang tajam pisaunya.

  6. Ririe Khayan Oktober 20, 2021 at 9:09 pm

    Alhamdulillah dapat ilmu baru untuk merembus telur, ternyata agar telur tidak pecah saat di rebus tipsnya dikasih garam saat merebus. Juga setelah masak, di pecah dikit pakai sendok, agar mengupasnya lbh cantik.

    Saya kerap galau kalau ngupas telur rebus, hasilnya boncel-boncel.

  7. lendyagassi Oktober 20, 2021 at 9:45 pm

    Telur adalah makanan kesukaan semua orang.
    Hehehe…menu wajib olahan telur nih.. bosen sehari dua hari, nanti suka lagi…
    Dan aku baru tau kalau membuat telur rebus dikasih garam biar kulitnya gak mudah pecah.

  8. Dian Oktober 20, 2021 at 9:55 pm

    oalah , jadi klo potong telur pakai pisau bikin hancur ya?
    telur ini jadi bahan makan andalan ya mbak
    di rumah selalu ada telur

  9. indah savitri Oktober 21, 2021 at 6:13 am

    banyaaak ya mba cara amengolah telur menjadi penganan asyik dan jugatips and tricks untuk memasaknya dan menatanya. Aku juga sukaa masak telur di rumah, semua pada sukaaa

  10. Husnul Khotimah Oktober 21, 2021 at 10:54 am

    Kayaknya ini alasan saya kalau rebus telur nggak pernah mulus kao dikupas wkwkwkwkw.. Ternyata buruh beberapa saat setelah diretakkan dan ditempatin diair dingin. Dan lagi, gak pernah kepikiran untuk ngasih garem haha.. Makasih mbak tips rebus telurnya 😀

  11. Roosvansia Oktober 23, 2021 at 1:05 pm

    Aku sukaaaa makan telur. Diapain aja kyknya enak trs. Gizinya jg baik unt tubuh. Rasanya khas n ga ngebosenin. Sahabat cepat dikala lapar, ya telur.

  12. Hanifa Oktober 23, 2021 at 6:42 pm

    Aku paling suka kalau telur tuh didadar Mak. Enak banget rasanya apalagi kalau dimakan bareng nasi kecap duuuhhh nikmatnya. Sederhana tapi enaknya berasa pengen nambah lagi buat makan berikutnya!

  13. tukang jalan jajan Oktober 24, 2021 at 7:23 pm

    memilih telur ini susah susah gampang ya hehehe kudu teliti dan beneran dipilih yang tepat. apalagi ini jadi sumber protein yang paling gampang untuk dibeli dan harganya super terjangkau.
    Sudah punya caranya dong hehehe mantep ini!

  14. Mugniar Oktober 25, 2021 at 9:58 am

    Dulu suka penasaran bagaimana merebus telur supaya tidak rusak saat dikupas. Ternyata pakai garam ya. Terima kasih Mamin.

  15. lendyagassi Oktober 27, 2021 at 10:01 am

    Ada banyak hal yang bisa dipelajari hanya dengan merebus telur.
    Dan anak-anakku paling suka ngemil telur rebus yang mereka masak sendiri. Tips nya nanti aku langsung aplikasikan kak.
    Haturnuhun.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait